Sukses

Indosat Menjamin Koneksi Tetap Lancar saat Momen Mudik Lebaran

Indosat menjamin agar jaringannya tetap terhubung tanpa henti ketika para pelanggan sedang mudik. Keberhasilan ini dapat terwujud berkat adanya dukungan dari jaringan yang terpadu dan infrastruktur yang tersebar di seluruh penjuru negeri.

Liputan6.com, Jakarta Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) menjamin agar konektivitas tetap lancar saat masyarakat melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran Idul Fitri.

Hal ini dilakukan melalui integrasi jaringan dan pembangunan infrastruktur berteknologi tinggi yang telah dilakukan oleh Indosat untuk memastikan layanan tetap tersedia tanpa putus bagi semua pelanggan.

Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, menjelaskan bahwa Indosat telah melakukan optimalisasi jaringan di sejumlah jalur mudik dan lokasi prioritas untuk mendukung kebutuhan komunikasi dan layanan digital pelanggan selama perjalanan mudik hingga kembali ke daerah asal.

Dalam acara Buka Puasa bersama Media di Kantor Pusat Indosat di Jakarta, Vikram menjelaskan jangkauan jaringan Indosat kini telah meluas hingga kecamatan dan desa. Indosat juga menjamin pelanggan dengan 'Unparalleled Network Services Guaranteed' sebagai komitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh pelanggan.

Vikram juga mengungkapkan bahwa selama dua tahun kehadiran IOH, perusahaan berhasil meningkatkan jumlah infrastruktur BTS (Base Transceiver Station) untuk memastikan layanan dan jaringan Indosat tetap terjaga.

Pada tahun 2022, Indosat memiliki 30.000 situs BTS, dan saat ini jumlahnya telah mendekati 50.000 situs. Hal ini menunjukkan upaya Indosat dalam terus meningkatkan kualitas jaringan demi kepuasan pelanggan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diperkirakan akan Terjadi Lonjakan Trafik hingga 17 Persen

"Peningkatan performa BTS telah dilakukan secara menyeluruh agar dapat digunakan di berbagai spektrum," ujar Vikram dengan penuh semangat.

Sementara itu, diperkirakan sebanyak 71,7 persen dari total penduduk Indonesia akan melakukan perjalanan mudik.

Dalam perkiraan tersebut, pergerakan tersebut diperkirakan akan meningkatkan penggunaan data di jaringan Indosat sebesar 17 persen dibandingkan dengan rata-rata penggunaan harian pada tahun 2024.

Direktur dan Chief Technology Officer IOH, Desmond Cheung, menjelaskan bahwa peningkatan penggunaan data ini disebabkan oleh tingginya aktivitas digital masyarakat.

"Kenaikan penggunaan data diperkirakan mencapai 17,5 persen dengan puncak penggunaan data sebesar 51,46 Petabytes. Peningkatan ini disebabkan oleh aktivitas bermain game sebesar 65 persen, penggunaan media sosial sebesar 15 persen, penggunaan pesan sebesar 13 persen, dan streaming sebesar 7 persen," jelas Desmond dengan antusias.

3 dari 3 halaman

Tingkatkan Kapasitas Jaringan

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik data, Indosat meningkatan kapasitas jaringan sekitar 32 persen dibandingkan rata-rata kapasitas harian.

Indosat menambah 2.145 site baru dan 38 mobile BTS. Penambahan ini didukung jaringan fiber optik sepanjang 51.000 Km dan lebih dari 224.000 Km akses metro fiber optic untuk memperkuat sinyal di lokasi prioritas.

Indosat juga memetakan 590 titik keramaian serta jalur mudik tol maupun non-tol. Tim juga terus bersiaga di lapangan selama 24 jam.

Sebanyak 2.000 petugas teknis Indosat dan tim IOH Network Operation Center (INOC) memastikan agar pelanggan bisa berkomunikasi dengan tenang di mana pun dan kapan pun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.