Sukses

Top 3 Islami: Penyebab Keringnya Danau Thabariyah yang Disebut Nabi Tanda Kiamat, Kekecewaan Gus Iqdam

Artikel mengenai penyebab mengeringnya Danau Thabariyah ini menjadi topik terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Minggu (24/12/2023)

Liputan6.com, Jakarta - Danau Thabariyah disebut akan mengering menjelang kiamat. Penyebab mengeringnya danau di utara Palestina yang kini dikuasai Israel itu disebabkan oleh Ya'juj dan Ma'juj.

Diriwayatkan dalam hadis, danau yang juga disebut dengan nama Danau Tiberias itu airnya akan habis diminum oleh balatentara Ya'juj Ma'juj. Alhasil air danau itu habis.

Di sisi lain, setidaknya dalam jangka 10 tahun terakhir ini air Danau Thabariyah juga menyusut drastis dan terancam kering. Penyebabnya mulai dari perubahan iklim hingga eksploitasi berlebih,.

Artikel mengenai penyebab mengeringnya Danau Thabariyah ini menjadi topik terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Minggu (24/12/2023).

Artikel lain yang juga menyita perhatian adalah kekecewaan Gus Iqdam saat mengisi pengajian di Tulungagung.

Sementara, artikel ketiga yaitu tentang jadwal pengajian Gus Iqdam pada Januari 2024. Isunya, ada jadwal pengajian di tempat Inul Daratista dan Ivan Gunawan.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Biang Kerok Mengeringnya Danau Thabariyah Israel yang Disebut dalam Hadis Sebagai Tanda Kiamat

Danau Thabariyah atau Danau Tiberias berada di utara Palestina. Semula, danau ini merupakan wilayah Palestina, namun kini diklaim dan dikuasai Israel.

Danau Thabariyah cukup populer dalam khazanah agama-agama samawi, meliputi Islam, Nasrani dan Yahudi.

Dalam agama-agama inidanau Thabariyah kerap dibicarakan.

Di luar isu politik perebutan dan penguasaan wilayah, Danau Thabariyah juga disebut dalam hadis sebagai salah satu tanda kiamat.

Rasulullah SAW bersabda, salah satu tanda kiamat adalah mengeringnya danau Thabariyah. Lantas, apa penyebab danau ini mengering?

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Diam-diam Gus Iqdam Kecewa saat Pengajian di Tulungagung, Kenapa?

Jarang sekali dai muda asal Blitar, pengasuh Majelis Ta'lim Sabilu Taubah, Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam mengutarakan kekecewaannya setelah pengajian.

Yang ada biasanya dia bercerita tentang hal-hal lucu dan unik yang ia temui.

Namun kali ini Gus Iqdam berkisah tentang rasa kecewanya saat pengajian di Tulungagung. Bukan tanpa alasan suami Ning Nila ini kecewa.

Seharusnya, dalam sebuah perhelatan pengajian atau acara apapun yang menghadirkan banyak orang, panitia menyiapkan tempat yang nyaman baik bagi sang dai, maupun jemaahnya.

Lantas, apa yang terjadi di Tulungagung? Simak kisahnya.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Januari Gus Iqdam Ngaji di Tempat Inul Daratista dan Ivan Gunawan? Cek di Sini

Pada penghujung tahun 2024, banyak para garangan penasaran akankah dai kondang asal Blitar Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam akan ngaji di tempat Inul Daratista, dan Ivan Gunawan.

Beberapa waktu lalu, Gus Iqdam pernah mengatakan bahwa tahun 2004, dirinya akan mulai banyak membagi waktunya untuk menghadiri undangan pengajian di luar kota dan luar Jawa.

Hal ini diungkapkan Gus Iqdam saat pengajian rutinan Senin (11/12/2023) malam di Markas Majelis Ta'lim Sabilu Taubah (ST) Karanggayam Srengat Blitar.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.