Sukses

Top 3 Islami: Polemik Al-Zaytun hingga Kata-Kata Islami untuk Guru dan Ustadz

Berkali-kali jadi polemik, terkini Al-Zaytun didemo warga. Mereka menggeruduk Al-Zaytun usai statemen kontroversial Panji Gumilang dan berbagai masalah lainnya

Liputan6.com, Jakarta Pondok Pesantren Al-Zaytun, Indramayu, Jawa Barat, dan pimpinannya, Panji Gumilang kembali menjadi perhatian publik. Sayangnya, lagi-lagi Al-Zaytun bukan menuai perhatian karena prestasi atau kabar bernada positif.

Berkali-kali jadi polemik, terkini Al-Zaytun didemo warga. Mereka menggeruduk Al-Zaytun usai statemen kontroversial Panji Gumilang dan berbagai masalah lainnya.

Publik juga menyoroti bantuan pemerintah yang mengalir ke Al-Zaytun. Belakangan, Kemenag mengklarifikasi bantuan tersebut.

Polemik bantuan untuk Al-Zaytun ini menjadi tiga artikel paling menyita perhatian pembaca kanal Islami Liputan6.com, bersama dua artikel lainnya, yang keduanya berupa kata-kata Islami, Sabtu (24/6/2023).

Maklum, saat ini adalah musim naik kelas, kelulusan dan perpisahan, baik di sekolah maupun pondok pesantren.

Selengkapnya mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Polemik Bantuan untuk Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu, Ini Penjelasan Kemenag

Kementerian Agama membantah pernyataan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bahwa ada dana bantuan yang setiap tahun disalurkan ke pesantren Al Zaytun. Juru Bicara Kementerian Agama Anna Hasbie menegaskan bahwa informasi itu tidak benar.

“Kami tidak pernah memberikan dana bantuan ke Al Zaytun,” tegas Anna Hasbie di Makkah, Arab Saudi, dikutip dari keterangan tertulis Kemenag, Jumat (23/6/2023).

Menurut dia, lembaga Al Zaytun, Indramayu mengelola madrasah mulai dari jenjang ibtidaiyah (MI), tsanawiyah (MTs), hingga Aliyah (MA). Jumlahnya cukup banyak. Data di EMIS Kementerian Agama mencatat, ada 1.289 siswa MI, 1.979 siswa MTs, dan 1.746 siswa MA yang belajar di sana.

“Sesuai regulasi, para siswa ini berhak mendapat BOS. Ini berlaku untuk seluruh siswa yang belajar di madrasah dan memenuhi persyaratan. Sehingga, menjadi kewajiban kami, pemerintah, memenuhi hak-hak belajar mereka melalui BOS,” sebut Anna, panggilan akrabnya.

"Kami mengimbau, bagi para pejabat publik kalau bicara harus berbasis data. Kalau dana BOS itu hak siswa, semua sama. Siswa di negeri ini semua menerima dana BOS. Jadi jangan kemudian Pak Ridwan Kamil mengatakan Kemenag memberikan bantuan miliaran ke Zaytun padahal itu dana BOS. Udah salah kaprah itu," tandas Anna.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. 70+ Kata-Kata Santri nan Islami, Bisa untuk Ucapan Perpisahan di Pesantren dan Sekolah

Santri identik dengan anak saleh. Sayangnya, ada pula yang salah kaprah mengira santri adalah anak-anak cupu.

Padahal, di era modern, santri juga tak kalah dari anak-anak muda lain yang hanya besekolah umum. Mereka pandai menggunakan perangkat multimedia. Jadi santri adalah sosok para muda yang pandai mengaji tapi juga gaul.

Boleh jadi, di era sekarang, santri adalah generasi idaman.

 Melalui pesantren, para santri menimba ilmu agama lebih dari siswa lain yang memilih untuk bersekolah di sekolah negeri atau swasta pada umumnya.

Bahkan ada juga kata-kata santri yang bertemakan cinta dan memiliki banyak makna. Namun, semuanya tetap menunjukkan kata Islami.

Ada pula kata-kata bijak Islami yang dari orang terkenal, ustaz, serta ulama.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. 60 Kata-kata Mutiara Islami untuk Guru dan Guru Ngaji, Haru Menyentuh Hati

Ucapan terima kasih dan hadiah apapun sepertinya tak cukup untuk membalas jasa guru. Itu kenapa, Allah SWT sangat memuliakan para alim, yang mengajarkan ilmunya walau sedikit.

Para guru akan berada di tempat istimewa kelak, di akhirat. Guru di sini, berarti juga termasuk guru ngaji, atau guru ilmu agama.

Gurulah yang mengajari kita baca tulis, berhitung, belajar adab, mengenal ilmu umum, ilmu agama, belajar membaca Al-Qur'an, menghapal Al-Quran, membaca kitab kuning dan memperdalam ilmu fiqih, dan lain sebagainya.

Namun begitu, ada kalanya, ucapan terima kasih itu perlu diungkapkan. Ucapan berupa kata-kata mutiara untuk guru dan ustaz ini setidaknya akan membuat para guru kita bahagia.

Karena itu, pada awal bulan Dzulhijah nan istimewa ini, redaksi mengetengahkan kata-kata mutiara Islami untuk guru dan guru ngaji

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.