Sukses

Jangan Sampai Ketinggalan, Ini 12 Amalan Sunnah Sebelum Mendirikan Sholat Jumat

Sholat jumat merupakan salah satu keutamaan yang dimiliki oleh hari jumat. Ada banyak amalan sunnah sebelum melaksanakan sholat jumat yang dapat menambah pahala bagi orang yang menjalankannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah menjadi kewajiban bagi umat muslim khususnya kaum pria untuk menunaikan sholat jumat. Setelah melaksanakan ibadah ini maka gugurlah kewajiban sholat dzuhurnya dan begitu pun sebaliknya untuk muslim yang meninggalkan sholat jumat dengan alasan yang kuat.

"Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sholat jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli." (QS. Al-Jumuah: 9)

Dalam ajaran agama Islam, hari jumat diyakini sebagai hari istimewa yang memiliki banyak kemuliaan dan keutamaan tersendiri. Rasulullah SAW pun amat memuliakan hari jumat

Amalan wajib yang harus dilakukan saat hari jumat adalah sholat jumat bagi kaum adam. Sholat jumat adalah salah satu keutamaan yang dimiliki oleh hari jumat. 

Tentunya ada banyak amalan sunnah yang apabila dikerjakan akan menambah pahala bagi orang yang menjalankannya. Mengutip dari laman dream.co.id, berikut12 amalan sunnah sebelum mendirikan sholat jumat.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Amalan Sunnah Sebelum Sholat Jumat

1. Mandi Besar

Amalan sunnah sebelum mendirikan sholat jumat yang pertama adalah mandi. Meskipun sunnah, ternyata ada juga yang berpendapat bahwa mandi di hari jumat hukumnya wajib seperti hadis yang diriwayatkan oleh Abu Said Al Khudri. Dalam hadis tersebut, Rasulullah SAW bersabda, “Mandi pada hari jumat adalah wajib bagi setiap orang yang baligh.” (HR Bukhari dan Muslim).

Nah, dari hadis tersebut diketahui bahwa mandi wajib dilakukan bagi setiap muslim pria yang telah baligh, namun tidak wajib bagi muslim perempuan, anak-anak, orang sakit, dan musafir. Mandi ini dilakukan sebelum mendirikan sholat jumat.

Mandi yang dilakukan sebelum sholat jumat ini adalah serupa dengan mandi besar. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadis, “Barangsiapa mandi jumat, seperti mandi jinabat.” (HR Bukhari dan Muslim).

2. Menggosok Gigi

Selain mandi besar, hal yang juga menjadi amalan sunnah sebelum mendirikan sholat jumat adalah menggosok gigi. Hal ini sesuai dengan sebuah hadis Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Abu Said Al Khudri.

Rasulullah SAW bersabda, “Mandi hari jumat diperintahkan bagi setiap yang sudah bermimpi (akil baligh), bersiwak dan menggunakan minyak wangi jika dia memilikinya.” (HR Muslim).

Bersiwak atau menggosok gigi merupakan membersihkan gigi dengan menggunakan batang kayu siwak yang di antara hikmahnya adalah untuk membersihkan dan menghilangkan bau mulut.

Jika kamu tidak memiliki kayu siwak untuk bersiwak, maka sebagai gantinya adalah dengan menggunakan sikat gigi dengan pasta gigi. Sebab inti dari ajaran siwak ini adalah membersihkan gigi dan menghilangkan bau mulut.

3. Memotong Kuku dan Kumis

Amalan sunnah sebelum mendirikan sholat jumat selanjutnya adalah memotong kuku dan kumis. Amalan yang satu ni juga sesuai dengan hadis Nabi SAW.

“Adalah Rasulullah SAW memotong kuku dan mencukur kumis pada hari jumat sebelum beliau pergi sholat jumat.” (HR Al Baihaqi dan At Tabrani).

4. Memakai Pakaian Putih

Sebagian ulama berpendapat pakaian yang terbaik untuk digunakan sholat jumat adalah pakaian putih bersih. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi SAW berikut:

“Kenakan pakaian-pakaian putih, karena pakaian putih adalah sebaik-baik pakaian kalian. Dan kafanilah dengan kain putih orang yang mati di antara kalian.” (Hadis Shahih diriwayatkan oleh Abu Dawud no 3878, Tirmidzi no. 994, Nasai VII/205, Ibnu Majah no 1472 dan Ahmad I/247).

Namun jika tidak memiliki pakaian putih, maka boleh menggunakan pakaian apapun asalkan bersih dan rapi.

3 dari 4 halaman

Amalan Sunnah Sebelum Sholat Jumat

5. Memakai Wewangian

Memakai wewangian adalah amalan sunnah sebelum mendirikan sholat jumat. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi SAW seperti berikut ini.

“Siapa yang mandi pada hari jumat dan memakai pakaian terbaik yang dimiliki, memakai wewangian jika ada, kemudian pergi sholat jumat……” (HR Ibnu Hibban dan Al-Hakim).

Selain hadis di atas, juga masih ada hadis tentang amalan sunnah menggunakan wewangian ketika hendak pergi sholat jumat.

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa mandi pada hari jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang lalu sholat sesuai yang ditentukan baginya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai jumat ini sampai jumat berikutnya.” (HR Bukhari dan Muslim).

6. Segera Menuju ke Masjid

Setelah berbenah dengan pakaian rapi dan menggunakan minyak wangi, selanjutnya berangkatlah segera ke masjid dengan membaca doa saat keluar rumah. Berangkatlah ke masjid dengan berjalan kaki pelan-pelan dan tidak banyak bicara.

Anas bin Malik berkata, “Kami berpagi-pagi menuju sholat jumat dan tidur siang setelah sholat jumat.” (HR Bukhari).

Sementara itu, Al Hafidz Ibnu Hajar berkata, “Makna hadis ini yaitu para sahabat memulai sholat jumat pada awal waktu sebelum mereka tidur siang, berbeda dengan kebiasaan mereka pada sholat dzuhur ketika panas, sesungguhnya para sahabat tidur terlebih dahulu kemudian sholat ketika matahari telah rendah panasnya.”

7. Melangkah Masuk Masjid dengan Kaki Kanan

Ketika hendak masuk masjid, sebaiknya langkahkan kaki kanan terlebih dahulu daripada yang yang kiri sambil membaca doa masuk masjid.

8. Mendirikan Sholat Tahiyyatul Masjid

Ketika sudah berada di dalam masjid, sebelum duduk, hendaklah mendirikan sholat sunnah tahiyyatul masjid. Seperti hadis Nabi SAW, Rasulullah SAW bersabda “Apabila seseorang masuk masjid maka hendaklah dia mengerjakan sholat dua rokaat sebelum ia duduk.” (HR Abu Dawud dari Abu Qatadah).

4 dari 4 halaman

Amalan Sunnah Sebelum Sholat Jumat

9. Memperbanyak Sholawat dan Doa

Perbanyaklah membaca sholawat saat hari jumat, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari jumat, maka perbanyaklah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan disampaikan kepadaku.”

10. I’tikaf Sambil Membaca Al-Quran dan Berdzikir

Sebelum khatib naik ke mimbar, sebaiknya lakukan iktikaf terlebih dahulu dengan membaca Al-Qur'an, berdzikir, membaca sholawat dan berdoa. Jika khatib sudah naik mimbar, maka hentikanlah iktikaf dan segera mendengarkan khutbah jumat.

11. Sholat Sunnah Ba’diyah

Setelah selesai sholat jumat, dirikanlah sholat sunnah ba’diyah jumat baik di masjid maupun di rumah.

Rasulullah SAW bersabda, “Apabila kalian telah selesai mengerjakan sholat jumat, maka sholatlah empat rakaat.”

Selain itu, Amr juga menambahkan dalam riwayat dari Ibnu Idris bahwa Suhail berkata, “Apabila engkau tergesa-gesa karena sesuatu, maka sholatlah dua rakaat di masjid dan dua rakaat apabila engkau pulang.” (HR Muslim dan Tirmidzi).

12. Membaca Surat Al-Kahfi

Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallohu ‘anhu, bahwa Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari jumat maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua jumat.” (HR Hakim dalam Al-Mustadrok).

Itulah beberapa amalan sunnah sebelum mendirikan sholat jumat yang perlu kamu kerjakan sebelum sholat jumat. Dengan berbagai amalan sunnah tersebut, semoga kita bisa mendapat keberkahan melimpah di hari jumat. Aamin ya robbal alamin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.