Sukses

Israel Batasi Jemaah Salat Jumat Pertama pada Bulan Ramadhan di Masjid Al Aqsa

Liputan6.com, Yerusalem - Otoritas Israel memberlakukan pembatasan terhadap warga Palestina dari wilayah Tepi Barat yang diduduki untuk memasuki Masjid Al Aqsa, guna menjalankan salat Jumat pertama pada bulan suci Ramadhan tahun ini.

Saksi mata mengatakan kepada Anadolu bahwa pasukan Israel dikerahkan di pos-pos pemeriksaan yang mengarah ke Yerusalem Timur di mana Masjid Al Aqsa berada.

Mereka memeriksa kartu penduduk mereka dan melarang banyak dari mereka yang ingin masuk ke masjid tersebut.

Seorang warga Palestina, Abdelaziz Al-As'ad (60), mengatakan kepada Anadolu bahwa dia beberapa kali berusaha melewati pos pemeriksaan militer Israel Qalandia, Yerusalem utara, tetapi pasukan Israel memeriksa tanda pengenalnya dan mencegahnya masuk dengan alasan keamanan.

"Israel menyatakan menyediakan fasilitas (untuk warga Palestina), kenyataannya ini bohong belaka, yang ada malah pembatasan pergerakan dan pencegahan beribadah," kata Al-As'ad seperti diwartakan Anadolu, dikutip dari Antara (25/3).

Pada Senin (20/3), Israel menerapkan berbagai larangan kepada warga Palestina selama Ramadhan, yakni memasuki Masjid Al Aqsa.

"Perempuan segala usia, anak laki-laki sampai usia 12 tahun, dan laki-laki di atas 55 tahun diperbolehkan memasuki Masjid Al Aqsa selama Ramadhan tanpa izin terlebih dahulu," kata Koordinator Kegiatan Pemerintah di Daerah, Mayjen Ghassan Alyan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut:

3 dari 3 halaman

Pemberlakuan Kuota

Untuk mereka yang berasal dari Jalur Gaza, Israel memberlakukan kuota terbatas untuk perempuan berusia 50 tahun ke atas dan pria berusia 55 tahun ke atas, dari Minggu hingga Kamis, untuk memasuki Masjid Al Aqsa.

Ketegangan di Tepi Barat membesar dalam beberapa bulan terakhir setelah militer Israel berulang kali menyerang kota-kota Palestina.

Hampir 90 warga Palestina tewas akibat tembakan Israel sejak awal tahun ini.

Sebanyak 14 orang Israel juga tewas dalam serangan terpisah selama periode yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.