Sukses

Merinding! Inilah 7 Pintu Neraka Jahanam dengan Beragam Siksa Tergantung Kesalahan Seseorang

Setiap orang tentunya memiliki amalan berbeda. Perbedaan itulah yang kelak akan menjadi perhitungan di akhirat. Terutama bagi yang amalannya sedikit, maka ancamannya ialah neraka. Berikut adalah tujuh pintu neraka jahanam yang disebutkan dalam al-qur'an.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap manusia tentunya menginginkan tempat kembali terbaik di alam akhirat setelah kematian. Tak lain tempat itu ialah surga.

Bukan sebaliknya, seburuk-buruk tempat kembali adalah neraka yang tak ada sedikit pun kenikmatan didapatkan dari tempat itu. Sebagaimana gambaran neraka telah disebutkan dalam salah satu firman-Nya QS. Az-Zumar ayat 72:

قِيْلَ ادْخُلُوْٓا اَبْوَابَ جَهَنَّمَ خٰلِدِيْنَ فِيْهَا ۚفَبِئْسَ مَثْوَى الْمُتَكَبِّرِيْنَ

Dikatakan (kepada mereka), “Masukilah pintu-pintu neraka Jahanam itu, (kamu) kekal di dalamnya.” Maka (neraka Jahanam) itulah seburuk-buruk tempat tinggal bagi orang-orang yang menyombongkan diri. (QS. Az-Zumar: 72)

Neraka Jahanam adalah tempat penyiksaan yang memiliki tujuh pintu. Setiap pintu itu memiliki tingkatan yang berbeda tergantung kesalahan atau maksiat seseorang selama di dunia.

Mengutip dari laman dream.co.id, berikut adalah 7 pintu neraka Jahanam yang disebutkan dalam Al-Qur'an. Semoga kita bukan termasuk  golongan para penghuninya!

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Neraka Hawiyah

Neraka Hawiyah diperuntukkan bagi orang-orang yang timbangan kebaikannya ringan. Misalnya saja selama hidup, ia melakukan kebaikan beserta keburukan. Hal ini dijelaskan dalam surah Al-Qari'ah.

2. Neraka Jahiim

Neraka Jahiim digunakan untuk menyiksa orang-orang musyrik atau orang yang menyekutukan Allah SWT. Nantinya, orang-orang ini akan disiksa oleh sesembahan mereka. Hal tersebut dijelaskan dalam Al-Quran surah Asy-Syu'ara dan As-Saffat.

3. Neraka Saqar

Neraka Saqar menjadi tempat bagi orang munafik. Yakni orang yang mendustakan perintah Allah SWT dan Rasul. Meski mereka sudah mengetahui syariat Islam melalui Rasulullah saw, namun diremehkan begitu saja. Hal itu dijelaskan dalam surat Al-Mudassir.

4. Neraka Lazhaa

Neraka Lazhaa digunakan sebagai tempat orang yang suka mengumpulkan harta, serakah, dan suka menghina orang miskin. Mereka lah yang tidak mau membayar zakat, bersedekah, dan menunjukkan wajah masam saat ada orang miskin meminta bantuan. Sebagaimana yang dijelaskan dalam surah Al-Ma'arij.

3 dari 3 halaman

 5. Neraka Huthamah

Neraka Huthamah menjadi tempat bagi orang yang suka mengumpulkan harta, seperti emas, perak, atau platina. Mereka punya sifat yang serakah dan tidak mau memberikan zakat serta suka menghina orang miskin. Hal ini dijelaskan dalam surah Al-Humazah.

6. Neraka Sa'iir

Neraka Sa'iir digunakan sebagai tempat orang-orang kafir yang suka memakan harta anak yatim. Neraka tersebut dijelaskan dalam surah Al-Ahzab, An-Nisa, Al-Fath, dan surat Luqman.

 7. Neraka Wail

Neraka Wail adalah tempatnya para pengusaha yang licik. Ia suka mengurangi timbangan, mencalokan barang atau mengambil untung yang besar. Hal ini dijelaskan dalam surah Al-Tatfif dan At-Tur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.