Sukses

Top 3 Islami: Gus Iqdam Peringatkan 2 Penyebab Hancurnya Umat Nabi Muhammad, Golongan yang Dibangkitkan dengan Kondisi Buta di Hari Kiamat

Kali ini, Gus Iqdam mewant-wanti jemaah Majelis Ta'lim Sabilu Taubah untuk mewaspadai penyebab hancurnya umat Nabi Muhammad SAW

Liputan6.com, Jakarta - Pendakwah muda Muhammad Iqdam Kholid alias Gus Iqdam dikenal suka membanyol. Bahasanya renyah, terus terang, dan terkadang khas anak jalanan.

Gus Iqdam mampu meracik pengajian dengan santai namun serius. Topik berat akan terasa ringan dan mudah, saat disampaikan oleh Gus Iqdam.

Kali ini, Gus Iqdam mewant-wanti jemaah Majelis Ta'lim Sabilu Taubah untuk mewaspadai penyebab kehancuran umat Nabi Muhammad SAW. Artikel ini menjadi salah satu dari tiga materi paling populer di kanal Islami Liputan6.com, Selasa (24/10/2023).

Artikel berikut yang tak kalah menyita perhatian adalah alasan jemaah ST Nyell bangga sebagai santri. Sementara, artikel ketiga adalah golongan yang dibangkitkan dengan kondisi mata buta di hari kiamat.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Gus Iqdam Wanti-Wanti 2 Hal Penyebab Hancurnya Umat Rasulullah SAW

Da’i kondang asal Blitar Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam membeberkan perihal penyebab hancurnya umat Nabi Muhammad SAW.

Menurutnya, Umat Rasulullah SAW akan hancur jika mereka sudah meninggalkan ilmu dan cinta dunia (hub ad-dunya). Beliau juga menyitir hadis Rasulullah SAW:

هَلَاكُ أُمَّتِيْ فِيْ شَيْئَيْنِ تَرْكِ العِلْمِ وَجَمْعِ المَالِ

“Kebinasaan umatku terletak pada dua hal, yaitu meninggalkan ilmu dan menumpuk harta.”

Dalam hadis di atas, Rasulullah dengan tegas menjelaskan 2 hal penyebab hancurnya umat Rasulullah SAW. Tentunya sebagai muslim, kita harus menghindari 2 hal tersebut.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Gus Iqdam: Banggalah Menjadi Santri Nyell, Garangan Wajib Tahu Sebabnya

Banyak yang beranggapan menjadi santri itu tidak bisa menjadi orang kaya. Hidupnya akan biasa-biasa saja.

Tentu saja anggapan ini sangat keliru.

Da’i yang merupakan alumnus Pondok Pesantren Al-Falah Ploso, Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam membantah keras anggapan keliru ini.

Santri menurut beliau itu multifungsi, artinya serba bisa. Selain itu, menjadi santri banyak keberkahannya. 

“Kalian semua harus punya cita-cita sebagai santri. Santri ini mesti multifungsi. Lah Gus Iqdam ini santri nyell (murni), alhamdulillah ke luar negeri juga pernah, ke luar pulau juga pernah, ke luar kota juga dikawal. Ya mirip-mirip Menteri lah. Lah ini santri nyell, asli santri,” terang Gus Iqdam dikutip dari tayangan YouTube JP Productions, Senin (23/10).

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Naudzubillah, Inilah Golongan Manusia yang Dibangkitkan dalam Keadaan Buta di Hari Kiamat dan Penyebabnya

Awal mula terjadinya kiamat dimulai adalah tiupan sangkakala oleh malaikat Israfil atas perintah Allah SWT. Adapun banyaknya tiupan sangkakala terjadi perbedaan pendapat di kalangan para ulama.

Sebagian ulama mengatakan sebanyak 2 kali dan sebagian yang lain mengatakan 3 kali.

Bagi yang berpendapat tiga kali, tiupan sangkakala pertama akan membuat semua alam semesta dan isinya terkejut (Al faz'u). sebagaimana firman Allah SWT,

"Dan (ingatlah) hari (ketika) ditiup sangkakala, maka terkejutlah segala yang di langit dan segala yang di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Dan semua mereka datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri." (QS. An Naml : 87).

Tiupan kedua membuat semua makhluk yang bernyawa mati, sebagaimana firman Allah SWT:

"Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannnya masing-masing)." (QS. Az Zumar : 68).

Adapun tiupan ketiga untuk membangkitkan mereka dari kuburnya menuju padang Mahsyar menunggu persidangan atas amal perbuatannya sewaktu di dunia.

Ketika manusia seluruhnya berkumpul di padang Mahsyar beragam rupa atau wujud mereka. Ada yang menyerupai babi, tidak memiliki kaki, dan bahkan ada yang bangkit dari kubur dalam keadaan buta. Lalu apa penyebabnya mereka bangkit dalam keadaan buta?

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.