Sukses

Top 3 Islami: Mengenal Al Ula Kota Terkutuk yang Dikunjungi BCL, Sosok Dabbah Makhluk Misterius Tanda Kiamat, Curhat Tetangga Gus Iqdam

Sebenarnya apa alasan Rasulullah melarang sahabat memasuki Al Ula, sebuah kota yang dikunjungi BCL dan mana persis titik yang dilarang itu? Artikel ini menjadi yang terpopuler di kanal Islami Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini artis Bunga Citra Lestari (BCL) melawat ke sebuah destinasi wisata di Arab Saudi, Al Ula atau Madain Saleh, di sela ibadah umrah-nya.

BCL kemudian dirundung kritik dari warganet lantaran pada masa lalu Rasulullah SAW pernah melarang sahabatnya singgah dan bahkan hanya melewati kota terkutuk ini. Soal ini, BCL sontak mengklarifikasinya.

Terlepas dari itu, sebenarnya apa alasan Rasulullah melarang sahabat memasuki Madain Saleh? Di mana persis titik yang dilarang itu?

Artikel ini menjadi yang terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Rabu (10/1/2024). Rupanya banyak pembaca yang penasaran dengan Kota Al Ula.

Artikel kedua yang juga populer adalah tentang sosok Dabbah, makhluk misterius yang digambarkan sebagai hewan melata yang akan muncul sebagai tanda kiamat.

Sementara, artikel ketiga yakni mengenai curhat tetangga Gus Iqdam yang 7 tahun berkeluarga belum punya momongan. Gus Iqdam lantas memberinya amalan. 

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Alasan Rasulullah SAW Larang Memasuki Al Ula, Kota Terkutuk yang Dikunjungi BCL

Al Ula merupakan kota yang terletak di Provinsi Al-Ula, Arab Saudi. Berjarak sekitar 400 km dari utara Madinah, kota ini pada zaman dahulu menjadi ibu kota Lihyanites, kerajaan kuno di Arab pada abad-7.

Kota kuno ini juga disebut Hegra atau Al-Hijr yang dipenuhi dengan gunung-gunung besar dan ukiran konstruksi luar biasa indah yang tidak tersentuh selama berabad-abad. Kini UNESCO mengakuinya sebagai salah satu warisan tertua.

Al Ula dikenal sebagai kota terkutuk juga berhantu. Dalam khazanah Islam, Al Ula dikenal dengan nama Madain Saleh yang merupakan rumah bagi bangsa Tsamud, kaum Nabi Saleh AS.

Kaum Tsamud terkenal akan kesaktian dan keterampilan dalam membuat ukiran gunung dan konstruksi. Hasil karya mereka masih dapat kita lihat sampai sekarang. 

Mengutip laman theislamicinformation.com, daerah yang sekarang dikenal Al Ula dulunya sangatlah subur dan hijau. Namun, kekayaan alam yang berlimpah membuat orang-orang kaya di kalangan kaum Tsamud menjadi sombong dan kejam serta gemar menyiksa dan membunuh orang-orang miskin.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Menguak Sosok Misterius Dabbah, Hewan Pembawa Pesan Kiamat

Kiamat merupakan misteri yang hanya diketahui oleh sangat Ilahi. Pada saat terjadinya kiamat bumi beserta isinya akan musnah seketika. 

"Semua yang ada di bumi itu akan binasa, tetapi wajah Tuhanmu yang memiliki kebesaran dan kemuliaan tetap kekal." (QS. Ar-Rahman: 26-27) 

Bukan saja agama yang membicarakannya, bahkan kajian para ilmuan juga menyebutkan tentang kehancuran alam semesta pada hari akhir tersebut.

Dalam ajaran Islam, para Nabi dan Rasul diutus untuk menyampaikan kabar tentang hari kiamat. Allah SWT pun sudah menjelaskan akan tanda-tanda datangnya hari kehancuran itu. 

Salah satu pertandanya adalah munculnya binatang aneh melata dari dalam perut bumi dan mampu berbicara. Binatang ini akan memberikan tanda pada wajah manusia, sebagai menjadi pembeda antara orang beriman dan tidak.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Tetangga Gus Iqdam 7 Tahun Belum Punya Momongan, Auto Dikasih Ijazah Amalan Bacaannya Lucu

Keturunan adalah sesuatu yang selalu diharapkan oleh pasangan suami istri. Pasutri yang belum mendapat keturunan rela mendatangi kiai atau tokoh tertenu, agar mendapatkan barokah dan segera dipercaya untuk mendapat momongan.

Salah satunya adalah Ibu Nikmmatul Nimah yang ternyata masih tetangga Gus Iqdam asal Srengat, Blitar, di mana Markas Majelis Ta'lim Sabilu Taubah (ST Pusat), berada.

Uniknya, mereka justru bertemu sewaktu Gus Iqdam pengajian di Ponorogo.

Kisah perempuan memburu barokah dari Gus Iqdam ini muncul bersliweran di media sosial, salah satunya di TikTok akun @DidikDetsa, yang dikutip selasa (09/01/2024).

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.