Sukses

Larangan dan Bahaya Tidur Setelah Ashar, Ini Waktu Tidur Siang yang Dianjurkan oleh Rasulullah SAW

Menghindari tidur sore setelah ashar dan mengikuti anjuran tidur Rasul.

Liputan6.com, Jakarta - Waktu setelah sholat ashar merupakan waktu di mana seseorang akan mudah mengantuk. Hal ini dikarenakan kondisi tubuh sudah lelah setelah beraktivitas seharian. 

Biasanya, orang yang tidur setelah ashar juga dapat disebabkan oleh hal tertentu. Bisa saja karena kelelahan, sakit, atau ketika dalam perjalanan jauh.

Namun perlu diwaspadai, tidur di waktu ini dapat mengakibatkan berkurangnya daya aktif akal manusia. Bahkan sebagian ulama salaf ada yang memakruhkan tidur setelah ashar

Di samping itu, Rasulullah sendiri pernah berpesan:

من نام بعد العصر فاختلس عقله فلا يلومن إلا نفسه

“Barangsiapa tidur setelah waktu ashar, lalu hilang akalnya, maka jangan pernah salahkan kecuali dirinya sendiri”. (HR. Ad-Dailami).

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Efek dan Bahaya Tidur Sore Setelah Ashar bagi Kesehatan

Berikut ini beberapa dampak buruk tidur sore bagi kesehatan tubuh:

1. Badan terasa lemas

Efek tidur sore yang pertama kali akan dirasakan yaitu badan terasa lemas. Penyebab tubuh lemas saat bangun tidur sore yaitu kurangnya asupan oksigen. Rasa lemas akibat tidur juga bisa terasa hingga malam atau bahkan keesokan harinya.

2. Sakit kepala

Bahaya tidur sore yang satu ini bisa semakin terasa sakit terlebih kalau bangun dengan kondisi kaget. Jika masih aman, sakit kepala akan cepat hilang, namun tak menutup kemungkinan akan terjadi selama berhari-hari.

Efek domino yang akan dirasakan akibat sakit kepala setelah bangun tidur ini juga bisa mempengaruhi suasana hati atau mood. Sakit kepala disertai mood yang berantakan tentu menjadi mimpi buruk, bukan?

3. Menurunkan daya ingat

Pasalnya, salah satu efek tidur sore adalah menurunkan daya ingat sedikit demi sedikit. Bisa dikatakan juga bahwa ini merupakan efek jangka panjang dari tidur sore. Jika tak ingin mengalami hal ini, maka mulai sekarang kurangi atau hilangkanlah kebiasaan tidur setelah ashar.

4. Susah tidur malam

Ketika tidur sore, maka besar kemungkinan seseorang akan susah tidur malam. Tubuh terasa segar, sehingga waktu tidur malam akan berkurang. Efek jangka panjangnya bisa membuat insomnia atau bahkan susah untuk bangun pagi.

5. Pola tidur harian terganggu

Apabila kebiasaan ini terlalu sering, maka bisa mengganggu pola tidur harian. Efek samping pola tidur terganggu adalah kurang istirahat dan bisa berujung menimbulkan berbagai macam penyakit.

3 dari 3 halaman

Tidur Siang yang Dianjurkan Oleh Rasulullah SAW

Para ulama salaf membagi tidur siang menjadi tiga macam, yaitu:

1. Khuluq atau tidur di tengah hari

Disebut khuluq karena ini merupakan kebiasaan tidur Rasulullah.

2. Khuruq atau tidur di waktu dhuha

Disebut khuruq karena tidur pada waktu tersebut adalah kebiasaan buruk. Sebab, tidur pagi dapat mencegah datangnya rezeki.

3. Humuq atau kebiasaan tidur setelah ashar

Humuq sendiri artinya kegilaan.

Sedangkan, tidur siang yang dianjurkan oleh Rasulullah adalah qoilullah. Dalam bahasa Arab, qoilullah artinya tidur sejenak di siang hari sebelum atau setelah dzuhur. Durasi tidur qolilullah dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

1. Tidur siang panjang dengan durasi lebih dari 30 menit.

2. Tidur siang pendek dengan durasi 5-30 menit.

3. Tidur siang cepat dengan durasi kurang dari lima menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.