Sukses

Quraish Shihab: Berniat Jalankan Puasa, Lakukan Lebih Dulu Introspeksi

Quraish Shihab juga mengungkapkan apa yang dimaksud dengan Lillahitaala. Menurut cendekiawan muslim ini, Lillahitaala adalah puasa yang dilakukan hanya demi nama Allah

Liputan6.com, Jakarta Apa itu niat? Cendekiawan Muslim Quraish Shihab menjelaskan bahwa niat sebuah kehendak untuk melakukan sesuatu, sesaat atau bersamaan dengan apa yang dilakukan.

Contoh saat akan menunaikan ibadah salat. Menurut Pendiri Pusat Studi Al'Quran tersebut niat salat tidak hanya ditanamkan dalam hati, namun diucapkan sesaat, sebelum mengucapkan takbir pembukaan.

Lantas, bagaimana dengan niat puasa?

"Ketika kita berniat untuk menjalankan puasa besok, maka lakukan lebih dulu introspeksi. Bagaimana puasa saya kemarin? Apakah sempurna atau masih ada kekurangannya?," kata Pendiri Pusat Studi Al-Quran ini.

"Kalau Anda mendapatkan kekurangan dari puasa Anda kemarin, maka dengan niat saya akan sempurnakan hari ini," lanjut Quraish.

Quraish Shihab juga mengungkapkan apa yang dimaksud dengan Lillahitaala. Menurut cendekiawan muslim ini, Lillahitaala adalah puasa yang dilakukan hanya demi nama Allah dan diupayakan sesuai dengan tuntunan Allah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.