Sukses

Jadwal Imsakiyah Hari Ini Rabu 12 April 2023, Amalan Malam Lailatul Qadar

Jadwal Imsakiyah hari ke-21 Ramadhan 1444 Hijriah.

Liputan6.com, Jakarta Jadwal imsakiyah hari ini Rabu 12 April 2023 hendaknya diperhatikan Muslim yang akan melaksanakan santap sahur. Meski terkesan sepele, informasi jadwal imsakiyah cukup krusial agar Anda tidak terlewat santap sahur hingga Subuh.

Jadwal imsakiyah di Indonesia perlu diperhatikan dengan cermat karena tiap daerah berbeda-beda menyesuaikan zona waktu masing-masing.

Berikut Liputan6.com rangkum dari laman Kemenag, jadwal imsakiyah hari ini Rabu 12 April 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal imsakiyah hari ini

Jadwal Imsakiyah Jakarta

IMSAK 04:29

SUBUH 04:39

Jadwal Imsakiyah Semarang Jawa Tengah

IMSAK 04:15

SUBUH 04:25

Jadwal Imsakiyah Yogyakarta

IMSAK 04:15

SUBUH 04:25

Jadwal Imsakiyah Surabaya Jawa Timur

IMSAK 04:06

SUBUH 04:16

Jadwal Imsakiyah Bandung Jawa Barat

IMSAK 04:26

SUBUH 04:36

Jadwal Imsakiyah Denpasar Bali

IMSAK 04:56

SUBUH 05:06

Jadwal Imsakiyah Mataram Nusa Tenggara Barat

IMSAK 04:53

SUBUH 05:03

Jadwal Imsakiyah Kupang Nusa Tenggara Timur

IMSAK 04:23

SUBUH 04:33

3 dari 3 halaman

Amalan Malam Lailatul Qadar

Meski diperkirakan saat malam ganjil 10 hari akhir Ramadhan, kedatangan malam Lailatul Qadar merupakan misteri. Tak ada yang tahu kapan datangnya malam Lailatul Qadar. Ini menjadi rahasia yang hanya diketahui Allah SWT.

Amalan malam Lailatul Qadar:

1. Melakukan Iktikaf

Amalan-amalan malam Lailatul Qadar yang bisa dilakukan adalah iktikaf. Iktikaf adalah berdiam di dalam masjid dengan syarat tertentu dan niat beribadah semata-mata hanya untuk Allah SWT.

Adapun syarat untuk sahnya iktikaf seperti, beragama Islam, baligh, dan memiliki niat iktikaf. Selain itu, iktikaf harus dilakukan di masjid, baik itu di masjid jami' ataupun di masjid biasa. Bila terpaksa dilakukan di rumah, maka diperbolehkan.

2. Perbanyak Doa

Amalan-amalan di malam Lailatul Qadar yang bisa dilakukan adalah memperbanyak bacaan doa. Memperbanyak doa di malam-malam sepertiga terakhir bulan Ramadan bisa meningkatkan peluang mendapatkan kemuliaan malam Lailatul Qadar.

Rasulullah SAW memerintah Ummul Mukminin Aisyah untuk mengamalkan bacaan doa malam Lailatul Qadar.

Aisyah berkata, “Wahai Rasulullah, apa pendapatmu jika aku ketepatan mendapatkan malam lailatul qadar, apa yang harus aku ucapkan?” Beliau menjawab: “Ucapkanlah, Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anna” (Ya Allah, sesungguhnya Engkau maha pemaaf mencintai kemaafan, maka maafkanlah aku).” (HR. Ibnu Majah, yang dishahihkan oleh Al Albani)

3. Perbanyak Membaca Al-Qur’an

Belum berhenti di situ, amalan-amalan malam Lailatul Qadar yang bisa dilakukan adalah memperbanyak membaca Al-Qur’an. Tentu saja dengan niat beribadah hanya untuk Allah SWT.

Membaca Al-Qur’an mampu mendatangkan pahala kepada siapa saja. Apalagi di malam Lailatul Qadar, pahala yang didapatkan bisa berlipat ganda. Bila disertai dengan meresapi makna dan arti di tiap ayatnya, maka bisa lebih khusyuk dalam menunaikan amalan tersebut.

4. Perbanyak Taubat

Setiap manusia tak pernah luput dari kesalahan dan dosa. Semakin banyak kesalahan dan dosa yang terkumpul, akan memberatkan mereka saat meninggal dunia. Tak ada salahnya bila menunaikan amalan-amalan malam Lailatul Qadar sebelum ajal menjemput.

Di malam sepertiga bulan Ramadan, gunakanlah sebaik mungkin untuk memperbanyak taubat. Mohon ampun kepada Allah SWT atas kesalahan dan dosa yang telah diperbuat. Baik secara tidak sengaja maupun disengaja.

5. Menunaikan Salat Malam

Terakhir, amalan-amalan malam Lailatul Qadar yang bisa diterapkan adalah menunaikan salat malam. Untuk melakukan salat malam, lebih baik tidur terlebih dahulu setelah menunaikan salat tarawih dan tadarusan.

Saat menjelang sahur atau tengah malam bisa bangun kembali. Tujuannya untuk menunaikan salat malam, agar peluang mendapatkan malam Lailatul Qadar kian besar. Paling terpenting, lakukan amalan-amalan malam Lailatul Qadar hanya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.