Sukses

Inilah 11 Pemuda Terbaik Sepanjang Sejarah Islam, Penakluk Konstantinopel hingga India

Kisah pemuda hebat di hari sumpah pemuda.

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal 28 Oktober diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda. Nyaris seabad yang lalu para pemuda Nusantara sepakat mengikrarkan janji untuk menyatukan perbedaan demi mempertahankan kesatuan bangsa. 

Pemuda merupakan salah satu aktor yang memegang peranan penting dalam peradaban dunia, termasuk sejarah Islam. Seperti halnya Kisah Ashabul Kahfi yang begitu menarik dan dikenang oleh pemuda hingga masa kini.

Rasulullah SAW juga turut melibatkan pemuda dalam perjuangannya menyebarkan agama Islam. Banyak kaum muda yang berjasa dan mewarnai sejarah Islam misalnya yang paling dikenal pada zaman Nabi, tentu saja adalah Ali bin Abi Thalib, atau Umar bin Khattab.

Pada masa setelahnya, juga muncul pemuda-pemuda hebat yang tercatat dalam lembar emas sejarah Islam. Berikut adalah 11 pemuda Islam sejak zaman Rasulullah SAW hingga perkembangan Islam masa setelahnya pada abad pertengahan, yang berjasa dan menorehkan karya luar biasa.

Melansir dari laman Islampos.com, sepanjang sejarah, Islam memiliki pemuda-pemuda hebat pada zamannya masing-masing. Berikut ini 11 pemuda Islam terbaik sepanjang sejarah.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Usamah bin Zaid hingga Zaid bin Tsabit

1. Usamah bin Zaid (18 tahun). Memimpin pasukan yang anggotanya adalah para pembesar sahabat seperti Abu Bakar dan Umar untuk menghadapi pasukan terbesar dan terkuat di masa itu.

2. Sa’d bin Abi Waqqash (17 tahun). Yang pertama kali melontarkan anak panah di jalan Allah. Termasuk dari enam orang ahlus syuro.

3. Al Arqam bin Abil Arqam (16 tahun). Menjadikan rumahnya sebagai markas dakwah Rasul Shallallahu’alahi wasallam selama 13 tahun berturut-turut.

4. Zubair bin Awwam (15 tahun). Yang pertama kali menghunuskan pedang di jalan Allah. Diakui oleh Rasul Shallallahu’alaihi wasallam sebagai hawari-nya.

5. Zaid bin Tsabit (13 tahun). Penulis wahyu. Dalam 17 malam mampu menguasai bahasa Suryani, sehingga menjadi penerjemah Rasul Shallallu’alalihi wasallam. Hafal kitabullah dan ikut serta dalam kodifikasi Al Qur’an.

3 dari 3 halaman

Muhammad al Fatih hingga Muhammad al Qasim Penakluk India

6. Atab bin Usaid (18 tahun). Diangkat oleh Rasul Shallallahu’alaihi wasallam sebagai gubernur Makkah pada umur.

7. Mu’adz bin Amr bin Jamuh (13 tahun) dan Mu’awwidz bin ‘Afra (14 tahun). Membunuh Abu Jahal, jenderal kaum musyrikin, pada perang Badar.

8. Thalhah bin Ubaidullah (16 tahun). Orang Arab yang paling mulia. Berbaiat untuk mati demi Rasul Shallallahu’alaihi wasallam pada perang Uhud dan menjadikan dirinya sebagai tameng bagi Nabi.

9. Muhammad Al Fatih (22 tahun). Menaklukkan Konstantinopel ibu kota Byzantium pada saat para jenderal agung merasa putus asa.

10. Abdurrahman An Nashir (21 tahun). Pada masanya Andalusia mencapai puncak keemasannya. Dia mampu menganulir berbagai pertikaian dan membuat kebangkitan sains yang tiada duanya.

11. Muhammad Al Qasim (17 tahun). Menaklukkan India sebagai seorang jenderal agung pada masanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.