Sukses

Habib Ja'far Sempat Tak Merasakan Keagungan Kakbah Saat Umrah: Karena Mata Hati Gue Sedang Buta

Liputan6.com, Jakarta Habib Ja'far menceritakan pengalamannya saat melihat kakbah saat menunaikan ibadah umrah. Melihat keagungan kakbah di Masjidil Haram tentu merupakan impian umat muslim, termasuk Habib Ja'far.

Sang ulama berekspektasi bahwa hatinya akan tergetar saat melihat kiblat umat muslim sedunia di hadapan matanya.

"True story ketika gue kemarin umrah, gue salat setiap hari menghadap kakbah, bahkan sajadah rata-rata gambarnya kakbah. Gue nonton kalau sama ibu selalu nonton kakbah. TV ada yang live kan," ujar Habib Ja'far dikutip dari YouTube Deddy Corbuzier, Jumat (31/3/2023).

"Bayangin gue punya imajinasi tentang kakbah yang begitu agung. Sehingga ketika pertama kali melihat kakbah kemarin ketika umrah gue menyiapkan esmosi gue, spiritualitas gue, akan nangis dan lain sebagainya," dia menyambung pernyataan.

2 dari 4 halaman

Kok Biasa Saja Saat Melihat Kakbah?

Namun ternyata perasaannya saat melihat kakbah tidak seperti apa yang dia bayangkan. Habib Ja'far tak bisa merasakan keistimewaan kakbah. Setelah berpikir, dia menemukan penyebabnya.

"Pas gue lihat, biasa aja, malah gue lebih tertarik ke zamzam tower, belakangnya ada zam-zam tower gede, megah, malah gue ter-distract ke itu. kenapa? Karena gue melihat pakai mata gue, sedangkan mata hati gue sedang buta," terangnya.

3 dari 4 halaman

Melihat Kakbah dengan Mata Hati

Sang Habib sadar bahwa saat itu dia terlalu mengutamakan ego. Ustaz berusia 34 tahun ini paham bila melihat kakbah hanya menggunakan mata kepala, maka tak akan terasa istimewa.

"Karena gue ego, gue harus nangis nanti kihat kakbah karena kakbah tempat gue bersujud. Tapi keesokan harinya ketika ego itu sudah hilang, justu akhirnya gue bisa merasakan kekuatan spiritual kakbah," paparnya.

"Dia menjadi istimewa ketika dilihat oleh mata batin kita," ia mengakhiri.

4 dari 4 halaman

Warganet Banyak yang Punya Pengalaman Serupa

Rupanya, banyak umat muslim yang memiliki pengalaman serupa dengan Habib Ja'far. "Ya Allah kok sama Pak Ustaz, kemarin pas lihat kakbah awal kok kecil banget biasa aja dipandang mata, esoknya energinya kuat banget. Aku rindu kakbah," kata warganet.

"Masyaallah ini yang saya alami kemarin, karena pas pertama lihat kakbah keadaan sudah capek, pas malam dan itu langsung umrah, tapi besoknya baru mak jleb nangis," tambah yang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.