Sukses

6 Lokasi Jelajah Kuliner di Bazar Ramadhan Singapura, Berburu Makanan Khas hingga Jajanan Klasik

Selama Ramadhan berlangsung, orang-orang muslim maupun non-muslim sering berburu takjil dan makanan berat untuk berbuka puasa atau makan malam. Di Singapura, banyak sekali bazar yang dapat dikunjungi untuk berkuliner di sore hari bersama keluarga dan teman.

Liputan6.com, Jurong - Ini sudah pekan kedua Ramadan, bulan tersuci sepanjang tahun bagi umat Muslim ketika mereka memperbanyak doa, refleksi, dan menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih, serta beramal dan berpuasa dari fajar hingga senja.

Penanda datangnya bulan Ramadan di belahan dunia salah satunya adalah bazar atau pasar malam. Di mana umat Muslim dan umat beragama lain dapat menikmati suasana, suara dan aroma makanan lezat, keramaian, dan semangat komunitas dengan satu sama lain.

Di Singapura, pasar malam biasanya digelar di Geylang dan Kampong Glam. Kendati demikian ada beberapa tempat lain yang juga menggelar kegiatan serupa.

Dilansir dari CNA, Jumat (29/3/2024), berikut adalah daftar enam bazar di sekitar Singapura yang bisa Anda kunjungi untuk pengalaman kuliner yang menyenangkan: 

 

1. BAZAR RAMADHAN KAMPUNG GLAM 

<p>Ilustrasi Bazar (Unsplash/Robert Bahn)</p>

Salah satu area bazar klasik adalah Kampong Glam, yang merupakan rumah bagi banyak kios dan restoran milik umat Muslim.

Bazar tahun ini menghadirkan sekitar 120 gerai makanan dan minuman serta toko ritel yang menawarkan beragam makanan, minuman, dan pilihan belanja tradisional dan kontemporer untuk menyambut Hari Raya.

Berbeda dengan bazar lainnya di Singapura, sebagian besar kios di sini buka mulai siang hari sekitar pukul 13.00. Hal ini untuk mengakomodasi banyak wisatawan dan pengunjung yang tidak berpuasa dan melewati area ini sepanjang hari dan sepanjang tahun.

Jadi, jika Anda tidak berpuasa dan ingin menikmati makanan atau minuman di bazar seperti air katira (susu dengan biji selasih) yang dingin di tengah matahari siang yang terik, Anda dapat mampir untuk mencicipinya.

Anda juga akan menemukan banyak kios yang menawarkan hidangan fusion dan hidangan yang terinspirasi dari cita rasa Arab atau Mediterania, seperti makanan khas Turki seperti baklava dan kunafa, serta shawarma dan kebab.

Walaupun demikian, jika Anda mencari cita rasa yang lebih lokal atau jajanan pasar klasik seperti burger Ramly, vadai, atau nasi ambeng, Anda tidak akan kecewa karena rasanya juga lezat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. BAZAR RAMADHAN GEYLANG SERAI

Tentu saja, bukan Ramadan di Singapura namanya jika tidak ada bazar klasik Geylang Serai. Berlokasi di sekitar Wisma Geylang Serai di sepanjang jalan Engku Aman, jalan Changi, dan Sims Avenue.

Bazar ini menghadirkan 150 kios makanan dan minuman dari 500 kios yang ada, lebih sedikit dibandingkan dengan 700 kios pada tahun lalu.

Tahun ini, meskipun beberapa pemilik kios mengkhawatirkan biaya sewa, banyak makanan dan minuman yang dijual dengan harga sekitar S$5 untuk memastikan semuanya terjangkau.

Nantikan pendatang baru seperti The Padangton dan Mahmud's Tandoor, serta menu inovatif dari kedai seperti Fooditude's Fries Society.

Apabila Anda datang ke sana lebih awal - sekitar pukul 17.00 waktu setempat, sebelum umat muslim mulai berbuka puasa, anda mungkin bisa mendapatkan tempat duduk di area bersantap luar ruangan di sepanjang Sims Road, di bawah lampu-lampu peri dan dekorasi pedesaan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, sebagian besar kedai akan buka hingga larut malam, sekitar tengah malam, jadi bersiaplah untuk melihat antrean panjang di kedai-kedai populer, bahkan saat anda tiba di sana pada pukul 11 malam.

 

3. BAZAR RAMADAN FEST EKOHARMONI

Barongsai 'Gie Say' Ilustrasi Bazar (Liputan6.com/Fira Syahrin).

Pernah dengar tentang Bazar dengan sentuhan ramah lingkungan? EcoHarmony Fest adalah tempatnya. Berjarak 10 menit berjalan kaki dari stasiun MRT Bedok, bazar ini menampilkan lebih dari 200 kios dan aktivitas unik.

Bazar ini menggunakan panel surya untuk sebagian operasinya dan menyediakan banyak tempat sampah daur ulang di sekitarnya.

Selain operasional yang ramah lingkungan, anda juga dapat menikmati berbagai makanan dan minuman lezat di sini.

Kios-kios bazar menyajikan camilan gurih seperti cumi goreng, pisang goreng, dan dendeng sapi, serta jajanan lokal unik seperti vadai mini.

EcoHarmony Fest juga memiliki panggung utama untuk pertunjukan menyanyi dan lelang bisnis.

Jika cuaca panas atau pun keramaian tidak masalah bagi anda, datanglah sekitar pukul 6 sore untuk menikmati suasana bazar sebelum umat muslim berbuka puasa sekitar pukul 7 malam waktu setempat, saat area ini paling ramai.

3 dari 4 halaman

4. BAZAR MALAM RAMADAN MRT TAMPINES

Penduduk Tampines pasti familiar dengan tempat di mana bazar besar ini berada - tepat di sebelah stasiun MRT dan dikelilingi oleh mal.

Bazar tahun ini telah memperluas area duduk di luar ruangan dibandingkan dengan tahun sebelumnya, memberikan pengunjung lebih banyak kesempatan untuk bersantai dan menikmati makanan mereka dengan gaya alfresco.(gaya makan dan minum diluar ruangan).

Anda dapat dengan mudah membeli camilan unik dan klasik bazar seperti nasi goreng dan mie goreng atau panekuk pandan Thailand dan masih bisa makan di sana selagi panas.

Selain itu, ada banyak dekorasi Ramadan yang menambahkan atmosfer meriah bulan ini. Dekorasi tersebut, ditambah dengan keberadaan area terbuka, menciptakan kesempatan foto yang bagus untuk pengunjung.

Ada campuran kedai halal dan non-halal, jadi pengunjung muslim sebaiknya memeriksa apakah kedai yang mereka tuju memiliki sertifikasi halal atau dimiliki oleh pemilik muslim.

 

5. BAZAR NOSTALGIA RAMADHAN JURONG BARAT

<p>Ilustrasi Bazar ramadhan di Singapura (Pexels/Fabian Rack)</p>

Tidak berada di dekat Geylang atau Kampong Glam? Jangan khawatir - terdapat bazar di seluruh Singapura, termasuk di Jurong Barat.

Terletak di ruang terbuka yang dikelilingi ruko dan area parkir mobil di blok 495, 498, 466, dan 467, bazar yang nyaman ini menyediakan sekitar 70 kios, yang sebagian besar menawarkan makanan dan minuman.

Bazar ini menampilkan kios-kios yang menyajikan jajanan bazar klasik seperti takoyaki, roti john, pisang goreng, roti boyan, nasi ambeng, serta minuman seperti kelapa kocok dan jus buah dengan harga yang terjangkau.

Banyak bisnis rumahan dan restoran yang sudah tidak asing lagi bagi para Westies seperti Ayza Restaurant dan Pondok Rasa juga dapat ditemukan di sini. Pengunjung akan senang menemukan menu klasik favorit dari restoran-restoran ini seperti roti john keju dan kue melayu.

Bazar ini juga memiliki area tempat duduk untuk berbuka puasa atau sekadar bersantai setelah berkeliling di kios-kios, serta area salat dan wudu bagi pelanggan muslim.

 

4 dari 4 halaman

6. BAZAR MARSILING

Terlepas dari namanya, bazar ini sebenarnya terletak di ruang terbuka tepat di sebelah Woodlands MRT dan Causeway Point. Tepat setelah Anda keluar dari stasiun, Anda akan disambut dengan nyanyian pengamen dan aroma gorengan yang menggugah selera.

Mereka yang tinggal di bagian utara Singapura pasti tidak asing dengan pasar malam di MRT Woodlands, tempat Anda selalu dapat menikmati jajanan pasar klasik seperti takoyaki dan burger Ramly, atau bahkan membeli barang dan pernak-pernik seperti sarung ponsel dan tas yang dapat digunakan kembali.

Kali ini, Anda akan menemukan pilihan makanan dan minuman yang lebih beragam, dengan bazar yang menghadirkan banyak kios yang mewakili bisnis - baik yang berbasis rumahan maupun tidak - dari berbagai penjuru Singapura.

Contohnya adalah Loco Loco dan hidangan pencuci mulutnya, serta Here Thai Food dan hidangan khas Thailand.

Untuk menghindari keramaian dan mendapatkan pengalaman yang lebih nyaman saat menjelajahi gerai makanan, datanglah lebih awal saat sebagian besar gerai baru saja buka sekitar pukul 16.00, atau lebih lambat pada malam hari sekitar pukul 20.00 atau 21.00. waktu setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini