Sukses

Begini Tips Menggunakan Media Sosial Saat Puasa, Berkah Bulan Ramadan

di tengah ibadah mencari pahala dan berkah, keberadaan media sosial bisa jadi tidak bermanfaat hingga mengurangi khusyuknya beribadah.

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan media sosial menjadi salah satu indikator dari kemajuan teknologi. Media sosial bagian penting kehidupan manusia untuk berinteraksi maupun berkarya.

Namun demikian, penggunaan media sosial di bulan ramadhan perlu menjadi perhatian khusus. Sebab, di tengah ibadah mencari berkah, keberadaan media sosial bisa jadi tidak bermanfaat hingga mengurangi khusyuknya ibadah puasa.

Setiap hari masyarakat membuka media sosial, banyak masyarakat yang memposting atau membagikan konten di media sosial. Ada yang positif dan ada yang negatif.

Kita sebagai masyarakat haruslah pintar – pintar mengakali agar tidak tejerumus pada konten negatif yang ada di media sosial, khususnya dibulan Ramadhan.

Oleh karena itu berikut tips menggunakan media sosial dibulan Ramadan dirangkum dari berbagai sumber dan pengalama.

Timeline

Timeline adalah fasilitas yang diberikan beberapa media sosial berfungsi untuk menampilkan konten atau postingan yang dikirim oleh semua pengguna.

Kurangi melihat timeline yang ada dimedia sosial karena kita tidak tahu konten apa yang akan muncul di timeline. Apalagi jika melihat timeline yang sudah jelas bermuat konten negatif akan berpotensi mengurangi pahala dalam ibadah puasa kita.

Untuk meminimalisir konten negatif disarankan melakukan unfollow atau block. Pengguna yang suka mengirimkan konten atau postingan bersifat negatif tersebut.

Unfollow & Block

Media sosial memiliki banyak sekali penggunanya baik yang selalu memposting hal positif maupun negatif. Kita leluasa mengikuti atau menambahkan pengguna lain di media sosial.

Hindari menambahkan akun yang tidak bermanfaat dan tambahkan akun atau follow akun yang bermanfaat bagi kita.

Bila bermanfaat bagikan ke yang lain agar lebih bermafaat lagi dan menambah berkah puasa kita. Unfollow dan block pengguna yang tidak bermanfaat.

Konten atau Postingan

Hampir semua media sosial yang ada memiliki fasilitas untuk membagikan tulisan atau konten. Banyak masyarakat yang menggunakan fasilitas ini untuk membagikan konten-konten.

Tapi banyak oknum – oknum yang suka membagikan konten yang bersifat negatif. Hindari memposting atau membagikan konten – konten yang tidak bermanfaat. Sebarkan konten – konten bermanfaat bagi semua orang.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Atur Penggunaan

Pada masa kini hampir semua masyarakat memiliki media sosial. Masyarakat menggunakan media sosial hampir disetiap waktu dan sudah menjadi kebutuhan masyarakat itu sendiri.

Pada bulan Ramadhan sudah seharusnya kita perbanyak doa dan dzikir untuk menambah pahala kita. Oleh sebab itu gunakanlah media sosial sesuai kebutuhan dan tidak terlalu sering menggunakan media sosial.

Konten Video

Banyak masyarakat yang mengirimkan konten video yang bersifat positif dan ada juga yang bersifat negatif.

Oleh sebab itu hindari menonton konten atau video yang membuat keberkahan dibulan puasa berkurang. Dan sebagai pengguna yang baik kita juga yang mengirimkan konten video yang bermanfaat bagi masarakat.

Konten Kontroversial

Koten yang bersifat kontroversial adalah konten yang dapat menjadi bahan perbincangan yang dapat menimbulkan pro dan kontra mengenai konten tersebut, oleh sebab itu hindari memposting konten tulisan, gambar, video, atau apapun yang kontroversial.

Nah itulah tips-tips supaya puasa kalian bisa dijauhkan dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa Ramadhan kalian, selamat mencoba !

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.