Sukses

Tips Menikmati Menu All You Can Eat Saat Buka Puasa Ramadan Agar Tidak Rugi

Liputan6.com, Jakarta Banyak momen yang bisa dimanfaatkan umat muslim di Indonesia memasuki bulan puasa ramadan

Mulai dari meningkatkan ibadah hingga silaturahmi bersama kerabat. Salah satu momen yang tidak pernah terlewatkan dalam setiap bulan puasa ramadhan adalah buka puasa bersama

Bulan puasa menjadi berkah tersendiri bagi sektor usaha khususnya bidang makanan dan minuman.

Momen buka puasa bersama tersebut biasanya mulai ramai pada minggu kedua ramadhan. Mereka memilih berbuka bersama teman dekat, kekasih, keluarga hingga sahabat yang datang dari perantauan.

Sejumlah tempat makan pun banyak menyediakan menu unggulan untuk berbuka puasa. Bahkan, tidak sedikit restauran atau hotel menyiapkan paket all you can eat agar momen buka puasa bersama terasa lebih akrab.

Konsep makan all you can eat menjadi solusi di tengah ramainya orang memilih hidangan berbuka. Namun demikian, tidak semua menu makan yang disediakan oleh restauran disantap semua karena keburu kenyang ketika berbuka. 

"Ada beberapa tips dalam menikmati menu makan dengan konsep all you can eat agar tidak merasa rugi karena sudah bayar mahal tapi tidak semua kemakan," kata Sales Marketing Manajer Metland Hotel Cirebon Willy Asih, Selasa (21/3/2023).

Dia mengaku, banyak penawaran makan dengan konsep all you can eat dari berbagai restauran saat ramadan. 

Berikut tips menyantap menu buka puasa di restauran all you can eat:

Air Putih

Willy menyarankan agar tidak langsung makan makanan pembuka yang ringan ketika buka puasa. Saat berbuka, terlebih dahulu dianjurkan minum air putih terlebih dahulu. 

Kemudian disambung menyantap makanan yang ringan seperti kurma, buah, salad hingga makanan mengandung asin menggugah selera tapi bukan gorengan. 

"Biasanya ketika puasa kita selalu membayangkan akan berbuka dengan menu ini dan itu. Tapi pas buka ternyata keburu kenyang jadi diatur pola makannya," kata Willy.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Makan All You Can Eat

Solat Maghrib

Setelah menyantap camilan buka puasa disarankan tidak langsung makan makanan berat. Willy mengatakan, lebih baik menunaikan Solat Maghrib dulu karena waktu Maghrib ke Isya saat ramadhan terasa cepat.

Willy menjelaskan, menjeda waktu makan buka puasa dengan Solat Maghrib agar memberi kesempatan bagi tubuh mencerna makanan ringan yang sudah dimakan saat berbuka puasa. 

Atur Porsi Makan Utama

Setelah menunaikan ibadah Solat Maghrib, diperbolehkan untuk makan makanan berat sesuai menu yang ada di restauran all you can eat. Hanya saja, kata Willy, porsi makanannya sebisa mungkin dikurangi. 

Dalam menyantap makanan utama, disarankan agar memenuhi unsur gizi yang seimbang. 

Saat menyantap menu utama, diusahakan terdiri dari karbohidrat, protein, sayuran. 

Willy menyarankan agar tidak makan mie dicampur dengan nasi saat menyantap menu utama. 

"Makan mie juga jangan banyak sekali cukup dicicip saja sebelum makan menu utama," kaya Willy. 

Penutup

Setelah menyantap menu utama, disarankan untuk memakan makanan penutup. Seperti es buah segar, es sirup maupun kue-kue manis yang menjadi hidangan penutup.

Hanya saja, kata Willy, porsi makan pada hidangan penutup perlu diperhatikan porsinya. Willy menjelaskan, pentingnya menjaga porsi makan sebagai bagian dari cara menahan hawa nafsu makan. 

"Biar semua menu di all you can eat bisa dimakan dan tidak merasa rugi karena sudah bayar mahal. Kemudian pentingnya mengatur porsi makan agar tidak menjadi malas setelahnya. Kan kita juga akan melakukan ibadah solat tarawih," kata Willy.

Menurutnya, konsep makan all you can eat menjadi pilihan mengantisipasi ramai dan antre pesanan saat memasuki waktu buka puasa.

Selain itu, puasa juga melatih diri untuk menjaga berat tubuh. Dengan tetap melakukan aktivitas kerja maupun sekolah. 

"Kalau makan terlalu banyak dalam waktu yang bersamaan juga tidak bagus bikin gula makin tinggi jadi malah semakin gemuk," ujar Willy.

Terpisah, GM Metland Hotel Cirebon Martino Yuda mengatakan, paket menu Kuliner Ramadhan (Kurma) dengan konsep all you can eat memberi kepuasan tersendiri. 

Ragam menu disiapkan untuk menjawab keinginan umat muslim Cirebon yang ingin berbuka puasa bersama keluarga dan kerabat dekat. 

"Harga yang kami tawarkan mulai Rp 144.400 nett per pax untuk dewasa dan anak usia 5-10 tahun Rp 80.000 nett per pac," kata Willy.

Berbagai jenis makanan tersedia di paket Kurma Metland Hotel Cirebon. Mulai dari takjil, makanan pembuka, sup, berbagai jenis pondokan serta menu utama yang beragam dan berbeda setiap harinya. 

Sementara menu makanan yang disajikan mulai dari masakan nusantara, oriental hingga makanan timur tengah yang sangat menjadi favorite para tamu. 

"Para tamu dapat menikmati suasana outdoor Umah Kebon dengan berswa foto sebelum waktu berbuka dimulai. Kapasitas venue outdoor hingga 200 orang kapsitas indoor hingga 100 orang,” jelas Martino Yuda.

Selain promo buka puasa bersama, Metland Hotel Cirebon juga menawarkan paket kamar termasuk dengan sahur serta berbuka puasa dengan harga Rp.685.000/kamar. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.