Sukses

Ikut Basketball Champions League Asia, Yudha Saputera Siap Tempur Meski Main di Bulan Ramadhan

BCL Asia akan menggelar babak kualifikasi saat bulan Ramadhan berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta- Basketball Champions League (BCL) Asia kembali digelar tahun ini. Dua klub Indonesia akan ikut serta di ajang antar klub Asia tersebut. Wakil Indonesia adalah Prawira Harum Bandung dan Pelita Jaya Bakrie Jakarta yang merupakan juara dan finalis Indonesian Basketball League (IBL) tahun lalu.

Prawira dan Pelita Jaya harus mengikuti babak kualifikasi BCL Asia terlebih dulu. Babak Kualifikasi berlangsung di Ulaanbaatar, Mongolia pada 3-7 April 2024. Kemudian Indonesia juga akan tuan rumah babak kedua pada 23-26 April 2024.

Kualifikasi BCL Asia ini akan berlangsung di bulan Ramadhan 2024. Point guard Prawira Yudha Saputera sudah siap tempur dan tak masalah harus tetap bertanding di bulan Ramadhan. Yudha mengaku punya cara menghadapi pertandingan sengit meski harus berpuasa.

"Ini bukan yang pertama ada di TC atau event basket pas bulan Ramadhan. Tahun lalu saya TC timnas di Australia satu bulan full bahkan harus Lebaran disana. Kalau saya pribadi caranya tinggal harus benar-benar pakai waktu istriahat dengan baik. Itu ngaruh banget. Pas latihan timnas itu pagi-sore sebelum buka. Agak berat tadi kalau sudah biasa sudah aman. Saya tetap menjalankan ibadah puasa," ujar Yudha akhir pekan kemarin di Jakarta.

Di BCL Asia, Prawira akan tergabung di Grup A. Tim besutan David Singleton itu harus bertarung dengan dengan NS Matrix Deers (Malaysia), Hongkong Eastern Basketball Team (Hongkong), dan runner up dari kompetisi Mongolia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Format BCL Asia

Adapun Pelita Jaya masuk Grup B. Disana mereka harus saling sikut dengan Hi-Tech Basketball Club (Thailand), Adroit Club (Singapura), dan juara dari kompetisi Mongolia.

Setiap tim akan berlaga tiga kali di babak grup. Masing-masing juara grup akan lolos ke babak kedua di Jakarta. Sedangkan tim runner-up dan peringkat ketiga harus bertemu secara silang untuk mengamankan tiket ke babak kedua.

3 dari 3 halaman

Peserta BCL Asia

Setelah melalui babak kedua itu, dua tim terbaik akan melanjutkan perjalanan ke babak utama. Mereka mewakili Asia Timur dan Asia Tenggara. Dan dua tim terbaik kualifikasi lainnya dari Asia Barat.

Untuk babak utama diselenggarakan pada Juni 2024. Juara liga dari China, Korea Selatan, Jepang, dan Filipina akan langsung masuk ke babak utama. Total babak utama BCL Asia diikuti delapan tim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini