Sukses

Naudzubillah! Azab Pedih dan Mengerikan Pemakan Riba di Hari Kiamat

Banyak perilaku yang menyebabkan Allah SWT menimpakan azab yang pedih dan mengerikan kepada manusia di hari kiamat.

Liputan6.com, Cilacap - Banyak perilaku yang menyebabkan Allah SWT menimpakan azab yang pedih dan mengerikan kepada manusia di hari kiamat.

Akan tetapi, acapkali manusia lalai akan azab dan siksaan dari Allah SWT ini, sehingga banyak di antara mereka tidak merasa berdosa atas perbuatannya ini.

Salah satu perilaku tercela yang akan mendapatkan azab dan siksaan pedih dan mengerikan dari Allah SWT ini ialah suka memakan riba.

Perbuatan riba ini sangat dilarang Allah SWT, sebab perilaku ini banyak orang-orang yang sengsara dan dirugikan.

Lalu azab apa yang akan diterima bagi pelaku dan orang yang gemar memakan riba?

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kepala di Atas Kaki di Bawah

Azab pedih bagi manusia yang suka memakan riba pada hari kiamat ini sebagaimana yang dikisahkan Rasulullah SAW kepada Mu’adz bin Jabal ketika menceritakan 10 golongan manusia yang akan menerima azab pedih ini.

Ada beberapa golongan yang ditimpa azab yang pedih sekaligus hina kepada mereka yang suka memakan riba.

Rasulullah menjelaskan, mereka di akhirat tampak dalam keadaaan yang sangat hina, sebab penampakan mereka tidak sebagaimana layaknya seorang manusia. Posisi kepala mereka di bawah, sementara kakinya di atas.

وبعضهم منكسون: أرجلهم أعلاهم، ووجوههم يسحبون عليها. وأما المنكسون رؤوسهم ووجوههم، فأكلة الربا،

Artinya: "Ada yang tubuhnya terbalik (kakinya di atas) dan diseret muka mereka. Yang tertelungkup kepalanya di bawah kakinya di atas, adalah kaum pemakan riba.”

3 dari 3 halaman

Larangan Memakan Riba dalam Al-Qur'an dan Hadis

Menukil an-nur.ac.id, dalil-dalil yang terkait dengan perbuatan riba, berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadits. Di antara ayat tentang riba adalah sebagai berikut:

Artinya: ”Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan”. (QS. Ali Imran : 130)

Artinya: ”Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa”. (QS Al-Baqarah : 276) 

Artinya: ”Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman”. (QS Al-Baqarah : 278)

Artinya: ”Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu. Dan jika kamu bertobat (dari pengambilan riba), maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya”. (QS Al-Baqarah : 279)

Artinya: ”Dan sesuatu riba (tambahan) yang kamu berikan agar dia bertambah pada harta manusia, maka riba itu tidak menambah pada sisi Allah. Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridaan Allah, maka (yang berbuat demikian) itulah orang-orang yang melipat gandakan (pahalanya). (QS. Rum : 39)

Dan di antara hadits yang terkait dengan riba adalah :

Dari Jabir RA Rasulullah SAW telah melaknat (mengutuk) orang yang makan riba, wakilnya, penulisnya dan dua saksinya. (HR. Muslim).

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.