Sukses

Kurma Jadi Makanan Paling Laku Terjual Selama Ramadan di Kashmir

Saat komunitas Muslim di seluruh dunia merayakan bulan suci Ramadhan, makanan favorit untuk berbuka puasa tetaplah kurma.

Liputan6.com, Kashmir - Saat komunitas Muslim di seluruh dunia merayakan bulan suci Ramadan, makanan favorit untuk berbuka puasa tetaplah kurma.

Pasar di seluruh Kashmir menyebut bisnis ini menghasilkan lebih dari US$ 12 juta selama bulan Ramadan saja.

Ini juga menjadi salah satu makanan yang paling banyak terjual selama bulan ini, dikutip dari laman wionews, Kamis (21/3/2024).

Meskipun permintaan kurma selama bulan Ramadhan di seluruh Lembah Kashmir sangat besar, kali ini para pedagang telah membawa lebih dari selusin jenis kurma.

Orang-orang memadati pasar khusus untuk membeli kurma dan beberapa pedagang sudah kehabisan stok.

Penjualan kurma mengaku mendapatkan lebih dari US$ 360 ribu per hari selama bulan Ramadan, para penjual juga yakin bahwa tahun ini bisnis kurma akan memecahkan semua rekor pasar sebelumnya.

"Ramadan adalah bulan yang penuh berkah bagi kami. Kurma sangat bertakwa bagi kita sebagaimana nabi kita dulu memilikinya. Bulan ini orang membeli banyak kurma. Kita semua berbuka puasa di bulan Ramadan dengan kurma. Kami telah menjual begitu banyak di bulan Ramadan ini sehingga persediaan kami habis. Kami memiliki berbagai macam kurma di pasaran. Musim Ramadan kali ini sangat menyenangkan," kata Irfan Ahmad, seorang pedagang kurma.

Di bulan suci ini, ada berbagai makanan yang penjualannya naik drastis, termasuk kurma.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jenis Kurma yang Dijual

Berbagai jenis kurma yang dijual di sini didatangkan dari berbagai negara untuk menyambut Ramadan. Jenis Ajwa, Mabroom, Kalmi, Sudayi, Sukhri, Amber dan Merjol adalah tipe yang banyak dijual di pasaran.

"Di bulan Ramadan, kami menghadirkan berbagai jenis kurma. Masyarakat membeli kurma dalam jumlah besar selama bulan Ramadan. Kalmi, Medjoul dan Amber dan Ajwa tersedia bersama kami. Kami berbuka puasa dengan kurma. Sekitar 90 persen orang berbuka puasa di bulan Ramadan dengan kurma. Kami mendapat banyak pelanggan dari seluruh Lembah dan tahun ini kami memiliki pasar yang besar," kata Sajad Ahmad, seorang pedagang kurma.

 

3 dari 3 halaman

Makanan Selama Bulan Ramadan

Beberapa makanan lain juga dibuat khusus untuk berbuka puasa, saat berbuka puasa. Phirni, Halwa, puding buah, dan Sewaiyan dijual di setiap area lembah. Namun kurma tetap menjadi suatu keharusan di setiap rumah tangga.

"Ini adalah bulan Ramadan yang penuh berkah. Permintaan kurma di pasaran sangat besar dan kali ini kurma terjual dengan sangat baik. Kami memiliki begitu banyak jenis kurma yang tersedia di pasaran. Kami mendapatkan tanggal dari Yordania. Orang-orang membeli dalam jumlah besar dan sekarang mereka menginginkan jenis yang berbeda karena manfaatnya. Mabroom, Kalmi, dan Medjoul adalah favorit di kalangan warga Kashmir," kata Mehraj Uddin, seorang pedagang kurma.

Kurma dikatakan memiliki banyak manfaat kesehatan bagi orang yang berpuasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.