Sukses

Mengungkap Misteri Tulisan di Dinding Ka'bah

Ustadz Adi Hidayat: Tulisan di dinding Ka'bah, ini ayat-ayat Al-Qur'an yang diabadikan

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang menarik tulisan di dinding Ka'bah di Masjidil Haram Mekkah. Pendakwah yang juga seorang hafidz, Ustadz Adi Hidayat (UAH) mencoba menjabarkan mengenai tulisan tersebut.

Dia memaparkan informasi menarik mengenai isi tulisan yang ada di dinding Ka'bah.

Menurut ia, di sana terdapat tiga ayat Al-Qur'an yang spesifik, yaitu Al-Baqarah ayat 284, 285, dan 286.

"Ini informasi saja dan tiga ayat ini Albaqarah 284, 285, 286 itu ayat yang dituliskan di dinding Ka'bah," kata UAH, dalam penjelasannya yang diunggah di kanal YouTube @Teta.denty

Tulisan-tulisan ini menggantikan gambar-gambar dan syair-syair yang sebelumnya ada, sehingga menjadikan kain kiswah Ka'bah sebagai manifestasi ayat-ayat suci.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ini Tulisan Tersebut

"Itu menggantikan saat berhala dikeluarkan, gambar-gambar dihapus, itu ya syiir-syiir diganti dengan ayat Qur'an sehingga jadi kain kiswah Ka'bah. Itu ada sejarahnya yang di dalam pun dihiasi dengan hiasan ayat Al-Qur'an," tambahnya.

Sejarah yang menyelimuti dinding Ka'bah tidak hanya berhenti pada bagian luar, namun juga merambah ke dalam dengan hiasan-hiasan ayat Al-Qur'an.

Ustadz Adi menjelaskan bahwa di antara ayat-ayat yang dituliskan, terdapat ayat-ayat spesifik seperti Al-Baqarah ayat 284, 285, dan 286. Inti dari ayat 285 dan 286 mengandung makna yang mendalam, terutama dalam konteks keagamaan.

Menurut Ustadz Adi, Malaikat Jibril turun kepada Nabi Muhammad SAW dengan kabar gembira mengenai pentingnya membiasakan membaca Al-Fatihah, diikuti dengan dua ayat terakhir dari Al-Baqarah.

Ini menunjukkan keistimewaan dan keagungan dari tulisan-tulisan yang diabadikan di dinding Ka'bah, sebagai bagian dari warisan spiritual umat Islam yang harus dijaga dan dipahami secara mendalam.

Ayat-ayat yang dituliskan di dinding Ka'bah tidak hanya memiliki nilai historis dan estetika, tetapi juga memuat pesan-pesan penting bagi umat Islam.

Ustadz Adi menjelaskan bahwa Al-Baqarah ayat 284 menyoroti keikhlasan dalam beribadah dan menjaga amanah.

 

3 dari 3 halaman

Kandungan Al-Baqarah 284, 285 dan 286

Sementara itu, ayat 285 dan 286 menegaskan pentingnya mematuhi perintah Allah dan menjaga diri dari kesesatan.

Pengajaran dari ayat-ayat ini dipercaya sebagai pedoman spiritual bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

UAH menekankan bahwa memahami dan merenungkan makna dari ayat-ayat tersebut dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan seseorang kepada Allah SWT.

Lebih lanjut, Ustadz Adi juga membahas bahwa tulisan-tulisan suci ini tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi atau penghias, tetapi juga sebagai pengingat akan keagungan Allah SWT dan tanggung jawab umat manusia dalam menjaga ajaran-Nya.

Dengan mempertahankan dan memahami ayat-ayat yang tertulis di dinding Ka'bah, umat Islam diharapkan dapat mengambil inspirasi dalam menjalani hidup yang penuh dengan rasa syukur dan taat kepada Sang Pencipta.

Dalam konteks ibadah Ustadz Adi menyoroti bahwa ayat-ayat Al-Qur'an yang dituliskan di Ka'bah mengajarkan tentang pentingnya konsistensi dalam beribadah dan menjaga hubungan yang baik dengan Allah SWT.

Hal ini sejalan dengan prinsip bahwa sholat dan ibadah lainnya bukanlah sekadar rutinitas, tetapi sarana untuk mencapai kedekatan spiritual dengan Sang Pencipta.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.