Sukses

Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menyambut Ramadhan Lengkap dengan Doanya

Dalam beberapa hari laki kita akan menyambut bulan suci Ramadhan. Rupanya ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat menyambut bulan Ramadhan, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Dalam hitungan hari kita akan menyambut bulan suci Ramadhan. Bagi umat muslim di seluruh dunia, bulan suci ramadhan merupakan bulan yang paling mulia. Tak heran jika bulan Ramadhan menjadi bulan yang paling dinantikan kedatangannya oleh kaum muslim. Apalagi bulan Ramadhan hanya sekali dalam satu tahun. 

Beberapa hal yang membuat bulan Ramadhan begitu istimewa ialah karena bulan Ramadhan adalah bulan yang suci, bulan Ramadhan juga disebut sebagai bulan pengampunan dosa. 

Di bulan ini segala ibadah yang kita lakukan akan dilipatgandakan pahalanya. Dengan begitu banyaknya keistimewaan bulan Ramadhan, menjadi kabar gembira buat kita semua bahwa kita akan menyambutnya beberapa waktu lagi. 

Sebuah riwayat hadis menyatakan bahwa ketika datang bulan Ramadhan, Rasulullah SAW menyampaikan kabar gembira kepada para sahabatnya. 

Beliau berkata: “Ramadhan telah mendatangi kalian. Bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa. Pada bulan ini  pintu langit dibuka, pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup, dan para setan dibelenggu. Pada bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Siapa yang tidak memperoleh kebaikannya, maka terhalangi dari kebaikan.” (HR. Ahmad)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut Ramadhan

Sementara itu, dikutip dari laman Kemenag Jabar, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat menyambut bulan Ramadhan. Hasan Basri, S.Th.I, Penyuluh Agama Islam Kemenag Kab. Sukabumi mengungkapkan, bahwa ada 3 persiapan orang yang beriman dalam menghadapi datangnya bulan suci Ramadhan dan ketiga persiapan tersebut merupakan persiapan meraih sukses Ramadhan.

"Persiapan menyambut bulan puasa tidak hanya bersifat material semata, namun juga harus didukung oleh konsep spiritual yang benar-benar terprogram. Dengan kata lain, semaksimal mungkin kita harus mempersiapkan diri dan rohani untuk menyongsong datangnya bulan Ramadhan. Banyak hal yang mesti dipersiapkan sebelum kita menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, agar ibadah puasa kita tidak percuma. Sebagaimana peringatan dari Rasulullah SAW, bahwa: Banyak orang yang berpuasa namun tidak mendapatkan apa-apa, kecuali lapar dan dahaga (HR. Ahmad). Ketiga persiapan menghadapi bulan Ramadhan dimulai dengan berniat dan berdoa,  berusaha meningkatkan khazanah keilmuan (khususnya belajar agama), dan mensucikan diri, yakni bersih diri, tempat dan lingkungan sekitarnya," papar Hasan Basri.

3 dari 3 halaman

Doa untuk menyambut bulan suci ramadhan

Ada doa yang bisa kita lantunkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Doa tersebut terdapat dalam hadist At-Tirmidzi nomor 3.451:

"Allahumma ahillahu ‘alaina bil yumni wal imani was salamati wal islam. Rabbi wa rabbukallah."

Artinya, “Ya Allah jadikanlah hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.”Aamiin ya robbal alamin. 

Bisa juga membaca seperti bacaan doa para sahabat, yaitu:

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

“Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.