Sukses

One Way Tol Kalikangkung Menuju Cikampek Masih Berlaku hingga Hari Ini Pukul 24.00 WIB

Penerapan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way di Jalan Tol Trans-Jawa mulai dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Km 414, Jawa Tengah, sampai GT Cikampek Utama Km 72, Jawa Barat, masih berlaku hingga hari ini, Kamis 27 April 2023, malam.

Liputan6.com, Jakarta Penerapan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way Jalan Tol Trans-Jawa mulai dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Km 414, Jawa Tengah, sampai GT Cikampek Utama Km 72, Jawa Barat, masih berlaku hingga hari ini, Kamis 27 April 2023, malam.

Dikutip dari Antara, Kamis (27/4/2023), Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Lisye Octaviana dalam keterangannya yang diterima di Purwakarta, Jabar, Kamis mengatakan awalnya, one way atas diskresi kepolisian tersebut dijadwalkan berakhir pada Rabu (26/4/2023) pukul 24.00 WIB, namun diperpanjang hingga Kamis malam nanti.

Selain one way, saat ini juga diberlakukan rekayasa lalu lintas lawan arus atau contra flow dua lajur dari GT Cikampek Utama sampai Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 47 arah Jakarta.

Menurut dia, perpanjangan pelaksanaan one way diperkirakan berakhir pada Kamis pukul 24.00 WIB.

Namun, apabila pada periode waktu tiga jam sebelum jadwal pengakhiran tersebut masih terdapat peningkatan volume lalu lintas yang signifikan dari arah timur ke Jakarta, maka dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran rekayasa lalu lintas one way.

Seiring dengan penerapan satu arah, pengguna jalan dari arah Jakarta menuju arah timur (Jalan Tol Trans-Jawa) akan dialihkan keluar di GT Cikampek Utama Km 72 dan melanjutkan perjalanannya melalui jalur Pantura.

Sementara, untuk rute pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Bandung melalui Jalan Tol Cipularang masih berlaku normal.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu, dan ikuti arahan petugas di lapangan.

Ia pun mengimbau pengendara memastikan kecukupan perbekalan, saldo e-toll dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman. "Siapkan saldo e-toll minimal Rp500.000 untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta untuk menghindari kekurangan saldo saat melakukan transaksi di GT Cikampek Utama," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dishub DKI Prediksi Puncak Arus Balik Terjadi pada 29 dan 30 April 2023

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memprediksi puncak arus balik di ibu Kota akan terjadi pada Sabtu, 29 April dan Minggu 30 April 2023. 

Hal itu diungkap Kepala Dishub Syafrin Liputo saat melakukan pemantauan persiapan arus balik Lebaran 2023 di Terminal Kalideres, Jakarta Barat.

"Kami prediksi lonjakan arus balik akan terjadi tanggal 29-30 April," kata Syafrin kepada wartawan, Rabu (26/4).

Syafrin juga menjelaskan bahwa pihaknya menyiapkan beberapa strategi untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang tiba di terminal-terminal. Misalnya, kata Syafrin, ia telah menyediakan bus Transjakarta yang beroperasi selama 24 jam. Adapun bus Angkutan Malam Hari (AMARI) itu disediakan sebanyak 65 armada.

"Untuk itu, untuk pelayanan Angkutan Malam Hari (AMARI), kami telah siapkan Transjakarta. Untuk koridor utama ada penambahan operasional sampai pukul 24. Biasanya mereka sampai jam 22.00, maka diperpanjang sampai pukul 24.00," jelas Syafrin.

"Kami ingin memastikan bahwa masyarakat yang turun di terminal, mereka dipastikan memiliki atau tersedia angkutan sehingga mereka tidak lama menunggu di terminal," sambungnya.

Selain itu, Syafrin juga menyarankan masyarakat untuk memanfaatkan angkutan lain seperti Transjabodetabek ataupun kendaraan yang dipesan secara daring.

"Jadi sekarang ada Transjakarta yang 1x24 jam, demikian juga beberapa angkutan reguler lain seperti Transjabodetabek maupun taksi, baik taksi reguler apa taksi online," kata Syafrin.

3 dari 3 halaman

80 Ribu Kendaraan Lewati Gerbang Tol Kalikankung Mengarah Jakarta

Sementara itu, Sebanyak 80 ribu mobil melewati Gerbang Tol Kalikangkung Semarang pada Selasa, 25 April 2023 malam. Trafik kendaraan yang keluar dari Gerbang Tol Kalikangkung ini merupakan puncak arus balik Lebaran Idul Fitri 2023.

"Kami mencatat kendaraan yang keluar dari GT Kalikangkung pada 25 April 2023 malam mencapai 80 ribu. Itu adalah puncak arus balik," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang Endro P Martanto dikutip dari Antara, Rabu (26/4/2023).

Dia memprediksi jumlah kendaraan yang keluar dari GT Kalikangkung pada Rabu ini akan semakin berkurang dan kembali normal karena puncak arus mudik telah terlewati.

"Dan hari ini prediksi kami tinggal sedikit saja dan kemungkinan nanti siang atau sore kembali normal," ujarnya.

Diakuinya, kenaikan jumlah pemudik ke Jawa Tengah pada Lebaran tahun ini memang lebih banyak dua kali lipat dibandingkan dengan Lebaran tahun-tahun, namun seluruh jajaran terkait mampu mengendalikan keramaian pemudik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.