Sukses

Sederet Pendapat Ulama Terkait Perbedaan Jumlah Rakaat Sholat Tarawih

Ada perbedaan pendapat soal jumlah rakaat sholat tarawih. Ada yang menyebut berjumlah 8 rakaat, 20 rakaat, bahkan 36 rakaat. Lantas, berapa jumlah rakaat sholat tarawih yang benar?

Liputan6.com, Jakarta - Sholat tarawih merupakan salah satu ibadah sunah yang dilaksanakan setelah sholat isya di bulan suci Ramadhan dan dianjurkan dilakukan secara berjemaah. Terkecuali bagi umat muslim yang telah lanjut usia, sholat tarawih bisa dilakukan sendirian atau munfarid. 

Lantas, ada berapa rakaat yang harus dilakukan saat menunaikan sholat tarawih? Ada yang menyebut 20 rakaat, 36 rakaat, ada juga yang mengatakan 8 rakaat. 

Perbedaan tersebut muncul lantaran tidak ada satupun hadis yang secara shahih dan eksplisit menyebut berapa jumlah rakaat sholat tarawih. 

Namun, sejumlah ulama mencoba menjelaskan mengapa muncul perbedaan terkait jumlah rakaat saat umat muslim menunakan sholat tarawih. 

Berikut pendapat mereka dalam artikel "Ragam Pendapat Ulama soal Jumlah Rakaat Sholat Tarawih" yang dilansir dari nu.or.id.

Sholat Tarawih 20 Rakaat

Dari mazhab Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan Hanbali menegaskan sholat tarawih berjumlah 20 rakaat.

Imam As-Sarakhsi dari mazhab Hanafi menyebutkan dalam kitabnya As-Sarakhsi, Al-Mabsuth, juz 2, halaman 144:

"Maka sesungguhnya sholat tarawih itu 20 rakaat, selain sholat witir, menurut pendapat kami."

Imam Ad-Dardiri dari mazhab Maliki menjelaskan dalam kitabnya Ad-Dardiri, Asy-Syarhu Ash-Shaghir, juz 1, halaman 404:

وَالتَّرَاوِيْحُ بِرَمَضَانَ وَهِيَ عِشْرُوْنَ رَكْعَةً بَعْدَ صَلَاةِ الْعِشَاءِ يُسَلِّمُ مِنْ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ غَيْرِ الشَّفْعِ وَالْوِتْرِ

“Dan sholat tarawih di bulan Ramadhan, yaitu 20 rakaat setelah sholat Isya', dengan salam tiap dua rakaat, di luar sholat syafa' dan witir."

Imam An-Nawawi dari mazhab Syafi’i menerangkan dalam kitab An-Nawawi, Al-Majmu’, juz 3, halaman 527:

مَذْهَبُنَا أَنَّهَا عِشْرُوْنَ رَكْعَةً بِعَشْرِ تَسْلِيْمَاتٍ غَيْرِ الْوِتْرِ 

"Menurut mazhab kami jumlahnya 20 rakaat dengan 10 kali salam, selain sholat witir.”

Dari mazhab Hanbali, Imam Ibnu Qudaman menuliskan dalam kitabnya Al-Mughni juz 1, halaman 456:

وَقِيَامُ شَهْرِ رَمَضَانَ عِشْرُونَ رَكْعَةً يَعْنِي صَلَاةُ التَّرَاوِيْحِ وَهِيَ سُنَّةٌ مُؤَكَّدَةٌ وَأَوَّلُ مَنْ سَنَّهَا رَسُولُ اللهِ

"Dan qiyam bulan Ramadhan itu 20 rakaat, yaitu sholat tarawih. Hukumnya sunah muakkadah, dan orang yang pertama kali melakukannya adalah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sholat Tarawih 36 Rakaat

Sementara itu, sebagian ulama mazhab Maliki menyatakan bahwa sholat tarawih berjumlah 36 rakaat, sebagaimana dijelaskan Imam An-Nafrawi:

وَكَانَ السَّلَفُ الصَّالِحُ يَقُومُونَ فِيهِ فِي الْمَسَاجِدِ بِعِشْرِينَ رَكْعَةً... ثُمَّ صَلَّوْا بَعْدَ ذَلِكَ سِتًّا وَثَلَاثِينَ رَكْعَةً... وَهَذَا اخْتَارَهُ مَالِكٌ فِي الْمُدَوَّنَةِ وَاسْتَحْسَنَهُ

"Dan ulama salaf melaksanakan sholat tarawih pada bulan Ramadhan di masjid-masjid dengan 20 rakaat… Lalu setelah itu mereka sholat dengan 36 rakaat."

Sholat Tarawih 8 Rakaat

Selain 20 dan 36 rakaat, sebagian ulama mazhab Hanafi, seperti Imam Al-Kamal Ibnu al-Humam mengatakan, sholat tarawih berjumlah 8 rakaat.

Imam Al-Kamal Ibnu al-Humam dalam kitab Fathul Qadir menuliskan:

أَنَّ قِيَامَ رَمَضَانَ سُنَّةٌ إحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً بِالْوِتْرِ فِي جَمَاعَةٍ فَعَلَهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثُمَّ تَرَكَهُ لِعُذْرٍ... وَظَاهِرُ كَلَامِ الْمَشَايِخِ أَنَّ السُّنَّةَ عِشْرُونَ، وَمُقْتَضَى الدَّلِيلِ مَا قُلْنَا

“Sesungguhnya Qiyamul Lail di Bulan Ramadhan hukumnya sunah, yaitu 11 rakaat dengan witir, secara berjemaah. Hal itu dikerjakan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, lalu ditinggalkannya karena ada uzur… Dan zahir pendapat masyayikh bahwa sunahnya 20 rakaat. Sedangkan, menurut dalil adalah apa yang kami katakan (8 rakaat tanpa witir).”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.