Sukses

Sosok Megawati 'Megatron' Berhijab, Punya Amalan Khusus Sepanjang Berlaga di Liga Voli Korsel

Megawati menjadi perempuan Indonesia pertama yang bermain di Liga Voli Korea Selatan. Prestasi pevoli asal Jember, Jawa Timur ini banyak dipuji oleh warganet Indonesia di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Megawati Hangestri Pertiwi menjadi sorotan setelah penampilan gemilangnya di Liga Voli Putri Korea Selatan musim 2023/2024. Megawati menjadi salah satu andalan klub Daejeon CheongKwanJang Red Sparks dan beberapa kali meraih MVP atau Most Valuable Player.

Megawati menjadi perempuan Indonesia pertama yang bermain di Liga Voli Korea Selatan. Prestasi pevoli asal Jember, Jawa Timur ini banyak dipuji oleh warganet Indonesia di media sosial.

Bagi Megawati, berkarier di negara yang mayoritas nonmuslim bukan alasan tetap berpegang teguh terhadap keyakinannya. Ia tetap menutup auratnya dengan hijab. Bahkan, ia mencatat rekor pevoli pertama di Negeri Ginseng yang berhijab.

"Saya senang bisa bermain di Korea sebagai pemain Indonesia pertama," kata Megawati dalam sebuah wawancara dengan JoongAng Ilbo di pusat pelatihan KGC di Daejeon seperti dikutip dari Dream.co.id, Jumat (3/11/2023).

"Saya membawa hijab yang biasa saya pakai untuk pertandingan," ungkap pevoli yang dijuluki Megatron ini.

Penampilan Mega dengan hijabnya banyak dipuji. Selain kalangan muslim, pujian datang dari media di Korea Selatan. Salah satunya adalah Naver.

"Mega adalah seorang Muslim. Dia tidak makan daging babi sama sekali. Yang terpenting, dia pergi ke pertandingan dengan mengenakan hijab. Ia menjadi pemain asing pertama yang bermain di lapangan V League sambil mengenakan hijab. Mega menjadi topik hangat baik di dalam maupun di luar lapangan," tulis Naver dalam artikelnya yang dimuat Sabtu, (28/10/2023.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Karier sang Megatron

Wanita kelahiran 20 September 1944 ini memulai karier volinya sejak umur 14 tahun. Pada 2015 ia pernah memperkuat tim Surabaya Bank Jatim di Livoli Divisi Utama.

Megawati melanjutkan karier volinya bersama Pertamina Fastron tahun 2015-2017. Aksi gemilangnya di lapangan membuat ia masuk skuad timnas voli di Ajang Sea Games 2017. 

Banyak klub voli luar negeri yang menginginkan jasa Megawati, seiring penampilannya yang apik bersama timnas voli Indonesia. Hingga akhirnya ia dipinang klub Thailan Thailand Supreme Chonburi-E.Tech (2021), klub Vietnam Hà Phú Thanh Hóa (2022), dan Daejeon CheongKwanJang Red Sparks (2023).

V League 2023/2024 merupakan musim pertamanya Mega debut di Red Spark. Di klub ini ia menjadi pemain asing bersama Giovanna Milana dari Amerika serikat. 

Gaji Megawati

Megawati menjadi salah satu pemain andalan di Red Spark. Julukan 'megatron' sebagai pevoli kuat dan punya pukulan keras disematkan pada Megawati.

Sebagai pemain yang diperhitungkan, Megawati mendapat gaji fantastis dari Red Spark. Menurut laporan Korea JoongAng Daily, Megawati mendapatkan bayaran sebesar US$100 ribu pada periode 2023/2024. Nominal ini dirupiahkan menjadi Rp1,59 miliar per tahun.

3 dari 3 halaman

Amalan Khusus Sepanjang Pertandingan

Di balik penampilannya yang gemilang, ternyata Megawati sering mengamalkan sholawat sepanjang pertandingan. Ini terungkap dalam unggahan Instagram Story penerjemah Red Sparks @solmangat.

Allahuma sholli ala sayyidina Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad,” kata Megawati, dikutip dari kanal Health Liputan6.com.

“Itu apa?” tanya penerjemahnya yang merupakan orang Korea Selatan.

“Itu kayak minta tolong (kepada Allah). Itu aku baca dari set ketiga sampai set kelima, dari set pertama malahan,” ujarnya sambil tersenyum lebar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.