Sukses

Ensemble Angklung Indonesia dan Kedai Makanan Global Bakal Meriahkan Festival Idul Fitri 2024 di Trafalgar Square London

Idul Fitri 1445 H telah tiba. Umat muslim yang berada di London, Inggris mengadakan acara Festival Idul Fitri di Trafalgar Square London untuk memeriahkan perayaan tersebut.

Liputan6.com, London - Festival tahunan gratis kembali digelar di Trafalgar Square (alun-alun Trafalgar), ikon Kota London, untuk ke-19 kalinya dalam rangka merayakan berakhirnya bulan suci Ramadan.

Acara ini dikembangkan melalui kemitraan dengan Eid Community Advisory Group serta organisasi seni, budaya, dan organisasi Muslim grass roots yang berbasis di London.

Festival ini juga didukung oleh kampanye #LondonForEveryone dari Wali Kota London, Sadiq Khan dengan tujuan menyatukan komunitas, teman, dan keluarga untuk menikmati perayaan ini, seperti dilansir dari london.gov.uk, Kamis (11/4/2024).

Panggung utama akan menjadi pusat untuk berbagai pertunjukan menarik, sementara Inspiring Muslim Awards akan kembali diselenggarakan untuk kedua kalinya, sebagai penghargaan bagi para pahlawan tanpa tanda jasa dari komunitas Muslim London yang telah dinominasikan langsung oleh masyarakat.

Selain itu, alun-alun Trafalgar akan dipenuhi dengan berbagai kegiatan, kios komersial dan kedai makanan global yang akan menggugah selera anda.

Dengan demikian, diharapkan acara ini dapat memberikan pengalaman yang berkesan bagi semua yang hadir. 

 

Informasi penting terkait festival ini:

Tanggal: Sabtu, 20 April 2024

Waktu: 12:00 hingga 18:00 (waktu setempat)

Tempat: Trafalgar Square, Westminster, London, WC2N 5DN, Inggris

Biaya: Gratis

 

Berikut ini gambaran acara yang akan dilaksanakan pada 20 April 2024:

Panggung Utama akan dipandu oleh salah satu nama yang paling cepat naik daun dalam komedi Inggris Ola Labib bersama TV, presenter radio dan DJ, Yasser Ranjha. Menampilkan perpaduan artis tradisional dan kontemporer termasuk Belal Muslim, Ensemble Angklung Indonesia, Paduan Suara Anak-anak Star Voices, Grup Al Awde Zafa dan Dabke, Anggota Orkestra Musisi Suriah dan, semuanya dari Pakistan, Chahat Mahmood Ali Qawwal dan Grup.

Trafalgar Square kemudian akan dipenuhi dengan aktivitas, kios pasar, dan pesta kedai makanan global yang akan menggoda Anda.

WAW Creative Arts Family Zone menyelenggarakan lokakarya kaligrafi, mendongeng, membatik, dan tari Indonesia.

Sementara Halal Tourism Britain mengundang Anda dalam tur keliling Muslim Museum, sementara Rumi's Cave DafZikir Drummers and Friends berbagi pertunjukan dan cerita dari seluruh dunia.

Ada juga sesi sepak bola interaktif dengan Goals for Girls, kesempatan bertemu Omar dan Hana, serta melukis wajah dan henna. Kami juga menyambut lokakarya LightArtVR dan Kidwise STEM yang keduanya akan menyelenggarakan pengalaman VR yang unik.

Lalu akan ada Everyday Muslim yang mempersembahkan Identi-Tree live exhibition, di mana Anda dapat merekam kisah Anda sendiri, mengambil potret diri, dan menjelajahi warisan budaya Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Inspiring Muslim Awards

Eid in the Square menjadi tuan rumah Inspiring Muslim Awards selama dua tahun berturut-turut, untuk merayakan pahlawan tanpa tanda jasa dari komunitas London.

"Kami sangat senang dapat bermitra dengan Mentyoo, yang menawarkan dukungan mentoring gratis bagi kaum muda yang beragam," dikutip dari london.gov.uk.

Penghargaan ini mengakui dan merayakan bakat dan prestasi Muslim Inggris di seluruh London. Tujuannya adalah untuk menciptakan siklus dukungan dan inspirasi untuk mendorong para panutan muslim di masa depan yang berprestasi.

Tahun ini, tema yang diangkat adalah Identitas dan apa artinya menjadi seorang muslim. Penghargaannya meliputi:

  • Penghargaan Identity Champion Award 

Penghargaan ini merayakan mereka yang menyoroti dan mengatasi masalah identitas di komunitas mereka, termasuk ras, gender, keyakinan, dan disabilitas.

Para nominator diakui atas pekerjaan mereka dalam memajukan keberagaman dan inklusi, serta advokasi dan kepemimpinan mereka yang kuat di bidang ini.

  • Identity Art Award

Penghargaan ini menyoroti para seniman yang karyanya tidak hanya orisinil, tetapi juga menantang stereotipe dan mempromosikan keadilan sosial.

Para nominator diakui karena mewakili identitas yang beragam, melibatkan audiens, dan mendorong dialog seputar inklusivitas dan pemahaman.

 

3 dari 4 halaman

Nominasi yang Tersedia

  • The Identity Storyteller Award

Penghargaan ini diberikan kepada para penulis, pembuat film, dan pendongeng yang menantang stereotipe terhadap Islam, merayakan keberagaman, dan mengadvokasi keadilan sosial.

Para nominator dievaluasi berdasarkan cara mereka bercerita, bagaimana mereka mengatasi masalah identitas, dampak karya mereka, dan komitmen mereka terhadap representasi yang tulus. 

  • The Identity Community Award

Penghargaan ini diberikan kepada mereka yang telah membantu memupuk keberagaman dan inklusi dalam komunitas mereka.

Penghargaan ini untuk merayakan kisah-kisah positif Muslim Inggris, kolaborasi, dan upaya kolektif. Para nominator diakui atas komitmen mereka terhadap inklusivitas, dampak nyata dari apa yang mereka lakukan, dan bagaimana mereka menginspirasi persatuan dan pemahaman sesama.

4 dari 4 halaman

Penjualan Makanan dan Kios Komersial

Dalam rangka meningkatkan partisipasi pedagang makanan lokal, panitia acara telah membuka pendaftaran untuk membuka stan makanan di dua acara besar tahun ini. Acara pertama, Eid in the Square, akan berlangsung selama sehari penuh.

Setelahnya, akan diadakan St George's Day Festival pada Minggu, 21 April, mulai pukul 12.00 hingga 18.00 waktu setempat.

Para pedagang yang tertarik untuk berpartisipasi dalam kedua acara tersebut diharapkan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan di: Pendaftaran

"Panitia akan menghubungi para pedagang yang berhasil mendaftar untuk memberikan informasi lebih lanjut," sebagaimana dikutip dari london.gov.uk

Dengan adanya kesempatan ini, diharapkan para pedagang makanan lokal dapat turut serta memeriahkan acara-acara tersebut dan memberikan pengalaman kuliner yang memuaskan bagi pengunjung.

Selain penjualan makanan, Acara ini juga dimeriahkan dengan kios komersial, amal, dan komunitas. Batas pendaftaran untuk membuka stan ini pada 10 Maret 2024.

Dengan adanya kesempatan ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi kesuksesan acara dan orang-orang yang terlibat di dalamnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini