Sukses

Jemaah Haji Kota Tangerang Siap Diberangkatkan Besok, Pemkot Siapkan 45 Bus

Selain penyediaan transportasi, pemerintah kota Tangerang juga sedang mengusahakan untuk pemulangan jamaah haji nanti bisa langsung ke kota Tangerang dengan menggunakan Asrama Haji kota Tangerang.

Liputan6.com, Tangerang - Jemaah Haji kota Tangerang kloter 3 rencananya akan berangkat pada besok, Selasa 23 Mei 2023. Berbagai persiapan sudah dilaksanakan oleh Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) kota Tangerang.

Pemerintah Kota Tangerang sendiri sudah menghibahkan uang sebesar Rp 1 miliar untuk membantu keperluan pemberangkatan dan pemulangan 1.652 calon jemaah haji kota Tangerang. Bantuan tersebut antara lain digunakan untuk penyediaan transportasi dari kota Tangerang ke Asrama Haji Pondok Gede dan sebaliknya.

“Jadi untuk memberikan kenyamanan pada jemaah haji, kita Pemerintah Kota Tangerang telah menyediakan 45 bus untuk mengantar dan menjemput para jemaah haji kota Tangerang yang tahun ini jumlahnya ada 1.652 orang,” ujar Wali Kota H. Arief R. Wismansyah saat meninjau persiapan pemberangkatan Ibadah Haji di Asrama haji Kota Tangerang yang berada di Cipondoh, Senin (22/05/2023).

Arief juga menjelaskan untuk tahun ini, calon jemaah haji dari kota Tangerang terbagi dalam 6 (enam) kloter yang rencananya akan mulai diberangkatkan pada besok Selasa dan kloter terakhir pada 14 Juni 2023.

“DI kota Tangerang untuk tahun ini ada 6 (enam) kloter, yaitu kloter 3, kloter 7, kloter 25, kemudian kloter 33 yang masing-masing kloter ada 383 calon jamaah haji. Selanjutnya ada kloter 55 itu ada 28 calon jamaah, dan kloter 58 dengan 92 jamaah,” papar Arief.

Selain penyediaan transportasi, pemerintah kota Tangerang juga sedang mengusahakan untuk pemulangan jamaah haji nanti bisa langsung ke kota Tangerang dengan menggunakan Asrama Haji kota Tangerang. Sehingga dari Bandara Soekarno Hatta, jemaah haji kota Tangerang tidak perlu lagi transit ke Pondok Gede.

“Jadi kasihan jamaah hajinya yang harus muter jauh transit ke Pondok Gede, nanti dari Bandara bisa langsung ke Tangerang. Nah makanya sekarang kita lagi persiapkan rekayasa lalu lintasnya dan juga parkirnya, kalau gedungnya sendiri kan sudah hampir selesai,” tutur Arief.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fasilitas dalam Bus Jemaah Haji

Sementara itu salah satu pejabat Kementerian Agama Kota Tangerang, H. Tutun menyampaikan bahwa tahun ini untuk bus yang disediakan berasal dari salah satu perusahaan travel terkemuka di tanah air.

“Kita sediakan bus yang nyaman, kapasitas satu bus itu ada 45 orang. Jadi tidak terlalu sempit. Para jamaah juga mendapatkan konsumsi selama perjalanan di bus,” jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini