Sukses

Datang ke Tempat Angker, Ini Doa Mengusir Jin dari Malaikat Jibril

Datang ke Tempat Angker, Ini Bacaan Doa Mengusir Jin yang Diajarkan Malaikat Jibril

Liputan6.com, Jakarta - Ada kalanya, kita masuk ke sebuah tempat yang dipercaya angker. Tempat itu bisa berupa hutan, kuburan tua, atau rumah angker.

Meski seorang muslim diajarkan untuk tidak takut, terkecuali kepada Allah SWT, namun bagaimanapun kekhawatiran itu tetap ada.

Di Indonesia, kepercayaan terhadap hal-hal gaib, seperti hantu, setan dan lain sebagainya sangat kental. Maka tak aneh jika sebagian dari kita mudah takut kepada tempat angker.

Kekhawatiran itu boleh-boleh saja, asal tidak berlebihan. Bagaimanapun, dalam Islam juga diakui adanya makhluk gaib. Beberapa di antaranya bahkan bisa mengganggu.

Lebih baik, seorang muslim berdoa, agar terhindar dari gangguan jin jahat atau makhluk lainnya.

Berikut ini adalah doa mengusir jin seperti yang diajarkan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa Mengusir Jin

أَعُوذُ بِوَجْهِ اللَّهِ الْكَرِيمِ، وَبِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ الَّتِي لَا يُجَاوِزُهُنَّ بَرٌّ وَلَا فَاجِرٌ مِنْ شَرِّ مَا يَنْزِلُ مِنَ السَّمَاءِ، وَمِنْ شَرِّ مَا يَعْرُجُ فِيهَا. وَمِنْ شَرِّ مَا ذَرَأَ فِي الْأَرْضِ، وَمِنْ شَرِّ مَا يَخْرُجُ مِنْهَا، وَمِنْ شَرِّ فِتَنِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ، وَمِنْ شَرِّ طَوَارِقِ اللَّيْلِ، وَمِنْ شَرِّ كُلِّ طَارِقٍ إِلَّا طَارِقًا يَطْرُقُ بِخَيْرٍ يَا رَحْمَنُ.

A‘ûdzu biwajhillâhil karîm, wabikalimâtillâhit-tâmmâtil-latî lâ yujâwizuhunnâ barrun wa fâjirun, min syarri mâ yanzilu minas-samâ’i, wa min syarri ma ya‘ruju fîhâ, wa min syarri mâ dzara’a fil-ardhi, wamin syarri ma yakhruju minhâ, wa min syarri fitanil-laili wan-nahâri, wamin syarri thawâriqil-laili, wamin syarri kulli thârinin illâ thâriqan yathruqu bi khairin, yâ rahmân.

Artinya: Aku berlindung dengan dzat Allah yang maha mulia, dengan kalimat-kalimat-Nya yang sempurna, yang tidak ada orang baik dan juga orang durhaka yang melampuainya, dari keburukan yang turun dari langit dan keburukan apa pun yang naik ke langit; dari keburukan apa saja yang masuk ke bumi dan keburukan apa saja yang keluar dari bumi; dari keburukan fitnah-fitnah siang dan malam; dari keburukan petaka-petaka malam; dari keburukan setiap petaka yang datang, kecuali petaka yang datang membawa kebaikan, wahai Zat yang maha penyayang.

 

3 dari 3 halaman

Riwayat Nabi Usir Jin Ifrit

Mengutip laman NU, sebagaimana dikisahkan oleh Ibnu Mas‘ud, pada malam itu, Nabi SAW. didatangi jin Ifrit yang membawa obor api di tangannya. Ada pula yang berpendapat bahwa Nabi SAW didatangi jin Ifrit pada malam isra-mi’raj.

Kala itu, beliau kemudian membaca ayat-ayat Al-Quran. Namun, tak ada reaksi apa-apa kecuali jin itu semakin mendekat. Maka malaikat Jibril menawarkan kepadanya,

“Maukah jika aku ajarkan kepadamu beberapa kalimat yang jika engkau membacanya, maka ia akan jatuh tersungkur dan obornya akan mati?” (HR. Malik, an-Nasa’i, ath-Thabrani, dan yang lain).

Kemudian malaikat mengajarkan beberapa kalimat. Setelah Nabi SAW membaca doa seperti tertulis di atas, jin Ifrit itu langsung tersungkur dan obornya pun padam. Berikut adalah doa yang diajarkan malaikat Jibril kepada Nabi saw. untuk mengusir jin tersebut.

Demikian ijazah doa pengusir jin dari malaikat Jibril kepada Rasulullah saw. Semoga kita mendapatkan berkah doa ini, terutama tatkala menghadapi gangguan jin.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.