Sukses

Lirik Bangun Pemuda Pemudi dan 6 Nilai Islami yang Terkandung di dalamnya

Salah satu lagu nasional Indonesia ialah lagu ‘Bangun Pemuda Pemudi’. Lagu ini kerap dinyanyikan saat upacara hari besar nasional, terutama nanti dalam Upacara Hari Sumpah Pemuda 2023.

Liputan6.com,Cilacap - Salah satu lagu nasional Indonesia ialah lagu Bangun Pemuda Pemudi. Lagu ini kerap dinyanyikan saat upacara hari besar nasional, terutama ketika Upacara Hari Sumpah Pemuda 2023.

Pada tahun 2023 ini, Hari Sumpah Pemuda akan menjadi peringatan yang ke-95. Adapun tema pada peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023 adalah "Bersama Majukan Indonesia."

Lagu ini juga masuk dalam susunan Upacara Hari Sumpah Pemuda yang ke 95 yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2023.

Berikut ini adalah lirik lagu Bangun Pemuda Pemudi dan kandungan nilai-nilai Islami dalam lagu tersebut. Simak ulasannya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lirik Lagu Bangun Pemuda Pemudi

Bangun pemudi pemuda Indonesia

Tangan bajumu singsingkan untuk negara

Masa yang akan datang kewajibanmu lah

Menjadi tanggunganmu terhadap nusa

Menjadi tanggunganmu terhadap nusa

 

Sudi tetap berusaha jujur dan ikhlas

Tak usah banyak bicara trus kerja keras

Hati teguh dan lurus pikir tetap jernih

Bertingkah laku halus hai putra negri

Bertingkah laku halus hai putra negri

 

3 dari 3 halaman

Nilai-nilai Islami yang terkandung

Ada 6 nilai-nilai islami yang terkandung dalam lagu Bangun Pemuda Pemudi tersebut. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut.

1. Ikhlas

Ikhlas sendiri bisa didefinisikan sebagai sebuah perbuatan yang sengaja dilakukan sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT dan mengharapkan ridha-Nya serta menghapus segala bentuk keburukan yang ada. Sederhananya, ikhlas adalah suatu sikap untuk merelakan sesuatu yang kita anggap paling baik dengan harapan mendapatkan ridha dari Allah SWT.

2. Jujur

Pengertian jujur dalam Islam berarti menyelaraskan perbuatan dan perkataan. Seorang Muslim diharapkan selalu dapat dipercaya dalam tindakan, ucapan, dan aksi nyata sehari-hari. Jujur dalam Islam juga berkaitan dengan kesesuaian dan kebenaran dari perkataan atau perbuatan.

Dalam bahasa Arab, jujur dapat diterjemahkan sebagai "shiddiq," yang berarti benar dan dapat dipercaya. Arti jujur juga melibatkan lurus hati, ikhlas, dan tidak berbohong atau curang.

3. Teguh Hati 

Teguh hati artinya sifat ketabahan, kesabaran, dan tekad yang sangat kuat dalam memperjuankan keberanaran. Islam sangat menekankan perilaku ini.

4. Lurus Fikir

Lurus merupakan kebalikan dari bengkok. Jadi lurus fikir merupakan sikap lurus dalam berfikir dan tidak condong kepada keburukan. Lurus fikir juga bisa diartikan sebagai sikap fikir yang jernih dar segala macam hal-hal yang negatif dan dilarang oleh agama Islam.

5. Kerja Keras

Kerja keras ialah sikap upaya sungguh-sunguh dan terarah untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Orang dengan kepribadian pekerja keras memiliki tekad kuat untuk meraih tujuan dan kesuksesan dalam segala hal yang dilakukan.

6. Tingkah Laku yang Baik

Tingkah laku yang baik merupakan perilaku yang mengarah pada kebaikan dan mengharapkan ridlo Allah SWT. Dalam Islam disebut sebagai akhlaqul karimah atau akhlak yang baik. 

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.