Sukses

Jarang Diungkap, Sisi Lain Ning Nila Istri Gus Iqdam yang Ternyata Punya Usaha Kuliner Soto Khas Jawa Timur

Ternyata Ning Nila, istri Gus Iqdam memiliki usaha kuliner Soto Ayam khas Jawa Timur. Lokasinya cek di sini

Liputan6.com, Kediri - Tidak banyak yang mengetahui sisi lain Ning Nila, istri pengasuh Majelis Ta'lim Sabilu taubah, Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam ini.

Di tengah-tengah kesibukannya sebagai ibu rumah tangga dan sekaligus sebagai pendamping Gus Iqdam dalam berdakwah, ternyata dirinya masih menyempatkan waktunya untuk membuka usaha kuliner, yakni warung soto ayam khas Jawa Timur.

Pemilik nama lengkap Nilatin Nihayah ini membuka usahanya yang tidak jauh dari tempat tinggal orang tuanya. Letaknya pun bersebelahan dengan Pondok Pesantren Lirboyo.

Mulanya, lokasi warung soto khas Jawa Timur ini ada di dalam pondok induk. Namun karena pertimbangan beberapa hal akhirnya istri Gus Iqdam ini memilih lokasi di pinggir jalan yang tidak jauh dari pondok milik orang tuanya ini.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lokasi Warung Soto Ayam Ning Nila

Lokasinya terbilang strategis dan mudah sekali untuk menemukannya. Selain letaknya di pinggir jalan, di depan warung sotonya terpampang jelas banner bertuliskan ‘Soto Ayam Sabilu Taubah’.

Bagi yang belum mengetahui alamatnya lokasi warung soto Ning Nila ini terletak di Jalan KH Abdul Karim Lirboyo.

Jika Anda sedang berjalan-jalan di wilayah pondok pesantren Lirboyo milik orang tua Ning Nila ini maka warung Soto ini letaknya bersebelahan dengan pondok tersebut.

Banyak menu yang ditawarkan di warung Ning Nila ini selain soto ayam. Ada menu lain seperti nasi pecel, Demikian halnya dengan minumannya, ada es degan, es teh dan lain sebagainya.

3 dari 3 halaman

Alasan Gunakan Nama Sabilu Taubah

Ada yang unik dari nama warung Ning Nila ini yakni menyematkan nama majelis yang didirikan oleh suaminya yakni Sabilu Taubah.

Hal ini tentunya tidak sekadar asal saja menyematkan nama majelis Gus Iqdam ini. Ada hal penting dibalik penggunaan nama majelis yang populer di kalangan para garangan untuk usaha kulinernya ini.

Salah seorang penjaga warung Ning Nila yang bernama Zaki mengatakan alasan penamaan warung ini dengan Sabilu Taubah. Menurutnya, ini penting sebab dalam hal apapun termasuk membuka usaha ingin memperoleh dekengane pusat, yakni dukungan dari Sang Pencipta, yakni Allah SWT.

 “Namanya siapa mas?” tanya seseorang dalam tayangan YouTube Serba Serbi Chanel, dikutip Senin (11/12/2023)

“Zaki,” jawabnya.

“Mas sampeyan tahu tidak kenapa dinamakan soto Sabilu Taubah,” tanyanya lagi.

“Dekengane Pusat,” jawabnya singkat.

“Ini pemililknya siapa mas?”

“Ning Nila, istrinya Gus Iqdam,” jawabnya.

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.