Sukses

7 Keistimewaan Membaca Surat Al-Kahfi, Keberkahan Dunia hingga Cahaya Terang di Hari Kiamat

Keistimewaan surat Al-Kahfi sangat banyak. Bahkan, saking banyak dan mujarabnya, Imam Nawawi menyebutnya sebagai keajaiban

Liputan6.com, Jakarta - Umat Islam dianjurkan membaca Al-Qur'an tiap kali memiliki kesempatan. Al-Qur'an bisa dibaca di mana saja, terkecuali tempat-tempat kotor, seperti toilet atau kamar mandi.

Membaca Al-Qur’an akan mendapatkan pahala dan ketenangan hati. Barangkali, surat paling populer di Indonesia adalah surat Yasin.

Sebab, surat Yasin sering dibacakan saat tahlil kiriman doa orang meninggal. Surat Yasin juga disunahkan dibaca tiap malam dan hari Jumat.

Selain surat Yasin, ternyata ada surah lain yang dianjurkan dibaca setiap hari Jumat yaitu surah Al-Kahfi. Diyakini surat Al-Kahfi membuat seseorang memiliki berbagai keutamaan.

Mengutip patikab.go.id, surat Al-Kahfi termasuk dalam golongan surah Makiyyah, karena surat ini diturunkan di kota Mekkah. Selain keberkahan membaca Al-Qur'an secara umum, ada keajaiban yang bahkan langsung terasa usai membaca surat Al-Kahfi.

Berikut ini adalah keistimewaan surat Al-Kahfi yang dibacakan pada hari Jumat.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Terhindar dari Fitnah Dajjal yang Keluar Jelang Kiamat

Membaca surah  Al-Kahfi di hari Jumat dapat hindarkan umat Islam dari fitnah Dajjal.

Dari Abu Darda’, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa menghafal sepuluh ayat pertama dari surah Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari (fitnah) Dajjal.” (HR. Muslim)

Di luar itu, ada keistimewaan-keistimewaan lain yang insya Allah akan membuat seseorang lebih bersemangat membaca dan menghafal surat Al-Kahfi.

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, berkata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Siapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

Nabi Muhammad SAW bersabda jika seorang manusia rajin membaca surah Al-Kahfi tidak hanya di hari Jumat saja, maka dia akan terhindar dari fitnah Dajjal yang keji. Manfaat membaca surah Al-Kahfi ini juga akan diberikan bagi yang bisa membaca surah Al-Kahfi dalam satu hari Jumat saja.

2. Diterangi Cahaya Keberkahan

Manfaat membaca surah Al-Kahfi ini akan diberikan Allah SWT pada hari kiamat. Manfaat membaca surah Al-Kahfi akan membuat seseorang mendapat cahaya keberkahan. Cahaya tersebut akan memancar dari kedua telapak kakinya hingga sampai ke langit. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surah Al-Hadid ayat 12 yang berbunyi:

Yauma taral-mu’miniina wal-mu’minaati yas’aa nuruhum baina aidiihim wa bi’aimaanihim busyraakumul-yauma jannaatun tajrii min tahtihal-an-haaru khaalidiina fiihaa, zaalika huwal-fauzul-‘aziim

Artinya:

“(yaitu) pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, (dikatakan kepada mereka): “Pada hari ini ada berita gembira untukmu, (yaitu) surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, yang kamu kekal di dalamnya. Itulah keberuntungan yang besar.”

 

3 dari 4 halaman

3. Memancarkan Cahaya yang Terangi Bumi dan Langit

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, berkata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Siapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

Nabi Muhammad SAW bersabda jika seorang manusia rajin membaca surah Al-Kahfi tidak hanya di hari Jumat saja, maka dia akan terhindar dari fitnah Dajjal yang keji. Manfaat membaca surah Al-Kahfi ini juga akan diberikan bagi yang bisa membaca surah Al-Kahfi dalam satu hari Jumat saja.

Imam Nawawi menjelaskan bahwa pada awal surah Al-Kahfi terdapat keajaiban-keajaiban dan tanda-tanda kebesaran Allah SWT.

Sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Kahfi ayat 102 yang artinya, “Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku? Sesungguhnya Kami telah menyediakan neraka Jahannam tempat tinggal bagi orang-orang kafir.”

4. Pengingat Hari Kiamat

Dalam surah Al-Kahfi ayat 47 diingatkan akan datangnya hari kiamat suatu hari nanti. Manusia akan diperlihatkan dengan gunung-gunung yang terbang. Seluruh manusia akan dikumpulkan dan tidak ada seorang manusia pun yang tersisa di bumi, yang artinya:

“Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka.”

4 dari 4 halaman

5 Diampuni Allah SWT

Manfaat membaca surah Al-Kahfi akan membuat seseorang diampuni segala dosanya oleh Allah SWT. Sebab, setiap manusia pasti memiliki dosa. Setan akan selalu berusaha merusak iman dan mengajak manusia kejalan kesesatan.

Sesuai yang terkandung dalam HR. Abu Bakr bin Mardawaih, bahwa Rasullulah SAW bersabda, “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat.”

6. Dijauhkan dari Godaan Setan

Setan akan selalu merusak iman dan mengajak manusia kejalan kesesatan. Setan adalah musuh terbesar manusia, terutama dalam melakukan perbuatan baik dan beribadah. Membaca surah Al-Kahfi dapat membuat seseorang terhindar dari godaan setan ini.

Sebuah hadits oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa “Sebuah rumah yang selalu dibacakan surah Al-Khafi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut. Dengan demikian, bacalah surat Al-Kahfi agar terhindar dari gangguan setan yang terkutuk.”

7. Mendapatkan Ridha Allah SWT

Membaca surah Al Kahfi dapat memudahkan mendapat rida Allah SWT. Juga menghindarkan seseorang dari perasaan gelisah. Sebagaimana diriwayatkan dalam HR Ahmad bahwa Rasullullah SAW bersabda:

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.