Sukses

10 Tradisi Ramadhan di Turki, dari Roti Khas Hingga Pertunjukkan Wayang Kulit

Setiap bulan Ramadhan, warga Turki juga memiliki hidangan khas sendiri untuk berbuka puasa, yang terdiri dari kurma, zaitun, sup, dan roti pide.

Liputan6.com, Turki - Seperti banyak negara mayoritas Muslim lainnya, bulan Ramadhan di Turki merupakan waktu yang penting dan juga istimewa. Selama 30 hari, banyak umat Muslim akan menjalani puasa dari fajar hingga matahari terbenam. Ini merupakan waktu sakral bagi umat Muslim, dan puasa juga dianggap sebagai semacam pembaruan spiritual.

Bulan suci Ramadhan juga merupakan salah satu waktu yang paling indah sepanjang tahun untuk berada di Turki. Berikut beberapa fakta tradisi Ramadhan di Turki yang selalu dilaksanakan tiap tahunnya, dirangkum dari Daily Sabah, Jumat (23/3/2024):

1. Menembakkan meriam saat berbuka puasa

Di beberapa tempat di Turki, meriam biasanya ditembakkan untuk menandai waktu berbuka puasa. Di Istanbul misalnya, sebuah meriam mungkin ditembakkan di Sultanahmet dalam sebuah upacara tradisional. Suara ledakan tersebut mungkin cukup mengejutkan bagi mereka yang tidak mengenal tradisi, jadi diingatkan bahwa suara ledakan besar akan terdengar menjelang matahari terbenam.

2. Bedug saat sahur

Tradisi lain di berbagai kota bahkan desa di Turki melibatkan pemukul bedug Ramadan, yang dikenal dengan nama "sahur davulcuları." Para pemukul bedug ini menjelajahi jalanan sebelum fajar, memainkan bedug untuk membangunkan orang-orang agar siap untuk sahur.

Tradisi ini mungkin mengejutkan bagi mereka yang tidak terbiasa dengan tradisi tersebut, terutama menjelang akhir bulan puasa ketika mereka mungkin akan mengunjungi rumah-rumah untuk mendapatkan imbalan atas layanan mereka, yang juga merupakan bagian dari kebiasaan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berbagai Makanan yang Disaji saat Iftar

3. Roti khusus bulan suci

Selama bulan suci Ramadhan, roti datar khusus yang disebut "Ramazan pidesi" disiapkan oleh semua toko roti. Sebagai favorit bagi kebanyakan orang Turki, pada sore hari, ketika roti bulat besar itu mengembang baru keluar dari oven, antrean mungkin terbentuk di depan toko roti. Roti pide ini menjadi bagian yang mungkin wajib dari setiap hidangan selama Ramadhan.

4. Hidangan istimewa

Selama Ramadhan, ada beberapa hidangan tradisional Turki lainnya yang menjadi fokus utama. Hidangan berbuka puasa sering kali terdiri dari kurma, zaitun, sup, dan roti pide yang disajikan dengan hidangan seperti sayuran maupun daging berkuah. Makanan manis tradisional seperti baklava dan güllaç juga diminati. Di supermarket, banyak tersedia kotak Ramadhan yang berisi bahan utama atau rempah-rempah khusus untuk banyak hidangan khas.

5. Acara berbuka puasa bersama

Berbagai pihak seperti pemerintah daerah, organisasi, bisnis, bahkan warga Turki sendiri, sering mengadakan acara berbuka puasa bersama yang mewah. Acara ini biasanya diadakan di lapangan atau taman publik untuk merasakan kebersamaan.

 

3 dari 4 halaman

Hiburan di Bulan Ramadhan

6. Lampu Sultanahment

Kawasan bersejarah Sultanahmet di Istanbul biasanya dihiasi dengan lampu Ramadhan khusus selama bulan itu. Kawasan sekitar Blue Mosque dan Hagia Sophia Grand Mosque juga dipercantik dengan ornamen-ornamen yang indah. 

7. Perayaan budaya di malam hari

Di berbagai kota, terutama Istanbul, malam menjadi hidup selama Ramadan dengan berbagai macam acara. Ruang publik, masjid, dan pasar sering kali dipercantik dengan pencahayaan yang indah, dan mungkin diselenggarakan acara budaya dan keagamaan sepanjang bulan tersebut.

8. Pertunjukkan wayang kulit

Wayang atau boneka dari kulit yang disebut "Hacivat dan Karagöz" di Turki biasanya dipertunjukkan di halaman istana dan menjadi bagian dari acara yang diadakan selama Ramadan di Kekaisaran Utsmaniyah. Meskipun praktik ini telah berkurang pada tahun-tahun sebelumnya, selama bulan ini dapat dihidupkan kembali dalam acara Ramadhan khusus yang ditunjukkan untuk anak-anak.

9. Serial TV dan program khusus

Saluran televisi di Turki juga sering menyesuaikan program mereka selama Ramadhan untuk memasukkan acara keagamaan, drama khusus, dan program budaya yang sejalan dengan semangat warga Turki pada bulan Ramadhan.

4 dari 4 halaman

Aturan Terkait Transportasi

10. Perubahan Transportasi

Selama Ramadhan, Turki memiliki aturan penting terkait transportasi dan lalu lintas, yaitu usahakan untuk menghindari perjalanan saat mendekati waktu berbuka. Di Istanbul, berbuka puasa sekitar 7.15 malam, sedangkan di Ankara sekitar pukul 7 malam. Meskipun satu jam menjelang berbuka akan menjadi waktu yang sangat ramai untuk lalu lintas, begitu berbuka dimulai, sebaliknya akan terjadi dan tiba-tiba jalanan akan sepi.

Layanan transportasi umum ditingkatkan selama bulan Ramadan seperti metro Istanbul yang beroperasi hingga pukul 1 pagi selama bulan Ramadhan. Pengemudi juga sering menjadi gelisah menjelang waktu berbuka, sehingga taksi mungkin tidak ingin mengantar pelanggan menjelang waktu berbuka karena mereka mungkin ingin berbuka puasa dengan keluarga mereka. 

Sebagian besar orang di Turki mematuhi kewajiban agama mereka bulan ini, sehingga mereka akan melaksanakan ibadah puasa di bulan suci ini sebaik mungkin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.