Sukses

Tips Internetan Pakai HP Tetap Lancar Saat Mudik dan Libur Lebaran

Bagi kamu yang mudik atau merayakan libur Lebaran sembari mencari hibutan di internet, berikut adalah tips internetan menggunakan HP tetap lancar saat libur Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Trafik internet saat masa Ramadan dan Idul Fitri mengalami peningkatan cukup drastis dibandingkan dengan hari biasa. Hal ini disikapi dengan persiapan-persiapan agar operator seluler bisa menangani lonjakan trafik internet di sepanjang libur panjang Lebaran.

Operator XL Axiata menyebut keandalan jaringan memang menjadi tantangan khusus bagi operator. Langkah antisipasi pun dilakukan, milai dari optimalisasi jaringan sampai menyiagakan layanan pelanggan selama 24 jam.

Dari sisi pelanggan, XL Axiata juga memberikan tips agar mereka bisa mengakses internet sesuai kebutuhan masing-masing.

Berikut sejumlah tips agar pelanggan bisa internetan lancar saat mudik dan libur Lebaran:

  • Pastikan nomor yang digunakan sudah terdaftar paket internet XL Axiata dengan kuota data yang mencukupi.
  • Gunakan perangkat telepon selular yang mendukung teknologi 4G dan 5G.
  • Hapus aplikasi dan widget yang tidak diperlukan untuk memaksimalkan performa smartphone.
  • Lakukan refresh jaringan pada smartphone dengan cara mengaktifkan mode pesawat. Diamkan selama 1 menit lalu nonaktifkan kembali ketika berpindah lokasi agar koneksi internet lebih optimal.
  • Selain itu, untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut atau mengatasi masalah teknis yang mungkin dihadapi selama libur panjang Lebaran, pelanggan dapat mengakses layanan bantuan pelanggan XL Axiata melalui berbagai saluran.

Saluran layanan bantuan pelanggan meliputi, chat dengan Maya melalui aplikasi MyXL dan Axisnet dari smartphone, mengakses melalui website, melalui layanan XL Center Online dan gerai XL Center terdekat, hingga melalui akun media sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persiapan XL Axiata Atasi Lonjakan Trafik

Keandalan jaringan begitu dibutuhkan pengguna. Memahami akan hal ini, operator XL Axiata telah mengantisipasi dan memastikan jaringan XL mampu melayani lonjakan trafik untuk berbagai kebutuhan di atas.

Group Head Customer Contact Center XL Axiata, M. Yunus, mengatakan, keandalan jaringan memang menjadi tantangan bagi operator, termasuk XL Axiata. Namun, perusahaan memastikan pihaknya mampu melayani lonjakan trafik yang terjadi selama momen Idul Fitri.

“Langkah-langkah antisipasi sudah dilakukan XL Axiata guna memastikan jaringan XL Axiata mampu melayani lonjakan trafik di sepanjang libur panjang Lebaran," kata Yunus, dikutip dari keterangan XL Axiata, Minggu (7/4/2024).

Yunus mengatakan, selain jaringan, XL Axiata juga secara khusus menyiagakan layanan pelanggan. Sebanyak lebih dari 500 orang petugas contact center yang bersiaga selama 24 jam membantu pelanggan yang membutuhkan informasi atau mengalami persoalan dengan layanannya.

3 dari 4 halaman

Prediksi Kenaikan Trafik Internet XL Saat Ramadan dan Idul Fitri

Sementara itu, sebelumnya operator seluler XL Axiata memprediksi terjadinya kenaikan trafik komunikasi, terutama internet, di momen Ramadan dan Idul Fitri 2024.

Head Network Operations XL Axiata Region Jabodetabek, Okrisimon, menuturkan, "Secara nation wide, kenaikan trafik komunikasi saat Lebaran dan Idul Fitri antara 10-20 persen dibandingkan dengan hari biasa."

 Untuk mengatasi peningkatan trafik internet saat Ramadan dan Idul Fitri, XL Axiata telah memetakan sebanyak 622 point of interest alias titik keramaian di seluruh Indonesia.

Mulai dari di rest area, objek wisata yang kerap dikunjungi saat libur, dan tempat-tempat ramai lainnya.

Okrisimon mengatakan, kenaikan trafik telekomunikasi terutama data ini dipicu oleh berbagai aktivitas digital yang dilakukan masyarakat.

Secara keseluruhan, Okrisimon menyebutkan sejumlah aktivitas digital yang paling menyumbang kenaikan trafik internet. Aktivitas yang dimaksud antara lain adalah streaming, browsing, media sosial, hingga gaming.

"Tim network operation melakukan monitoring aplikasi apa saja yang banyak menyebabkan kenaikan trafik komunikasi data. Mulai dari media sosial, Facebook, TikTok, dan lain-lain. Tim network berupaya mengantisipasi server untuk mengatasi kenaikan trafik," kata Okrisimon, ditemui di Jakarta saat Buka Puasa XL Axiata beberapa waktu lalu.

4 dari 4 halaman

Layanan yang Sumbang Kenaikan Trafik Internet

Selain media sosial, kata dia, platform digital lain yang juga membuat terjadinya lonjakan trafik adalah mobile gaming.

"Mobile gaming masih menjadi salah satu penyumbang (terbesar) kenaikan trafik. Adapun kenaikan trafik akses mobile gaming biasanya terjadi di jam 17.00 hingga 21.00," kata Okrisimon.

Begitu juga dengan akses ke layanan streaming yang juga menyebabkan tingginya trafik telekomunikasi.

Berkaitan dengan mudik Lebaran dalam dua minggu mendatang, Okrisimon menyebut XL Axiata memprediksi bahwa trafik komunikasi dan internet di Jakarta akan mengalami penurunan karena adanya arus mudik. Hal ini sesuai dengan pengalaman tiap tahunnya saat Lebaran.

Ia menyebut, tingginya trafik akan berpindah ke daerah-daerah tujuan mudik seminggu jelang Idul Fitri. Dalam hal ini trafik di Jawa Tengah akan meningkat 17 persen, Jawa Timur naik 16 persen, Nusa Tenggara Barat trafiknya naik 16 persen, dan Sumatera trafiknya naik 11 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.