Sukses

Tips Puasa Tetap Lancar dan Nyaman Saat Mudik

Aktivitas mudik tentunya butuh persiapan yang matang karena para pemudik melakukan perjalanan jauh dengan barang bawaan yang tidak sedikit.

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran atau Hari Raya Idulfitri sudah di depan mata. Sebagian umat Muslim di Indonesia yang akan merayakan Idul Fitri biasanya mudik ke kampung halaman mereka. Mereka melakukan mudik dengan berbagai moda transportasi.

Sebagian besar masyarakat pun sudah melakukan mudik. Tidak heran, terminal, stasiun, maupun bandara juga mulai dipadati oleh para pemudik. Kementerian Perhubungan memperkirakan sebanyak 123,8 juta orang akan melakukan perjalanan selama periode Lebaran 2023 ini.

Aktivitas mudik tentunya butuh persiapan yang matang karena para pemudik melakukan perjalanan jauh dengan barang bawaan yang tidak sedikit. Selain harus berjibaku dengan pemudik lain di jalan, Anda juga harus menahan haus dan lapar saat masih berpuasa.

Agar mudik aman dan nyaman, tapi kualitas puasa tetap terjaga meski sedang dalam perjalanan mudik sebenarnya bisa dilakukan. Berikut tips agar puasa Anda tetap Lancar dan nyaman saat mudik, melansir keterangan tertulis dari Pegipegi yang diterima Liputan6.com, Senin, 17 April 2023.

1. Packing di Malam Hari

Di saat mudik, biasanya kita bakal menghabiskan waktu yang cukup lama di kampung halaman. Artinya, diperlukan barang bawaan yang tidak sedikit, belum lagi oleh-oleh untuk keluarga.

Packing perlu tenaga dan ketelitian ekstra sehingga bawaan Anda bisa lebih rapi dan mudah dibawa saat perjalanan. Jadi, packing sebaiknya dilakukan saat malam hari setelah berbuka puasa. Saat Anda sudah punya tenaga lebih, aktivitas packing pun bisa dilakukan lebih maksimal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Sahur dengan Menu Sehat dan Porsi Cukup

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan Anda tidak melewatkan makan sahur. Mudik membutuhkan energi, karena biasanya sarana transportasi umum sangat padat dan Anda harus berjibaku dengan pemudik lain. Maka dari itu, pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat dan porsi yang cukup agar mempunyai tenaga.

3. Konsumsi Multivitamin

Makanan sehat saja terkadang belum cukup. Anda bisa tambahkan konsumsi multivitamin sebagai cadangan energi saat mudik. Untuk wanita, Anda bisa pilih multivitamin yang mengandung banyak asam folat dan zat besi. Sementara untuk pria, pilih yang kandungan vitamin dan mineralnya lebih tinggi. Tujuannya, yaitu agar kondisi fisik dalam perjalanan dapat terjaga dengan baik.

4. Berangkat di Malam Hari

Jika perjalanan Anda berlangsung cukup panjang, sebaiknya melakukannya di malam hari. Perjalanan di malam hari memungkinkan Anda untuk bisa beristirahat secara optimal. Ditambah lagi, di malam hari Anda bisa bebas makan dan minum selama perjalanan. Jadi, puasa Anda tidak akan terganggu.

 

3 dari 3 halaman

5. Charge Penuh Ponsel

Ponsel atau smartphone merupakan alat komunikasi yang sangat penting. lSebelum mudik, pastikan Anda mengisi daya baterai smartphone sampai penuh. Hal inidiperlukan agar memudahkan Anda berkomunikasi selama perjalanan. Gunakan smartphone Anda untuk hal yang penting saja agar baterai lebih hemat.

6. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Saat mudik, gunakanlah pakaian yang nyaman. Jangan menggunakan pakaian yang terlalu tebal dan panas. Kenakan pakaian yang sedikit longgar agar Anda bisa bergerak bebas. Pastikan juga Anda membawa jaket atau selimut untuk mengatasi hawa dingin di dalam transportasi mudik. 

7. Bawa Camilan dan Makanan Cadangan

Jika perjalanan Anda akan bertemu dengan waktu buka atau sahur, pastikan Anda membawa makanan cadangan dan camilan, terutama jika Anda mudik bersama dengan anak-anak. Camilan dan makanan cadangan ini wajib tersedia, terutama jika ternyata Anda terpaksa harus membatalkan puasa karena situasi mudik yang berat.

8. Istirahat yang Cukup

Sebelum berangkat mudik, sebaiknya Anda menjaga kesehatan agar tetap bugar selama dan setelah di perjalanan. Salah satu caranya, yaitu dengan tidur dan makan dengan cukup.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.