Sukses

Ini Orang yang Akan Dikalungi Ular Besar di Hari Kiamat, Naudzubillah!

Pada hari kiamat nanti akan ada orang yang dikalungi ular besar. Siapakah orang tersebut?

Liputan6.com, Jakarta - Hari kiamat tidak tahu kapan terjadi. Allah SWT merahasiakan waktunya. Bahkan, Rasulullah SAW pun tidak mengetahui kapan hari akhir itu tiba. Namun, gambaran-gambaran mengenai hari kiamat telah dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadis nabi.

Salah satunya adalah kondisi manusia di hari kiamat. Pada hari kiamat nanti akan ada orang yang dikalungi ular besar. Siapakah orang tersebut?

Orang tersebut adalah yang diberi kekayaan oleh Allah SWT namun enggan mengeluarkan zakat. Pada hari kiamat nanti semua hartanya akan berubah menjadi ular yang besar dan Allah SWT akan mengalungkan ular tersebut di lehernya.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam HR Bukhari Nomor 4199. Berikut adalah redaksi hadisnya.

Dari Abu Hurairah berkata; Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassallam bersabda: “Barangsiapa yang diberi harta oleh Allah -Azza wa Jalla-, lalu ia tidak menunaikan zakatnya, maka hartanya akan berubah pada hari Kiamat menjadi seekor ular berkepala putih (kerana banyak racunnya) serta memiliki dua titik hitam di atas matanya atau dua taring, lalu memakan dengan kedua tulang rahangnya (taringnya) pada hari Kiamat, lalu menyatakan, ‘Akulah harta simpananmu, akulah harta simpananmu’.” Kemudian baginda membaca ayat ini:

“Dan jangan sekali-kali orang-orang yang bakhil dengan harta benda yang telah dikurniakan Allah kepada mereka dari kemurahanNya, menyangka bahawa keadaan bakhilnya itu baik bagi mereka. Bahkan dia adalah buruk bagi mereka. Mereka akan dikalungkan (disiksa) dileher mereka  apa yang mereka bakhilkan itu pada hari kiamat kelak.”  (QS: Ali Imran: 180). (HR Bukhari No: 4199)

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hikmah

Berdasarkan tafsir Tahlili bersumber dari Kemenag RI, dari ayat tersebut dapat diketahui bahwa orang-orang yang telah diberi harta dan limpahan karunia oleh Allah kemudian mereka bakhil, tidak mengeluarkan kewajiban mengenai harta tersebut seperti zakat dan lainnya, maka termasuk tindakan yang sangat tercela.

Sejatinya, harta benda dan kekayaan akan tetap utuh dan tidak kurang apabila dinafkahkan di jalan Allah. Bahkan, harta tersebut akan bertambah dan diberkahi.

Semoga kita bukan termasuk orang yang dikalungkan ular besar di hari kiamat. Karena itu, mari bersyukur dan tunaikan kewajiban kita sebagai muslim untuk melaksanakan zakat.

Wallahu’alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.