Sukses

Tanda-tanda Dia Jodohmu atau Bukan, QS. An-Nur: 26 Menyingkap Semuanya

Di dalam Islam ada beberapa tanda yang dapat menentukan bahwa seseorang adalah jodoh kita. Berikut di antara tanda-tandanya.

Liputan6.com, Jakarta - Jodoh merupakan rahasia ilahi, seperti halnya rezeki dan kematian. Kendati demikian, seseorang dapat mengusahakan jodohnya.

Namun perlu diingat bahwa segala keputusan tetaplah ada pada Allah SWT yang memiliki kuasa tertinggi. Meskipun kita merasa seseorang yang kita pilih adalah terbaik, belum tentu menurut Allah SWT baik.

Sehingga semua ketetapan kembali kepada-Nya. Ketika Allah SWT sudah menentukannya, maka seseorang itu sudah pasti baik untuk kita.

Lantas, bagaimana cara mengetahui bahwa seseorang itu adalah jodoh kita? Hal ini telah dijelaskan dalam firman-Nya:

"Perempuan-perempuan yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk perempuan-perempuan yang keji (pula), sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik untuk perempuan-perempuan yang baik (pula). Mereka itu bersih dari apa yang dituduhkan orang. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki yang mulia (surga)". (QS. An-Nur: 26)

Mengutip dari laman dream.co.id, berikut adalah beberapa tanda bahwa seseorang adalah jodoh kita.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jodoh adalah Cerminan Diri

Kita tntu pernah mendengar bahwa jodoh adalah cerminan diri. Ya, hal tersebut memang benar adanya. 

Melalui surah An-Nur ayat 26 menunjukkan bahwa seseorang dapat memilih jodohnya sendiri, yakni dengan mengubah diri.

Sebab Allah SWT sudah menentukan siapa jodoh kita, kapan meninggal dunia, dan apa saja rezeki kita dalam Lauh Mahfudz.

Meskipun begitu, bukan berarti bisa dengan sesuka hati memilih siapa jodoh kita. Tetapi Allah SWT memberikan jalan untuk memilihnya.

Ketika kita ingin memiliki jodoh yang baik, maka diri pun juga harus menjadi baik. Demikian sebaliknya.

3 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Seseorang Adalah Jodoh Kita

1. Mempunyai Sifat Mirip

Salah satu tanda bahwa seseorang adalah jodoh kita adalah memiliki sifat yang mirip. Sebagaimana yang dijelaskan dalam surahAn-Nur ayat 26.

2. Memberikan Ketenangan Jiwa

Jodoh kita adalah ia yang bisa memberikan ketenangan ketika kita sedang bersamanya. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surah Ar-Rum ayat 21:

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir." (QS. Ar-Rum: 21)

3. Memberikan Rezeki dari yang Baik

Menikah dengan seseorang dan kemudian dikaruniai keturunan adalah bagian dari rezeki yang diberikan Allah SWT. Kehadiran mereka bukan justru mendatangkan kemiskinan, akan tetapi pembuka pintu rezeki. Allah SWT berfirman:

"Allah menjadikan bagi kamu isteri-isteri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari isteri-isteri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezeki dari yang baik-baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah?" (QS. An-Nahl: 72)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.