Sukses

Bubur Manado Hidangan Sehat untuk Buka Puasa

Setidaknya ada 7 jenis sayuran di dalamnya. Yaitu, labu kuning, singkong, bayam, kangkung, daun gedi, jagung, dan kemangi.

Makanan khas Manado, Sulawesi Utara, yang dikenal dengan Tinutuan atau Bubur Manado, sangat cocok dihidangkan bagi mereka yang menginginkan makanan sehat ketika berbuka puasa.

Pasalnya, di dalam bubur Manado terdapat banyak sayuran, setidaknya ada 7 jenis sayuran di dalamnya. Yaitu, labu kuning, singkong, bayam, kangkung, daun gedi, jagung, dan kemangi.

Pakar Gizi Rumah Sakit Pusat Pertamina, dr. Titi Sekarindah, MS, SpGK, sendiri mengakui tak ada yang salah ketika seseorang mengonsumsi bubur Manado, ketika berbuka puasa.

"Ya jelas bolehlah. Sayuran yang terkandung di dalam bubur itu kan baik untuk kesehatan yang mengonsumsinya," terang Titi, saat diwawancarai Liputan6.com, Selasa (9/7/2013)

Menurut Titi, ada satu hal yang harus dihindari ketika mengonsumsi bubur Manado ini, yaitu sambalnya.

"Setelah berpuasa, ngga boleh yang pedas. Jangan terlalu Spicy, karena bahaya untuk perut yang telah kosong setelah beberapa jam," jelasnya.

Untuk Anda yang berada di wilayah Bintaro, Tangerang Selatan, silahkan mampir ke Pasar Moderen Bintaro, yang berada di Sektor 7. Di dalam pasar itu, ada dua restoran yang menghidangkan makanan satu ini.

Bubur Manado ini dibandrol dengan harga Rp 10 ribu, dan wajib mencoba ikan Cakalangnya, yang dibandrol dengan harga Rp 7 ribu.

Setelah menyicipi itu, Anda dapat mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah.

(Adt/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini