Sukses

Top 3 Islami: Kata Ulama Indonesia Soal Prediksi Kiamat 1500 H, Ciri-Ciri Imam Mahdi

Salah satu yang cukup populer adalah pendapat bahwa kiamat akan terjadi sebelum tahun 1500 Hijriyah. Sementara, kini kita sudah nyaris memasuki paruh kedua abad terakhir menuju tahun 1500 H

Liputan6.com, Jakarta - Pembahasan kiamat selalu menarik. Para ilmuwan, cendekiawan bahkan ulama terdahulu melakukan ijtihad mengenai kiamat, terutama soal waktu terjadinya kiamat.

Salah satu yang cukup populer adalah pendapat bahwa kiamat akan terjadi sebelum tahun 1500 Hijriyah. Sementara, kini kita sudah nyaris memasuki paruh kedua abad terakhir menuju tahun 1500 H.

Soal ini, ulama-ulama Indonesia buka suara. Di antaranya, ada Buya Yahya, Ustadz Abdul somad (UAS) hingga Ustadz Khalid Basalamah. Artikel tersebut menjadi yang terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Jumat (2/2/2024).

Artikel kedua yang juga menuai perhatian adalah pembahasan mengenai apakah sholat tahajud bisa digabung dengan sholat hajat.

Sementara, artikel ketiga yakni mengenai pandangan Buya Yahya soal kemunculan Imam Mahdi menjelang kiamat dan ciri-ciri Imam Mahdi.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kiamat Diprediksi Terjadi Sebelum 1500 H, Benarkah? Ini Kata 3 Ustadz Terkemuka

Hari kiamat pasti terjadi, namun waktunya masih menjadi rahasia Allah SWT. Bahkan, Rasulullah SAW pun tidak mengetahui secara spesifik waktu terjadinya kiamat.

Meski begitu, ada beberapa ulama yang berijtihad  memprediksi waktu terjadinya kiamat. Salah satu yang terkenal adalah Jalaludin As-Suyuthi.

Dikutip dari konsultasisyariah.com, Imam Suyuthi menulis satu kumpulan riwayat yang berjudul “Al-Kasyaf” yang menyimpulkan bahwa kiamat akan terjadi di awal abad 15 H. (Lawami’ Al-Anwar Al-Bahiyah, 2/66. Dinukil dari Al-Qiyamah Al-Kubro, Dr. Umar Al-Asyqar, hlm. 122).

Prediksi kiamat terjadi awal abad 15 H atau sebelum 1500 H menjadi pertanyaan sebagian besar kalangan muslim. Terlebih banyak ulasan-ulasan di internet yang membicarakan hal ini.

Lantas, benarkah kiamat akan terjadi sebelum 1500 H? Untuk menjawab ini, mari simak jawaban-jawaban tiga ustadz terkemuka yaitu Ustadz Abdul Somad (UAS), Ustadz Khalid Basalamah, dan KH Yahya Zainul Ma’arif (Buya Yahya).

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Bolehkah Sholat Tahajud Digabung Sholat Hajat? Simak Penjelasan Buya Yahya

Ulama kharismatik KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya kerap memberikan kesempatan jemaahnya bertanya seputar persoalan ibadah. Kali ini, Pengasuh LPD Al Bahjah itu mendapat pertanyaan soal sholat tahajud dan hajat.

“Saya pernah mendengar ketika kita melakukan sholat sunnah tahajud tidak boleh disatukan dengan sholat hajat. Apakah benar Buya?” tanya seorang jemaah dikutip dari YouTube Al Bahjah TV, Jumat (2/2/2024).

Buya Yahya menjelaskan, tahajud adalah sholat yang dilakukan setelah tidur di malam hari. Kalau tanpa tidur tapi melakukan sholat malam, maka bukan termasuk tahajud. 

Sholat tahajud sama seperti sholat tahiyatul masjid. Sholat tahiyatul masjid adalah sholat dua rakaat ketika masuk masjid. Tujuannya adalah menghormati masjid.

“Kalau kebetulan pas masuk masjid itu sholat jemaah (sudah) didirikan maka langsung sholat berjemaah. Maka sholat itu punya fungsi tahiyatul masjid, menghormat masjid,” kata Buya.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Buya Yahya soal Imam Mahdi Sebagai Tanda Kiamat, Ciri-Cirinya Berdasar Hadis

Hari akhir atau kiamat pasti akan terjadi, walau tak ada satupun makhluk yang mengetahui kapan waktu pasti peristiwa hancurnya alam semesta itu.

Dalil kepastian terjadinya kiamat bisa diperkuat melalui firman Allah SWT dalam surah Al-Hajj ayat 7.

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ 

Artinya: “Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur.”

Allah SWT memberi petunjuk mengenai tanda-tanda kiamat. Dalam khazanah Islam, ada yang disebut sebagai tanda besar ada pula tanda kecil kiamat.

Ulama kharismatik asal Cirebon, KH Yahya Zainal Maarif atau Buya Yahya mengungkapkan tanda-tanda kiamat kubra, di antaranya kemunculan Ya’juj dan Ma’juj, turunnya Nabi Isa AS, terbitnya matahari dari sebelah barat, hingga keluar api dari kawah Aden. 

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.