Sukses

Agar Ibu Hamil Nyaman Mudik Lebaran, Disarankan Ubah Posisi Duduk Setiap Dua Jam Sekali

Ketika duduk di dalam mobil untuk perjalanan mudik Lebaran, ibu hamil disarankan duduk di bangku tengah agar ruang gerak jadi lebih luas.

Liputan6.com, Jakarta - Ibu hamil yang melakukan perjalanan mudik perlu mengganti posisi duduk maksimal dua jam sekali. Dokter spesialis kandungan dan kebidanan RS Pelni dr Dewita Nilasari, Sp.OG mengatakan, hal ini agar ibu hamil bisa nyaman dalam perjalanan mudik.

"Amannya dua jam kalau duduk, kalau di mobil kan memang terbatas ruang geraknya. Jadi kalau misal tadinya duduk condong ke kanan, bisa bergeser sedikit ke arah lainnya jangan di tempat yang sama terutama dari panggul ke bawah sampai kaki,” kata dr. Dewita Nilasari, Sp.OG dalam diskusi media di Jakarta, Rabu, dilansir Antara.

Dewinta mengingatkan agar tiap anggota keluarga memahami bahwa ibu hamil membutuhkan ruang atau tempat duduk yang lebih luas. Hal ini karena ruang yang luas membantu ibu hamil terhindar dari risiko mengalami kaki bengkak, kesemutan dan pegal-pegal.

Ketika duduk di dalam mobil, ibu hamil disarankan duduk di bangku tengah agar ruang gerak jadi lebih luas. Selama duduk, ibu harus melakukan peregangan posisi badan dengan bergerak ke kanan atau ke kiri.

Selain itu, ibu hamil juga bisa meluruskan kakinya beberapa saat agar nyaman selama perjalanan mudik.

Kalaupun ibu hamil mudik dengan menggunakan pesawat, kata Dewinta, maka cara yang dapat diterapkan adalah berjalan ke arah kamar mandi, sehingga ibu bisa melakukan peregangan tubuh.

Hal serupa juga bisa dilaukan ibu hamil yang mudik Lebaran dengan naik kereta. Anggota keluarga dapat menemani ibu hamil berjalan-jalan di koridor atau berkunjung ke restoran atau kantin yang tersedia dan kamar mandi di gerbong terdekat.

“Kalau sudah lebih dari dua jam dalam posisi yang sama, itu ibu bisa tertekan. Akan ada keluhan pegal, karena peredaran oksigen berkurang, jadi keluhannya pegal-pegal dan kesemutan,” ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Usia Kehamilan yang Nyaman untuk Mudik

Dalam kesempatan berbeda, dr Ervinsyah H. Harahap, Sp.OG dari RS Pusat Pertamina mengatakan, usia kehamilan yang ideal bagi ibu hamil melakukan perjalanan mudik adalah 12-28 minggu atau trimester kedua.

"Yang aman bagi ibu untuk melakukan perjalanan terutama perjalanan jauh lebih baik pada trimester kedua, yaitu posisi ibu hamil paling nyaman, lagi enak-enaknya," kata Erwinsyah dalam sebuah diskusi kesehatan beberapa waktu lalu.

Pada usia kehamilan trimester kedua, kata Erwinsyah, frekuensi buang air kecil sudah berkurang dibandingkan pada periode sebelumnya. Pada usia kehamilan ini, ibu juga sudah tidak mengalami mual muntah seperti di awal kehamilan. Posisi perut pun masih di atas sehingga nyaman untuk melakukan perjalanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.