Sukses

Penting, Perhatikan Delapan Hal Ini Sebelum Mudik Lebaran Pakai Mobil Pribadi

Perjalanan panjang ke kampung halaman atau mudik pada momen Hari Raya Idul Fitri patut direncanakan lebih awal selama bulan Ramadan, terutama jika Anda dan keluarga memilih moda transportasi kendaraan pribadi.

Liputan6.com, Jakarta - Perjalanan panjang ke kampung halaman atau mudik pada momen Hari Raya Idul Fitri patut direncanakan lebih awal selama bulan Ramadan, terutama jika Anda dan keluarga memilih moda transportasi kendaraan pribadi.

Sebelum menerjang lalu lintas padat dan perjalanan dengan jarak tempuh panjang melewati berbagai permukaan jalan, mobil perlu diperiksa dengan cermat untuk memastikan kondisinya tetap prima demi keselamatan dan kenyamanan penumpang dan pengendara.

Terlebih lagi, potensi cuaca ekstrem yang mengintai karena Idul Fitri tahun ini jatuh selama periode pancaroba Maret-April 2024, berdasar pantauan BMKG.

Untuk mendapat pengalaman perjalanan mudik Lebaran dengan aman dan nyaman, ada beberapa komponen yang harus diperhatikan sebelum berangkat ke jalan menunaikan perjalanan mudik.

Berikut daftar hal-hal yang perlu diperhatikan menurut Co-Founder Lifepal, Benny Fajarai:

1. Cek Kondisi Ban Mobil

Sebelum memulai perjalanan mudik, hal pertama yang paling penting untuk diperiksa adalah kondisi ban mobil. Itu karena ban merupakan satu-satunya komponen vital mobil yang langsung berinteraksi dengan permukaan jalan.

Pastikan ban tidak terlalu aus, bebas dari sobekan atau tonjolan pada dindingnya, dan pastikan tekanan udara dalam ban tetap optimal.

2. Periksa Oli Mobil

Hal kedua yang tak kalah penting adalah memeriksa keadaan oli mobil, memastikannya belum kering dan masih baik melumasi komponen-komponen mesin untuk dapat lancar bergerak dan bekerja lebih baik.

Perlu diingat pengecekan oli ini tidak hanya dilakukan pada oli mesin saja, tapi juga oli transmisi, dan oli gardan. Walau memang oli mesin memerlukan rentang waktu penggantian yang lebih pendek dibanding oli gardan dan transmisi.

3. Cek Suspensi Kendaraan

Suspensi mobil juga tak boleh ketinggalan untuk diperiksa kelayakannya. Pasalnya, bagian yang terdiri dari penerus daya, kemudi, dan peredam guncangan ini akan bekerja keras saat mobil dibawa dalam perjalanan jauh di tengah kondisi jalan yang dinamis dan tak terduga.

4. Evaluasi Filter Mobil

Perlu juga untuk rutin merawat filter mobil yang terdiri dari filter oli, udara, bensin, dan AC untuk mendapatkan pengalaman perjalanan yang senantiasa nyaman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Aki Mobil

Aki bertanggung jawab sebagai penyuplai daya untuk berbagai fitur mobil termasuk radio, lampu, dan sistem AC. Sebagai sumber utama kelistrikan yang harus dipertahankan dalam kondisi baik, aki mobil memegang peran krusial.

Masalah kelistrikan serius dapat timbul jika kondisi aki tidak terjaga dengan baik. Bahkan, dapat berujung pada korsleting.

6. Rem

Kemampuan cengkeraman rem juga sangat penting dalam berkendara. Mengecek rem harus dimulai dengan memeriksa ketersediaan minyak rem. Selama proses ini, penting untuk mencari tanda-tanda kebocoran atau kotoran yang dapat mengganggu kinerja rem seperti endapan lumpur yang mungkin terjadi.

7. Lampu

Lampu penting untuk diperhatikan karena perannya menjaga visibilitas pengemudi, terutama saat berkendara di malam hari. Tahapan ini harus dilakukan menyeluruh dengan memeriksa kondisi lampu utama, lampu kabut, lampu rem, dan lampu sein. Jika ditemukan lampu yang tidak berfungsi, segeralah untuk menggantinya. 

8. Air Radiator

Radiator yang berperan menjaga suhu mobil tetap stabil harus diperhatikan. Pastikan volume air dalam tangki radiator mencapai batas maksimal untuk memastikan efisiensi pendinginan yang optimal.

Selain itu, penting juga untuk memeriksa adanya tanda-tanda kebocoran di saluran air radiator untuk mencegah kerusakan yang lebih besar. Sebab, kebocoran dapat menyebabkan masalah serius yang mengakibatkan overheating.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini