Sukses

Baca Doa Ini Saat Gerhana Matahari Terjadi

Berikut ini doa yang baik dibaca saat gerhana matahari terjadi.

Liputan6.com, Jakarta Fenomena unik dan langka Gerhana Matahari Hibrida tengah menyambangi Indonesia di sejumlah wilayah hari ini, Kamis (20/4/2023). Saat Gerhana Matahari Hibrida, akan terjadi dua fenomena Gerhana Matahari sekaligus, di mana sebagian wilayah akan melihat gerhana matahari sebagai Gerhana Matahari sebagian, sementara di wilayah lain yang terjadi adalah Gerhana Matahari total.

Berikut ini doa yang baik dibaca saat Gerhana Matahari terjadi. Doa-doa ini bersumber dari Al-Quran sehingga membacanya akan sangat baik sekali.

1.  QS Ali Imran 190-191

Membaca Al Quran surah Ali Imran ayat 190-191 bisa menjadi salah satu cara yang sempurna untuk berdoa untuk gerhana matahari dalam Islam. Ayat-ayat tersebut memerintahkan kita untuk selalu mengingat Allah, yang menciptakan segala sesuatu melalui bumi dan langit.

Selain itu, bacaan Alquran surah Ali Imran juga menjadi salah satu bacaan Alquran di pagi hari.

اِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَاٰيٰتٍ لِّاُولِى الْاَلْبَابِۙ – ١٩٠ الَّذِيْنَ يَذْكُرُوْنَ اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُوْنَ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هٰذَا بَاطِلًاۚ سُبْحٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ – ١٩١

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang berakal, (yakni) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau berbaring, dan mereka berpikir tentang penciptaan langit dan bumi (berkata), “Ya Tuhan kami, Engkau tidak menciptakan semua ini dengan sia-sia; Maha Suci Engkau, lindungi kami dari siksa neraka.” (QS 3: 190-191)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa lainnya

2. QS Al A’raf 54

Doa gerhana matahari dalam Islam dapat didasarkan pada Al-Qur'an surah Al A'raf ayat 54, Allah menyebutkan bulan dan bintang mengelilingi galaksi untuk mematuhi perintah-Nya sehingga mereka melakukannya. Itu juga berarti bahwa umat Islam harus melakukan hal yang sama.

وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُوْمَ مُسَخَّرٰتٍۢ بِاَمْرِهٖٓ ۙاَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْاَمْرُۗ تَبٰرَكَ اللّٰهُ رَبُّ الْعٰلَمِيْنَ 

“(Dia menciptakan) matahari, bulan, dan bintang-bintang dengan tunduk pada perintah-Nya. Ingat! Semua urusan dan urusan adalah milik-Nya. Maha Suci Allah, seluruh alam semesta.” (QS 7:54)

 

3 dari 3 halaman

Infografis Mengenal Gerhana Matahari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.