Sukses

Tim Labfor Polda Jateng Lakukan Penyelidikan Kebakaran Relokasi Pasar Johar

Ratusan kios ludes terbakar dalam insiden itu

Liputan6.com, Semarang Pasca kebakaran besar Relokasi Pasar Johar MAJT satuan Tim Labfor Polda Jateng bersama Tim Inafis Polrestabes Semarang melakukan penyelidikan terkait kabakaran relokasi Pasar Johar yang terletak di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) tersebut.

Peristiwa itu terjadi pada Rabu (2/2/2022) sekira pukul 18.30 WIB. Menurut informasi yang diperoleh, terdapat ratusan kios yang ludes akibat terlalap api.

Kasubdit Fisika dan Komputer Forensik (Fiskomfor) Labfor Polda Jateng, AKBP Totok Tri Kusuma Rahmad mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara, pihaknya telah mengamankan beberapa sempel yaitu abu arang dan instalasi listrik.

Nantinya, sampel atau barang bukti sementara yang didapatkan tersebut, akan dilakukan uji laboratorium untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan keperluan penyelidikan terkait penyebab kebakaran di pasar tradisional itu.

"Untuk sementara cuma abu arang sama instalasi listrik. Antara (ditemukan) di F3 (blok) sama F4," ujar AKBP Totok di lokasi kejadian, Kamis (3/2/2022).

Totok menjelaskan, langkah awal dalam melakukan penyelidikan penyebab kebakaran relokasi Pasar Johar yakni pihaknya mengamankan beberapa saksi kemudian langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Lebih lanjut, Totok juga masih belum bisa menduga dan memastikan penyebab ratusan kios yang terbakar tersebut.

"Dari keterangan saksi yang kita terima kita lihat ke lapangan bagaimana kondisinya. Lalu kita periksa ke TKP," bebernya.

"Untuk dugaan sementara kita belum berani, karena kita harus menunggu hasil di lab apa yang didapatkan hasil di lab gimana nanti kita juga laporkan dulu ke kepala (Kapolda Jateng)," lanjut Totok.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keterangan saksi

Menurutnya, dari keterangan yang diterima, saksi melihat secara langsung ada asap dari kios yang diduga menjadi awal terjadinya kebakaran.

"Untuk saksi ada dua yang melihat secara langsung ada asap itu dari penjaga pasar. Kita periksa kios F3 dan F4. Kios yang diperiksa yang dua kosong yang satu gerabah," imbuhnya.

Dalam pantauan sejak pukul 10.00 WIB, Tim Labfor Polda Jateng dan Tim Inafis Polrestabes Semarang telah melakukan serangkaian penyelidikan untuk mengetahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut.

Lokasi yang diduga menjadi awal kebakaran juga dipasangi garis polisi saat pemeriksaan berlangsung. Polisi juga terlihat sudah mengamankan sampel yang diduga barang bukti yang bisa menjadi petunjuk penyebab kebakaran raturan kios itu.

Disamping polisi melakukan penyelidikan, para pedagang yang terdampak kebakaran juga tengah membersihkan lapaknya dan mencari barang-barang yang masih bisa untuk dijual kembali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.