Sukses

Sst.. Amalan Awet Muda Alami Tanpa Skincare dari Gus Iqdam, Nomor 3 Paling Mudah!

Liputan6.com, Jakarta - Dai populer Gus Iqdam dalam beberapa kesempatan ceramahnya membagikan beberapa amalan. Munculnya amalan ini biasanya berawal dari curhat para jemaah berkaitan masalah yang dihadapi.

Ada pula yang tidak berawal dari keluh kesah jemaahnya dan sengaja ia bagikan kepada jemaah Majelis Ta'lim Sabilu Taubah disela-sela menyampaikan tausiyahnya ini. Biasanya amalan yang ia berikan berkaitan dengan materi ceramahnya.

Salah satu amalan yang dibagikan ialah berkaitan dengan amalan yang bisa menyebabkan awet muda alami. Bahkan tidak perlu mengeluarkan banyak kocek untuk membeli perawatan wajah semisal skincare.

Amalan kali ini terbilang mudah, hanya diperlukan istiqamah dalam mengamalkannya. Terpenting lagi ialah ikhlas mengamalkannya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Amalan Awet Muda Alami

Ada tiga amalan yang dibagikan Gus Iqdam agar memiliki wajah awet muda. 

1. Tetap Bahagia

Rahasia pertama agar tetap awet muda menurut Gus Iqdam adalah mampu mengendalikan kondisi pikiran dan perasaan. Upayakan jangan terlalu stres ketika menghadapi masalah. Upayakan selalu bahagia. Anggap masalah ini sebagai ujian yang akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

"Orang itu kadang ada yang umurnya masih muda tapi wajahnya sudah kelihatan tua, karena pikirannya keras (stres) hatinya tidak pernah bahagia," terangnya dikutip dari tayangan YouTube Majelis Barokah, Sabtu (10/02/2024).

2. Mengaji

Amalan awet muda yang nomor dua dari Gus Iqdam ialah mengaji. Mengaji dalam hal ini menurut Gus Iqdam ialah rajin membaca Al-Qur'an.

Sebab hikmah dibalik ini, pembaca Al-Qur'an akan diberikan ketenangan batin dan jauh dari stress. Padahal ketenangan batih dan jauh dari stress merupakan salah satu kunci hidup bahagia dan awet muda sebagiamana diutarakan di awal.

"Ternyata resep awet muda yang paling mudah adalah ngaji," katanya.

3. Dekat dengan Kiai

Resep ketiga ini terbilang sangat mudah. Pasalnya selain tidak memerlukan biaya yang mahal, dekat dengan kiai tidak sulit.

Caranya bisa bermacam-macam. Bersialturahmi langsung atau rajin mengikuti pengajian-pengajiannya. Dari sini kita akan memperoleh keberkahan ilmu yang pada intinya dapat memberikan obat hati yang berujung pada ketenangan hati.

"Dekat sama kyai, mudah kan kayak gini, tidak dituntut harus paham juga. Yang penting kamu mendengarkan, dapet berkahnya, syukur-syukur jika paham, masha Allah" jelas Gus Iqdam. 

3 dari 3 halaman

Amalan Awet Muda dari Rasulullah SAW

Mengutip laman Islami Liputan6.com, berikut ini tips-tips awet muda sesuai anjuran Rasulullah SAW:

1. Berwudhu dengan Sempurna

Wudhu merupakan syarat sah sebelum menjalankan sholat. Namun selain itu, berwudhu dengan sempurna juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit wajah, tangan, dan kaki.

2. Jaga Asupan Sehat

Mengatur pola makan sangatlah penting untuk kulit yang awet muda dan menarik. Ada baiknya Anda memilih menu yang sehat seperti buah, sayur, kurma, zaitun, dan roti gandum juga sangat disarankan.

3. Memperbanyak senyum

Memasang wajah yang selalu tersenyum juga bisa menjadi tips awet muda ala Rasulullah SAW. Bahkan dalam hadisnya, beliau SAW bersabda:

" Senyummu untuk saudaramu adalah (berpahala) sedekah bagimu." (HR. Tirmidzi)

4. Konsumsi Minyak Zaitun

Minyak zaitun dipercaya memiliki khasiat yang luar biasa untuk menjaga kelembapan kulit. Rasulullah SAW pun bersabda, “ Minumlah minyak zaitun dan berminyak dengannya karana sesungguhnya ia adalah dari pohon yang diberkati.” (HR. Al-Baihaqi & Ibnu Majah)

5. Biasakan berpikir positif

Pikiran sangat berpengaruh pada tampilan wajah. Pikiran yang negatif bisa membuat wajah tampak tua. Sementara jika kamu selalu berpikir positif, hal ini bisa membuatmu lebih berseri.

6. Rajin puasa

Berpuasa tak hanya memiliki nilai pahala, melainkan juga bagus untuk kesehatan dan kecantikan. Rajin berpuasa sunah maupun wajib bisa membuat tubuh lebih sehat sekaligus awet muda.

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.