Sukses

H+4 Lebaran 2023, Pelabuhan Bakauheni Mulai Sepi Penumpang

Suasana pergerakan penumpang di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, pada pagi hari menjelang siang nampak sepi dari pemudik arus balik yang hendak menyeberang menuju Pelabuhan Merak, Banten, pada H+4 Lebaran 2023, Kamis.

Liputan6.com, Jakarta Suasana pergerakan penumpang di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, pada pagi hari menjelang siang nampak sepi dari pemudik arus balik yang hendak menyeberang menuju Pelabuhan Merak, Banten, pada H+4 Lebaran 2023, Kamis.

Dikutip dari Antara, Kamis (27/4/2023), berdasarkan pantauan di Pelabuhan Bakauheni pada Kamis pagi (27/04) pukul 07.00 WIB hingga 10.30 WIB, para penumpang terpantau sepi, baik di area terminal maupun di kawasan Pelabuhan Bakauheni.

Berdasarkan data 24 jam dari Posko Pelabuhan Bakauheni, Lampung, menunjukkan jumlah penumpang kendaraan roda dua sebanyak 11.034 unit, jumlah itu sedikit menurun dari hari sebelumnya yakni sejumlah 11.688 unit. Begitu pula dengan kendaraan roda empat 13.518 unit, serta bus 468 unit, dan kendaraan besar 1.069 unit.

Terkait data tersebut, General Manager PT ASDP cabang Bakauheni Rudi Sunarko mengatakan bahwa jumlah penumpang yang melakukan penyeberangan melalui Pelabuhan Bakauheni pada hari ini sedikit menurun dibandingkan hari kemarin.

Rudi Sunarko mengimbau kepada pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari.

"Jadi kami mengimbau untuk calon pemudik dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," ujar Rudi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arus Balik, Jumlah Penumpang di Bakauheni Menuju Pelabuhan Merak Tembus 123.232 Orang pada H+ Lebaran 2023

Sebelumnya, jumlah penumpang arus balik (pemilir) dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan menuju Pelabuhan Merak, Baten tembus 123.232 orang  pada H+ Lebaran 2023.

PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni mencatat jumlah penumpang itu terbagi menjadi dua bagian yakni pejalan kaki dan dalam kendaraan. Demikian dikutip dari Antara, Rabu, (26/4/2023).

General Manager PT ASDP Cabang Bakauheni Rudi Sunarko menuturkan, penumpang pejalan kaki yang melakukan perjalanan menuju Pelabuhan Merak, Banten sebanyak 11.506 orang. Sedangkan penumpang di dalam kendaraan sebanyak 111.720 orang.

Rudi menuturkan, menurut data jumlah penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak, Baten pada hari Lebaran dan arus balik H+3 terus meningkat. Berdasarkan data Angkutan Lebaran 2023 di Pelabuhan Bakauheni pada 24 Apil 2023 pukul 08.00 WIB-25 April 2023 pukul 08.00 WIB, jumlah penumpang menuju ke Pulau Jawa terus meningkat.

Ia mengatakan, untuk jumlah kendaraan yang menyeberang dari Sumatera ke Pulau Jawa sebanyak 28.252 unit. Jumlah kendaraan itu meningkat dari satu hari yang lalu hanya sebanyak 18.985 unit.

Rudi menuturkan, penumpang kendaraan terbagi menjadi empat jenis kendaraan, yakni roda dua, roda empat, bus, dan truk kendaraan besar. "Untuk jumlah penumpang yang menggunakan kendaraan roda dua sebanyak 11.688 unit, roda empat 15.202 unit, bus 472 unit, dan truk kendaraan besar 890 unit," ujar dia.

Rudi mengimbau kepada pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari. "Jadi kami mengimbau untuk calon pemudik dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," kata dia. 

3 dari 4 halaman

Jokowi Minta Tunda Jadwal Balik Mudik, ASN Bisa Perpanjang Cuti Lebaran Idul Fitri hingga WFH dari Kampung

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak aparatur sipil negara (ASN), TNI-Polri, BUMN, hingga pegawai swasta menunda kepulangan mudik apabila tak ada keperluan mendesak.

Dalam hal ini, ASN maupun TNI-Polri dipersilahkan untuk memperpanjang cuti Lebaran Idul Fitri 2023, melakukan pekerjaan dari kampung halaman, atau meminta izin dari atasan.

"Dalam imbauannya (soal penundaan jadwal balik), Presiden menyebutkan: bahwa yang teknisnya dapat diatur oleh instansi/perusahaan masing-masing, seperti bentuk cuti tambahan atau bentuk cuti lainnya," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin kepada wartawan, Selasa (25/4/2023).

"Jadi (ASN) bisa perpanjang cuti, WFH (work from home) dari kampung halaman, atau bisa izin atasan, dan sebagainya," sambungnya.

Kendati begitu, dia menekankan perpanjangan cuti maupun WFH harus tetap berkoordinasi dengan instansi maupun kantor terkait. Bey menyebut prosedur perpanjangan cuti Lebaran harus dilakukan sesuai aturan.

"Semua tetap harus berkoordinasi dengan atasa atau bagian SDM di kantornya. Prosedur izin, cuti, WFH, maupun WFA (work from anywhere) tetap harus dijalankan," jelasnya.

Bey mengatakan ASN sudah terbiasa bekerja secara online dan WFH. Namun, kata dia, pekerja yang sudah berada di Jakarta tak perlu memperpanjang cuti Lebaran.

"Sejak pandemi kan kita terbiasa dengan WFH, bagaimana absen secara online, bekerja berdasarkan kinerja, dan sebagainya. Tapi kalau berada di Jakarta, ya masuk, enggak perlu perpanjang cuti," tutur Bey. 

4 dari 4 halaman

Imbauan Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengimbau aparatur sipil negara (ASN), TNI-Polri, hingga pegawai swasta untuk menunda jadwal kepulangan mudik Lebaran 2023, apabila tak ada keperluan mendesak. Hal ini untuk mencegah penumpukan kendaraan pada puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada 24 dan 25 April 2023.

"Untuk memecah penumpukan yang terjadi pada puncak arus Balik tanggal 24 dan 25 April 2023, secara bersamaan pemerintah mengajak masyarakat yang tidak ada keperluan mendesak untuk menghindari puncak arus balik tersebut," kata Jokowi disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (24/4/2023).

"Dengan cara menunda atau mengundurkan jadwal kembali mudik setelah tanggal 26 April 2023," sambungnya.

Menurut dia, ketentuan ini berlaku untuk ASN, TNI-Polri, BUMN, dan pegawai swasta. Adapun teknis terkait penundaan jadwal kepulangan mudik nantinya diatur oleh instansi atau perusahaan masing-masing.

"Seperti bentuk cuti tambahan atau bentuk cuti lainnya," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini