Sukses

Dr Zaidul Akbar: Selama Puasa Hindari 5 Makanan Ini, Nomor 5 Paling Susah

Praktisi kesehatan herbal dr Zaidul Akbar menyarankan hindari 5 makanan berikut saat puasa, namun ada yang masyarakat Indonesia susaqh meninggalkannya.

Liputan6.com, Jakarta - Pendakwah yang juga praktisi herbal dr Zaidul Akbar menyarankan selama bulan Ramadhan kali ini agar menghindari lima jenis makanan berikut ini.

Tujan dari menghindari makanan ini ialah, agar tubuh tetap sehat dan bersemangat saat menjalani puasa.

Dalam sebuah tayangan TikTok yang diunggah dalam akun @Estimewa Uwais, Zaidul secara tegas ada lima yang harus dihindari, namun nomor 5 sepertinya sangat susah di hindari oleh masyarakat Indonesia. Kok bisa?

Sebenarnya apa saja yang perlu dihindari saat bulan Ramadhan? Berikut penjelasan dr Zaidul Akbar.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Makanan yang Harus Dihindari Selama Ramadhan

1. Segala Makanan yang Berbasis dari Tepung

"Yang pertama, makanan yang berbasis dari tepung seperti roti, kue-kue, dan makanan olahan lainnya, sebaiknya dihindari selama bulan puasa," katanya.

2. Makanan yang Mengandung Susu

"Hnya Ramadhan saja, ini bulan menyenangkan badanb," ujarnya.

Makanan yang mengandung susu seperti es krim, keju, dan yogurt sebaiknya juga dihindari selama bulan puasa.

3. Makanan yang Memakai Minyak GorengPakar herbal ini menyarankan agar mengurangi konsumsi makanan yang mengandung minyak berlebihan selama bulan puasa.

4. Makanan yang Banyak Mengandung Gula

Makanan yang banyak mengandung gula sebaiknya dihindari saat puasa Ramadhan. Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula bisa membuat tubuh menjadi tidak sehat.

5. Kurangi Nasi Putih

Menurut dr Zaidul Akbar, orang yang berpuasa sebaiknya mengurangi konsumsi nasi putih.

3 dari 3 halaman

Untuk Minumnya, Pakai Rendaman Kurma

Dengan mengurangi beberapa makanan tersebut, dr Zaidul memastikan tubur bisa tetap sehat dan bersemangat selama puasa ramadan.

"Kurangi konsumsi nasi putih. InsyaAllah anda tidak akan mati. Tenang aja," ucap dr Zaidul Akbar.

Sepertinya sesuai kebiasaan masyarakat Indonesia, menghindari yang nomor lima di atas akan sulit, bagaimanapun makanan pokok orang Indonesia adalah nasi.

"Lantas yang dimakan apa kalau begini? Sebagian sudah saya share, kita judulnya butuh protein, tak harus protein hewani, bisa pakai protein nabati, kacang-kacangan. Pakai kacang almond, tujuh butir setelah kurma, sebenarnya sudah kenyang, kalau mau lagi bisa pakai lacang tujuh butir," kata Zaidul.

Minumnya menurut Zaidul, yang bagus adaah minuman rendaman kurma. engan konsumsi itu akan terhidrasi semua. Sebaiknya diganti teh manis dengan rendaman kurma.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.