Sukses

10 Makanan Bergizi Seimbang yang Bikin Kuat Puasa Ramadhan dan Berenergi

Guna menghindari rasa lemas dan tak bersemangat saat Ramadhan, penting untuk mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang.

Liputan6.com, Jakarta - Asupan makanan jadi salah satu faktor penting agar individu lancar menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Memilih jenis makanan yang tepat akan memnbuat tubuh berenergi meski berpuasa belasan jam setiap hari selama sebulan.

Guna menghindari rasa lemas dan tak bersemangat saat Ramadhan, penting untuk mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang. Hal ini akan membuat tubuh tetap berenergi dan mencegah dehidrasi.

Seperti dilansir laman Al Arabiya, berikut sepuluh macam makanan yang akan membantu individu tetap bertenaga selama Ramadhan.

1. Kurma

Kurma kerap dikonsumsi untuk berbuka puasa karena merupakan sumber energi, serat, dan mineral penting seperti potasium, magnesium, dan zat besi yang sangat baik. Mereka juga mengandung gula sederhana yang memberikan energi cepat ke tubuh.

2. Whole grains atau biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh seperti beras merah, quinoa, dan oat mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi. Makanan inilah yang memberikan energi berkelanjutan sepanjang hari. Mereka juga mengandung serat, yang memperlambat pencernaan, membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

3. Kacang Lentil

Kacang lentil merupakan sumber protein dan karbohidrat kompleks yang baik, yang memberikan energi sepanjang hari. Mereka juga kaya akan zat besi, yang penting untuk menjaga kadar darah yang sehat.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bayam hingga Yogurt

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan pistachio tinggi protein, lemak sehat, dan serat, menjadikannya camilan yang ideal untuk energi berkelanjutan. Mereka juga mengandung vitamin dan mineral penting seperti magnesium, yang membantu mengatur kadar gula darah.

5. Yogurt

Hasil fermentasi susu ini merupakan sumber protein dan kalsium yang baik, yang penting untuk menjaga kekuatan tulang. Ini juga mengandung probiotik, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Bayam

Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli kaya akan karbohidrat kompleks, serat, serta vitamin dan mineral penting, menjadikannya makanan ideal untuk energi sepanjang hari.

3 dari 3 halaman

Pisang dan Buah-Buahan

7. Ayam dan ikan

Protein tanpa lemak seperti ayam, ikan, dan tahu kaya akan asam amino, yang penting untuk menjaga massa otot dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh yang sehat. Mereka juga menyediakan energi yang cukup sepanjang hari.

8. . Pisang dan buah-buahan lainnya

Buah-buahan seperti pisang, jeruk, dan apel kaya akan gula dan serat alami, menjadikannya makanan ideal untuk energi cepat. Mereka juga mengandung vitamin dan mineral penting yang dapat membantu meningkatkan kekebalan dan mencegah dehidrasi.

9. Telur

Telur adalah sumber protein dan vitamin D yang sangat baik. Nikmati dengan cara digoreng, direbus, atau dijadikan telur dadar dengan banyak sayuran untuk memastikan Anda tetap berenergi dan kenyang lebih lama.

10. Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan potasium, Vitamin A, C, dan B6. Baik direbus, dipanggang, atau digoreng, mereka bisa menjadi sumber karbohidrat sehat yang sangat baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.