Sukses

Buat yang Mau Mudik Lebaran, Cek Lagi Bagian Kaki-Kaki Mobil

Buat yang mau melakukan mudik Lebaran menggunakan mobil, bagian kaki-kaki mobil wajib dilakukan pemeriksaan. Pasalnya bagian ini mendapatkan tekanan dari mobil paling besar.

Liputan6.com, Jakarta - Buat yang mau melakukan mudik Lebaran menggunakan mobil, bagian kaki-kaki mobil wajib dilakukan pemeriksaan. Pasalnya bagian ini mendapatkan tekanan dari mobil paling besar.

Lain halnya jika tidak dilakukan perawatan, kaki-kaki mobil akan mengalami berbagai masalah. Pasalnya, perfoma kaki-kaki mobil sangat berhubungan dengan aspek kenyamanan dan keselamatan ketika mengemudi.

Jika kaki-kaki mobil terjadi kerusakan, maka bagian komponen lain bukan tak mungkin akan turut berdampak.

Nah, mau tahu bagian kaki-kaki mobil mana saja yang wajib diperiksa atau dirawat, berikut uraiannya seperti dilansir dari situs resmi Nissan:

1. Shockbreaker

Shockbreaker berfungsi untuk meredam segala guncangan yang terjadi akibat jalanan yang tidak rata, jalanan berlubang dan kondisi jalan lainnya.

Shockbreaker sendiri terbuat dari bahan baja anti karat sehingga memiliki daya tahan yang amat tinggi.

Jika digunakan dalam jangka waktu yang terlalu lama atau terlalu sering digunakan, daya redam shockbreaker akan menurun.

Dengan begitu, maka saat dikendarai mobil Anda akan terasa limbung. Kondisi ini akan semakin terasa saat menggunakan mobil untuk melaju dengan kecepatan tinggi.

Cara paling mudah untuk mendeteksi kerusakan bagian ini adalah dengan memperhatikan secara saksama apakah ada suara bising saat mobil melaju.

Cara lain adalah dengan memacu mobil dengan kecepatan tinggi di jalanan lurus. Jika mobil terasa limbung maka sudah waktunya Anda untuk mengganti shockbreaker mobil Anda

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Bushing Arm

Bushing arm adalah bagian kaki-kaki mobil yang fungsinya adalah sebagai titik tumpu roda dan lengan pencengkeram roda. Komponen ini berbentuk selongsong besi dan disokong oleh karet. Alat ini juga bertanggung jawab untuk meredam getaran yang terjadi pada sambungan antar komponen suspensi pada bagian kaki-kaki mobil.

Jika bushing arm mengalami kerusakan maka kondisi mobil tidak akan nyaman untuk dikendarai. Selain itu, suara bisingnya turut membuat berkendara menjadi tidak nyaman. Cara mudah mendeteksi kerusakan ini adalah dengan mengamati arah laju mobil yang dikendarai. Jika terasa melenceng ke arah kanan atau kiri maka bushing arm mobil Anda harus segera diperbaiki

3. Bearing

Bagian terpenting dari kaki-kaki mobil yang berikutnya adalah bearing. Komponen ini merupakan salah satu komponen yang bertugas untuk menjadi bantalan di roda sehingga sangat mempengaruhi putaran roda. Bearing juga memberi pengaruh terhadap kestabilan laju mobil.

Cara mendeteksi kerusakan mobil ini adalah dengan memerhatikan putaran roda satu per satu. Dongkrak ban mobil Anda satu per satu dan putarlah secara manual. Jika terasa ada suara gemuruh atau bising berarti bearing mobil Anda mengalami masalah. Atasi hal ini dengan segera mengganti bearing mobil Anda dengan yang baru

3 dari 3 halaman

4. Ban

Saat berbicara mengenai kaki-kaki mobil maka tak akan bisa lepas dari ban. Setelah melakukan perjalanan panjang biasanya satu bagian mobil yang paling terasa dampaknya adalah ban mobil. Hal ini dikarenakan ban lah yang mendapatkan gesekan langsung dari aspal dan ban lah yang bekerja paling keras dalam setiap perjalanan.

Oleh karena itu, perawatan ban sangatlah penting untuk dilakukan bagi setiap pemilik mobil. Cara termudah untuk merawat ban adalah dengan melakukan rotasi ban. Rotasi ban adalah cara paling aman untuk menjaga keawetan dan kenyamanan ban mobil Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini