Sukses

Polri Siapkan Layanan Pelaporan Rumah Yang Ditinggal Mudik Lebaran 2024

Listyo memerintahkan seluruh personel untuk memahami karakteristik wilayah pengawalan masing-masing, seperti misalnya titik rawan banjir, longsor, serta gangguan keamanan dan ketertiban (kamtibmas) terutama yang ada di jalur mudik.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan kepada seluruh jajaran hingga ke tingkat bawah baik Polda, Polres, hingga Polsek untuk memberikan pelayanan terbaik selama momen Hari Raya Idul Fitri 2024. Salah satunya dengan menyiapkan layanan pelaporan rumah yang ditinggal mudik lebaran.

“Siapkan layanan pelaporan rumah yang ditinggalkan dan penitipan kendaraan sehingga masyarakat dapat mudik dengan tenang,” tutur Listyo dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024 di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2024).

Listyo memerintahkan seluruh personel untuk memahami karakteristik wilayah pengawalan masing-masing, seperti misalnya titik rawan banjir, longsor, serta gangguan keamanan dan ketertiban (kamtibmas) terutama yang ada di jalur mudik.

“Skenario-skenario menghadapi potensi gangguan dan situasi kontijensi harus dipersiapkan secara matang. Aspek keamanan dari gangguan kamtibmas juga harus menjadi perhatian penting, baik pada rumah yang ditinggalkan, jalur mudik, maupun lokasi wisata dan pusat keramaian lainnya,” jelas dia.

Selain itu, dia juga meminta petugas aktif melibatkan kelompok organisasi masyarakat dan keagamaan, salah satunya untuk pengamanan Shalat Idul Fitri 1445 H sebagai wujud toleransi dan keberagaman Indonesia.

“Lakukan patroli bersama pada jam-jam rawan,” ungkapnya.

Di samping itu, stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok jelang lebaran pun sangat penting, termasuk soal pasokan BBM selama arus mudik dan arus balik. Untuk itu, Listyo menginstruksikan seluruh jajaran memahami pentingnya kolaborasi antar-instansi dalam penanganannya.

“Tingkatkan koordinasi dan lakukan langkah-langkah bersama dengan stakeholder terkait sehingga stok dan harga dapat tetap terjaga. Seluruh upaya dan perkembangan di lapangan harus diimbangi dengan strategi komunikasi publik yang baik,” katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pastikan Masyarakat Mudah Dapatkan Informasi

 

Dia pun meminta jajaran memastikan masyarakat mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan melalui berbagai saluran komunikasi, sehingga mereka dapat merencanakan perjalanan mudik dengan nyaman.

“Berbagai upaya tersebut diharapkan dapat berjalan optimal sehingga masyarakat dapat merasakan mudik aman, ceria, dan penuh makna. Diharapkan momentum Hari Raya Idul Fitri ini dapat menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi, persatuan dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat,” Listyo menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini