Sukses

Kalimat yang Bobotnya Lebih Berat Timbangannya Dibanding Catatan Seluruh Dosa di Hari Kiamat

Kalimat tauhid yang diucapkan dengan Ikhlas, lebih berat dari lembaran-lembaran catatan dosa.

Liputan6.com, Jakarta - La Ilaha Illallah merupakan lafaz dari kalimat tauhid. Kalimat tauhid merupakan tanda kebenaran yang menjadi landasan agama dan kiblat.

Nabi SAW bersabda, "Kalimat terbaik yang saya dan para nabi pada petang hari di Arafah adalah La Ilaha Illallah wahdahulla syariikalahu lhumulku walahulhamdu wahuwaalakuli syaiinkadir,".

Artinya: Tiada Tuhan selain Allah, sendiri Nya tanpa sekutu bagi Nya, bagi Nya kekuasaan dan bagiNya segala puji, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Berdasarkan hadis di atas dapat dimaknai bahwa kalimat tauhid adalah kalimat terbaik yang diucapkan oleh para nabi. Selain itu, kalimat tauhid juga bermakna adalah bahwa tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi selain Allah Ta’ala.

Mengutip dari salah satu hadis menyebutkan bahwa pada hari kiamat kalimat tauhid lebih kuat daripada lembaran-lembaran catatan dosa. Berikut ulasan lengkapnya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukti Teguhnya Iman

Mengutip dari laman merdeka.com, dijelaskan dalam hadis Abdullah bin Amr bin Ash diriwayatkan dalam kitab Al Musnad, Sunan At-Tirmidzi, Rasulullah bersabda.

"Seorang laki-laki dari umatku dipanggil di hadapan semua makhluk pada Hari Kiamat, lalu sembilan puluh sembilan buku catatan disebar, yang masing-masing catatan lembarnya sejauh mata memandang. Kemudian Allah Tabaraka wa Ta'ala berfirman kepadanya, 'Apakah kau memungkiri sebagian ini'? Ia menjawab, 'Tidak Tuhanku'. Lalu Allah bertanya, 'Apa kau punya alasan atau kebaikan?' Ia menjawab, 'Tidak, Tuhanku'. Lalu Allah berfirman, 'Ya sesungguhnya kau memiliki satu kebaikan di sisi Kami, dan kau tidak dizalimi'.

Lalu dikeluarkan satu kartu yang berisi: Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah, dan bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Lalu ia berkata, 'Tuhanku apa artinya kartu ini dibanding buku-buku catatan ini?'. Allah menjawab, 'Sesungguhnya kau tidak dizalimi'. Nabi bersabda, 'Lalu buku-buku catatan itu diletakkan di sayap timbangan dan kartu tersebut di sayap timbangan yang lain. Ternyata buku-buku catatan itu ringan dan kartu itu lebih berat,".

Dengan begitu tidak diragukan bahwa di dalam hati orang tersebut terdapat iman yang membuat kartu di dalamnya tertulis La ilaha illallah itu lebih berat dibanding catatan-catatan dosanya.

Tingkatan amal manusia dibedakan menurut iman yang ada di hati mereka. Jika tidak seperti itu, akan banyak yang mengucapkan La ilaha illallah tapi tidak mendapat pahala semacam ini karena lemahnya iman di hati mereka. Kalimat tauhid memberi keselamatan di neraka bagi yang membacanya dengan ikhlas di hatinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.