Sukses

Waspada Buka Tutup Rest Area Tol Trans Jawa di Puncak Arus Balik, Siapkan Bekal dari Awal

PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) mengimbau pengguna jalan yang melakukan perjalanan arus balik dari arah Trans Jawa untuk mengoptimalkan waktu selama perjalanan dan singgah di Rest Area

Liputan6.com, Jakarta PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) mengimbau pengguna jalan yang melakukan perjalanan arus balik dari arah Trans Jawa untuk mengoptimalkan waktu selama perjalanan dan singgah di Rest Area untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas.

Dengan berkoordinasi bersama dengan PT Jasamarga Related Business (JMRB) selaku service provider memastikan berbagai fasilitas umum seperti SPBU, SPKLU, masjid, tempat istirahat pengemudi, toilet umum, pujasera, posko keamanan, dan posko kesehatan telah disiapkan di sejumlah rest area sepanjang Jalan Tol Trans Jawa.

Termasuk melakukan antisipasi peningkatan arus lalu lintas arus balik di rest area yang dapat berpotensi menyebabkan antrean ke jalur utama jalan tol.

Untuk itu, PT JTT terus berkoordinasi dengan PT JMRB untuk memantau kondisi di rest area dengan mempersiapkan sejumlah skema rekayasa lalu lintas dan pengaturan volume kendaraan masuk dan keluar rest area jika diperlukan pemberlakuan rekayasa lalu lintas buka-tutup rest area untuk mendukung diskresi Kepolisian.

Siapkan Bekal

Vice President Corporate Secretary and Legal PT JTT Ria Marlinda Paallo mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan waktu perjalanan dengan bijak, membawa perbekalan atau dapat melakukan take away makanan di rest area sehingga tidak perlu berlama-lama di rest area agar dapat bergantian dengan pengguna jalan yang lain.

PT JTT juga mengimbau kepada pengguna jalan tol Trans Jawa untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki perjalanan di jalan tol. Pastikan diri dan kendaraan dalam kondisi prima, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puncak Arus Balik Idulfitri 2024 Bakauheni-Merak

Idul Fitri 1445H dari Pelabuhan Bakauheni ke Merak, diprediksi terjadi pada Minggu-Senin, 14-15 April 2024. Pemudik dihimbau membeli tiket sebelum masuk ke pelabuhan, agar perjalanan lancar.

"Puncaknya diperkirakan terjadi pada Minggu malam ini hingga Senin besok," ujar Ira Puspadewi, Dirut PT ASDP Indonesia Ferry, dalam keterangan resminya, Minggu (14/04/2024).

Masyarakat tidak perlu lagi khawatir tiketnya hangus saat terlambat sampai di pelabuhan. Perusahaan BUMN itu memberi kebijakan masyarakat masih bisa menyeberang 24 jam dari batas waktu tiket berakhir.

Kebijakan itu khusus kendaraan golongan II dan IVA, khusus periode arus balik lebaran pada 11-21 April 2024.

"Sudah tidak ada lagi tiket hangus selama momen arus balik, selama pengguna jasa tiba di pelabuhan dalam 24 jam dari waktu check in yang tertera di tiket," terangnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.