Sukses

Top 3 Islami: ST Nyell Ini Dilarang Ikut Rutinan Gus Iqdam Setahun, Kenapa?

Kali ini ternyata ada ST Nyell yang dilarang ikut rutinan Gus Iqdam selama setahun penuh. Apakah karena dia berbuat salah? Simak di Top 3 Islami

Liputan6.com, Jakarta - Pendakwah Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam banyak menginspirasi kalangan muda. Tak hanya itu, pengajian-pengajiannya juga banyak digemari oleh usia di atasnya, terutama para wanita.

Gus Iqdam punya julukan unik untuk jemaahnya. Ada garangan, ada pula garanganwati. Jauh hari sebelum itu, para jemaah juga menyebut dirinya dengan ST Nyell.

Nah, kali ini ternyata ada ST Nyell yang dilarang ikut rutinan Gus Iqdam selama setahun penuh. Apakah karena dia berbuat salah?

Agar tak salah paham, simak kisahnya dalam artikel berjudul 'ST Nyell Ini Dilarang ke Majelisan Gus Iqdam Selama Setahun, Ada Apa?' yang menjadi artikel terpupuler di kanal Islami Liputan6.com, Rabu (6/3/2024).

Artikel kedua terpopuler yaitu adab bertamu, terutama ketika disuguhi makanan dan minuman. Sementara, artikel ketiga yaitu 30 kita-kata akhir zaman.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. ST Nyell Ini Dilarang ke Majelisan Gus Iqdam Selama Setahun, Ada Apa?

Salah satu jemaah Majelis Ta'lim Sabilu Taubah atau biasa disebut dengan sebutan 'garangan' dilarang datang kembali ke majelisan, atau pun ke pondok Gus Iqdam. Tak main-main larangan itu berlaku satu tahun lamanya.

Bercandakah Gus Iqdam? Ternyata tidak. Itu serius.

Hal ini diungkapkan Gus Iqdam saat menggelar rutinan di Markas ST Pusat Blitar, dan disaksikan ribuan jemaah yang hadir.

Bukti dari larangan keras Gus Iqdam kepada garangan ini seperti yang diunggah di platform TikTok dengan akun @Gus Iqdam Lovers, pada bulan Juni lalu.

Dalam unggahan tersebut, Gus Iqdam melarang seorang jemaah laki-laki yang menggunakan pakaian warna biru dan berpeci hitam. ST Nyell ini duduk di dekat Gus Iqdam yang sedang memimpin pengajian atau rutinan.

"Nek perlu sampyen ora usah rene meneh mas Jimli," kata Gus Iqdam.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Adab Bertamu, saat Diberi Suguhan Dimakan atau Tidak? Begini Menurut Gus Iqdam

Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam, pendiri Majelsi Ta'lim Sabilu Taubah membeberkan salah satu adab. Adab ini mengenai bagaimana cara bertamu.

Hal ini pasti penting, dan pas buat pegangan saat silaturahmi pada bulan Ramadhan atau pas Lebaran nanti. Wajib diterapkan agar tak memalukan, dan dibilang tidak tahu adab.

Adab adalah istilah dalam bahasa Arab yang mencakup nilai-nilai etika, sopan santun, dan tata krama. Istilah ini memiliki makna yang luas dan mencakup berbagai aspek perilaku yang dianggap baik, sopan, dan sesuai dengan norma-norma kehidupan sosial, terutama dalam konteks Islam.

Adab mencakup tindakan dan sikap yang mencerminkan nilai-nilai moral, kesopanan, dan rasa hormat terhadap orang lain.

Dalam Islam, adab memiliki peran penting dalam membentuk karakter muslim yang baik. Adab mencakup berbagai aspek, seperti adab terhadap Allah, adab terhadap Nabi Muhammad SAW, adab dalam beribadah, adab terhadap orang tua, adab terhadap guru, adab terhadap tetangga, dan adab dalam berinteraksi dengan masyarakat secara umum.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. 30 Kata-Kata Akhir Zaman, Jadi Pengingat dan Bahan Renungan

Akhir zaman menjadi salah satu pertanda datangnya kiamat. Tanda-tanda tersebut sepertinya sudah mulai tampak belakangan ini.

Kelak ketika zaman sudah berakhir, alam semesta beserta isinya akan mengalami kehancuran yang dahsyat. Hari kiamat disebut juga dengan hari pembalasan dan pertanggungjawaban atas semua amal dan perbuatan selama di dunia.

اَلْيَوْمَ تُجْزٰى كُلُّ نَفْسٍۢ بِمَا كَسَبَتْ ۗ لَا ظُلْمَ الْيَوْمَ ۗاِنَّ اللّٰهَ سَرِيْعُ الْحِسَابِ

Artinya: "Pada hari ini setiap jiwa diberi balasan sesuai dengan apa yang telah diusahakannya. Tidak ada yang terzalimi pada hari ini. Sesungguhnya Allah sangat cepat perhitungan-Nya." (QS. Ghafir: 17).

Sebagai pengingat akan pentingnya persiapan diri, berikut ini adalah kumpulan kata akhir zaman sebagai bahan renungan dan pengingat untuk memperbanyak amal kebaikan, dikutip dari laman dream.co.id.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.